9 Alasan Belajar di Kota Madinah

Sumber Foto: IG suaramadinah

Mendengar kota Madinah pasti akan terbesit kerinduan di sanubari sosok tauladan sepanjang zaman yaitu nabi Muhammad saw. Di samping itu, kota Madinah erat disandingkan dengan kota Makkah Al-Mukarramah, dua kota suci tempat berkumpulnya umat islam seantero dunia untuk menunaikan rukun islam yang kelima.

Madinah juga merupakan kota tua yang notabenenya sebagai pusat keilmuan islam bagi yang memiliki mimpi untuk memperdalam ilmu islam di sana, misalnya; bahasa Arab, sastra Arab, tafsir hadis, tafsir al quran, perbandingan agama, syariah, ilmu kalām, dan rumpun kajian keislaman lainnya.

Read More

Salah satu kampus tersohor dan memiliki reputasi bergengsi di mata dunia islam yang terletak di Madinah adalah Universitas Islam Madinah. Berikut 9 alasan yang sangat patut dipertimbangkan oleh calon mahasiswa yang ingin berkuliah di kampus Universitas Islam  Madinah (UIM):

  1. Alasan pertama dan utama yang tidak dimiliki oleh kampus lain adalah awal sejarah peradaban islam dimulai di Madinah. Di samping itu Madinah merupakan kota tua yang memiliki nilai sejarah yang banyak dikenang oleh umat Islam dunia. Ketika nabi Muhammad untuk pertama kalinya memasuki kota Madinah dihadapkan pada kondisi masyarakat majmuk yaitu umat Islam dan Yahudi – yang mana kedua umat ini terdiri dari berbagai kabilah suku. Pada akhirnya mereka dipersatukan melalui sebuah perjanjian “Bahwa umat Islam islam dan yahudi yang berada di Madinah wajib memiliki hak yang sama dalam tanggungjawab untuk menjaga perdamaian satu sama lain” yang akhirnya dikenal dengan piagam Madinah.
  2. Khulafaur Rasyidin dahulu berdomisili di kota Madinah, adapun khalifah yang pertama adalah Abu Bakar Ashiddiq yang dipilih secara aklamasi.
  3. Kerajaan Persia yang terkenal kuat hancur saat Umar bin Khattab menjabat sebagai Khalifah di Madinah.
  4. Terdapat masjid Nabawi, dalam sebuah hadis diriwayatkan “bahwa yang mendirikan shalat di masjid Nabawi lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram” (HR. Bukhari Muslim). Bagi mahasiswa Madinah disediakan bus gratis dari kampus bagi yang hendak shalat berjamaah di masjid Nabawi setelah asar dan dijemput setelah isya.
  5. Imam Malik rahimahullah dalam riwayat di kitab Nur Adhalam karya Syaikh Nawawi Al-Bantani (Syarah dari kitab Aqidatul Awam) berpendapat bahwa Madinah merupakan kota terbaik di muka bumi ini sebab manusia terbaik dan termulia dimakamkan di komplek Baqi’ yang terletak di kota Madinah.
  6. Kuliah di Madinah sangat kondusif, sebab kota ini sangat melarang dibuka tempat kemaksiatan; misalnya prostitusi dan club malam atau diskotik, tempat karaoke dan lain sebagainya.
  7. Kuliah di UIM full scholarship dari pemerintah kerajaan Saudi Arabia dengan fasilitas yang didapat berupa;
  8. Uang saku bulanan kurang lebih 3 – 3,5 juta jika dikurs-kan dengan mata uang rupiah. Tentunya uang bulanan ini lebih dari cukup untuk keperluan sehari-hari di sana.
  9. Asrama mahasiswa, biasanya 1 kamar berisi 3-4 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai negara dengan disiapkan bed Percampuran ini bertujuan agar tiap mahasiswa agar saling mengenal saudara muslim dari berbagai belahan dunia dengan beraneka kebudayaan yang mereka bawa dari tempat asal masing-masing dan tentunya mereka semakin lancar dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab.
  10. Tiket pesawat PP ketika liburan akhir semester.
  11. Uang belanja kitab untuk keperluan kuliah.
  12. Pengajar atau dosen di kampus ini sangat kompeten di bidangnya keilmuannya dan bahasa pengantar dalam perkuliahan menggunakan bahasa Arab.
  13. Mahasiswa yang berkuliah di UIM khususnya diberikan kemudahan untuk melaksanakan haji setiap lima tahun sekali saat mereka sedang berkuliah di sana. Bahkan, mereka juga bisa melakukan umrah sewaktu-waktu. Untuk melaksanakan haji atau umrah, mereka bisa naik taksi dari kampus menuju terminal madinah. Dari terminal Madinah, mereka naik bus menuju terminal Makkah. Adapun opsi kedua, mereka bisa carter taksi secara rombongan dari Madinah ke Makkah. Tentunya, opsi kedua lebih mahal daripada opsi yang pertama. Untuk opsi pertama, mahasiswa akan mendapatkan potongan sebesar 50% ketika naik bus di terminal dengan syarat membawa surat rekomendasi kampus berupa permohonan potongan biaya transportasi bus 50%.
  14. Libur perkuliahan akhir semester 3 bulan, dan mahasiswa UIM diberikan tiket pesawat PP gratis.

Setelah menyimak 9 alasan ini, apakah kamu semakin berminat kuliah di UIM dengan segala fasilitas yang akan kamu dapatkan nantinya?. Untuk info lebih lanjut seputar pendaftaran UIM, kamu bisa mengakses informasi melalui laman grup facebook “Dauroh dan Muqobalah Universitas Islam Madinah 2012” dan kamu bisa juga menyukai laman facebook “PPMI Madinah”. Selain itu, terdapat juga laman instagram seputar “PPMI Madinah” serta official www.ppmimadinah.org. Semoga bermanfaat dan tercapai niat baiknya untuk kuliah di UIM.

Artikel ini ditulis dari hasil wawancara bersama seorang alumnus UIM tahun 2013.

Disclaimer: Informasi di artikel ini bisa berubah sehubungan dengan kebijakan kampus terbaru.

Related posts

2 comments

Comments are closed.