Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

Mencoba melihat realitas bahasa Arab di Indonesia secara detail

Salah satu problematika klasik bahasa Arab di indonesia yaitu kurangnya minat belajar bahasa Arab. Hal ini dikuatkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Siti Uriana yang mengetengahkan bahwa minat belajar bahasa Arab murid pada jenjang Madrasah Tsanawiyah masih kurang. Hal ini bisa dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman tentang  kegunaan atau manfaat bahasa Arab.

Jika ditelisik lebih mendalam memang banyak sekali kegunaan bahasa Arab di masa mendatang. Bahasa Arab selain sebagai alat untuk memantapkan ajaran agama Islam, bahasa Arab juga digunakan sebagai alat komunikasi dengan orang asing, khususnya negara timur.

Ketika seseorang mampu berkomunikasi dengan orang asing, terdapat peluang besar untuk menggali kebudayaan dan peradaban yang ada di sekitar lingkungannya. Dalam hal ini bahasa Arab menjadi modal yang baik untuk terus menambah wawasan global.

Bapak KH. Ma’ruf Amin (Wakil Presiden RI) pun menguraikan bahwa bahasa arab tidak bersifat ekskulsif untuk umat muslim saja, namun bahasa Arab juga digunakan dalam ritual esensial pada sebagian gereja Kristen di wilayah Arab. Bahasa Arab digunakan pula dalam sejumlah karya penting keagamaan dan pemikiran Yahudi di abad pertengahan.

Berdasarkan hal tersebut tentu bahasa Arab sangat bermanfaat untuk memahami ajaran agama lain selain Islam. Pemahaman terhadap agama lain dalam rangka menambah wawasan sehingga pola pikir akan semakin luas dan terbuka.

Manfaat bahasa Arab lainnya yaitu akan menemukan peluang karier profesional di masa mendatang, mengingat perekonomian negara-negara Arab berkembang pesat di Timur Tengah dan Afrika utara. Menjadi pribadi yang terampil berkomunikasi dengan bahasa Arab membuka peluang untuk dapat berkomunikasi dengan kurang lebih 300 juta penutur asli bahasa Arab. Sehingga modal baik inilah yang membawa kita kedalam peluang karir profesional yang baik.

Selain itu dengan penguasaan bahasa Arab yang baik akan menimbulkan kesan yang baik pula di benak penutur asli bahasa Arab. Mereka tentu mengetahui untuk bisa meraih tingkat mahir berkomunikasi dengan bahasa Arab membutuhkan keseriusan dan usaha keras dalam menguasai bahasa Arab yang syarat akan kompleksitas dan struktur bahasa Arab. Hal ini tentu sesuatu yang luar biasa.

Pemahaman terhadap kebermanfaatan bahasa Arab di masa mendatang menjadi penting di tengah minimnya minat belajar bahasa Arab. Tentu dalam tataran praktis, para pemerhati, praktisi pendidikan bahasa Arab (dosen, guru) harus menyadari hal ini. Harapannya muncul ide ide kreatif dan inovasi dalam ruang-ruang pengajaran bahasa Arab.

Tidak hanya sisi linguistik saja yang diajarkan namun kebermanfaatan dan peluang dari bahasa Arab di masa mendatang perlu dikenalkan kepada peserta didik. Harapan jangka panjang bahasa Arab di Indonesia akan semakin baik, semakin banyak peminatnya sehingga akan jauh dari istilah kepunahan bahasa.

Related posts