Analisis Sistem Pengendalian Manajemen di PT. Mineral Sumberdaya Mandiri

Abstrak

Materi ini membahas Analisis Sistem Pengendalian Manajemen yang terdaftar dalam perusahaan swasta, khususnya studi kasus PT. Mineral Sumberdaya Mandiri. Sistem pengendalian manajemen merupakan sistem terintegrasi yang melibatkan proses, strategi, pemrograman, penganggaran, akuntansi, dan pertanggungjawaban untuk membantu individu dalam menjalankan organisasi atau perusahaan agar hasilnya optimal. Sistem ini termasuk dalam kategori pengetahuan perilaku terapan dan bertujuan untuk menjalankan dan mengawasi organisasi berdasarkan asumsi tertentu.

Pendahuluan

Pengendalian manajemen sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Tanpa sistem pengendalian yang baik, perusahaan sangat rentan terhadap kegagalan. Sebaliknya, perusahaan dengan sistem pengendalian yang baik akan lebih berkembang. Namun, banyak perusahaan yang mengabaikan pentingnya pengendalian manajemen, yang menyebabkan banyak perusahaan besar runtuh atau gulung tikar. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus meninjau kembali sistem pengendalian manajemen mereka untuk memastikan efektivitas dan efisiensi operasional.

Pembahasan

Profil Sejarah Singkat Perusahaan

PT. Mineral Sumberdaya Mandiri Tbk didirikan pada 12 Februari 1990 dengan nama PT Asia Kapitalindo dan berganti nama menjadi PT Asia Kapitalindo Securities pada 24 Oktober 1994. Perusahaan ini bergerak di bidang perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, dan manajer investasi, dengan fokus pada perdagangan portofolio efek seperti commercial paper, promissory notes, medium term notes, obligasi, dan efek lainnya. Selain itu, perusahaan menawarkan produk reksadana kepada masyarakat dan memiliki saham di sejumlah perusahaan publik. Pada 13 Juli 2001, perusahaan ini tercatat di Bursa Efek Jakarta sebagai perusahaan publik dengan kode emiten AKSI.

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi perusahaan adalah menjadi perusahaan jasa angkutan pertambangan terbaik di Provinsi Kalimantan Selatan. Misinya adalah menjadi mitra kerja terbaik dalam operasi jasa angkutan pertambangan dan memberikan serta memelihara lingkungan kerja yang sehat, aman, efisien, dan produktif bagi seluruh karyawan dan mitra kerja.

Tata Nilai Perusahaan

PT. Mineral Sumberdaya Mandiri menerapkan tata kelola perusahaan berdasarkan prinsip keterbukaan, integritas, kepercayaan, dan kepatuhan dalam setiap kegiatan. Perusahaan didukung oleh berbagai kebijakan internal yang menjadi pedoman dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, termasuk Piagam Dewan Komisaris, Piagam Dewan Direksi, dan Piagam Internal Audit.

Penganggaran dan Keuangan

Kinerja keuangan PT. Mineral Sumberdaya Mandiri sebagai berikut:

  1. Pendapatan Usaha: Pada tahun 2021, pendapatan usaha tercatat sebesar Rp 480 miliar, turun dari Rp 522 miliar pada tahun 2020.
  2. Beban Pokok Pendapatan: Beban pokok pendapatan tahun 2021 turun sebesar Rp 73 miliar (15,8%) dari tahun 2020.
  3. Beban Usaha: Beban usaha tahun 2021 sebesar Rp 51,1 miliar, naik dari Rp 40,8 miliar pada tahun 2020.
  4. Penghasilan Beban (Lain-Lain): Beban lain-lain tahun 2021 turun 61,3% dibandingkan tahun 2020.
  5. Laba Komprehensif: Laba komprehensif tahun 2021 sebesar Rp 24,2 miliar, naik dari Rp 2,9 miliar pada tahun 2020.

Perencanaan Strategis dan Operasional

Sebagai perusahaan di bidang investasi, PT. Mineral Sumberdaya Mandiri menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan dengan fokus pada aspek ramah lingkungan. Laporan Keberlanjutan 2021 mencakup kegiatan dan kinerja perusahaan selama periode 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2021. Strategi keberlanjutan perusahaan meliputi:

  1. Peduli terhadap kualitas, keamanan, dan non-diskriminasi.
  2. Mengurangi dampak lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik.
  3. Memaksimalkan keuntungan melalui praktik bisnis yang baik, integritas tinggi, dan budaya anti suap dan korupsi.

Pelaksanaan dan Pengukuran Kinerja

Dalam operasionalnya, perusahaan berusaha meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan karyawan dengan menanamkan budaya ramah lingkungan, penghematan listrik, penggunaan kertas, dan pengurangan sampah plastik. Perusahaan juga berkomitmen menciptakan kinerja kesehatan dan keselamatan kerja untuk mencegah kecelakaan kerja, sehingga semua karyawan dapat bekerja dengan optimal.

Pengawasan dan Evaluasi Kinerja

Evaluasi kerja direksi dilakukan melalui rapat sepanjang tahun 2021 sebanyak 13 kali dan rapat gabungan dengan Dewan Komisaris sebanyak 3 kali. Rapat dilakukan secara virtual dan tatap muka, dihadiri oleh semua direksi.

Kesimpulan

PT. Mineral Sumberdaya Mandiri Tbk, sebelumnya dikenal sebagai PT Asia Kapitalindo Securities, didirikan pada 12 Februari 1990 dan berganti nama menjadi PT Asia Capitalindo Sekuritas pada 24 Oktober 1994. Perusahaan ini berfokus pada menghasilkan pendapatan melalui investasi, penjualan, dan distribusi produk kepada publik, dengan beberapa anak perusahaan yang bergerak di layanan keuangan. Visi dan misi perusahaan adalah aspek kunci dalam mencapai tujuan organisasi. Manajemen perusahaan memainkan peran penting dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, integritas, kinerja, dan efisiensi operasional. Strategi pertumbuhan perusahaan melibatkan fokus pada kualitas, efisiensi, non-diskriminasi, perlindungan lingkungan, dan praktik bisnis berkelanjutan. Tim manajemen bertanggung jawab atas manajemen aset perusahaan, memastikan stabilitas keuangan, dan mengatasi potensi risiko dan tantangan.

Related posts