Bahasa Indonesia Sebagai Sarana Berkomunikasi

  • Whatsapp

Tulisan ini mengungkapan tentang kebahasa indonesiaan yang baik dan benar, menggunakan ejaan yang baik, serta tanda baca dan pengucapan yang jelas. Bahasa Indonesia merupakan Bahasa nasional yang resmi di seluruh Indonesia dan merupakan Bahasa komunikasi yang resmi bagi seluruh masyarakat indoneisa, Bahasa Indonesia juga menjadi Bahasa persatuan bangsa Indonesia, Bahasa yang digunakan harus efektif ketika sedang bicara dengan lawan bicara.

Definisi Bahasa Indonesia adalah Bahasa kebanggaan warga tanah air Indonesia. Bahasa Indonesia sangat menarik jika diulas lebih mendalam dan memiliki fakta-fakta yang menarik. Pengertian Bahasa secara umum adalah sistem percakapan yang digunakan untuk syamsuddin (1986) juga memberikan 2 definisi Bahasa, pertama Bahasa merupakan alat yang dipakai untuk membentuk pikiran, perasaan, keinginan dan perbuatan-perbuatan dan kedua Bahasa adalah tanda yang jelas dari suatu kepribadian yang baik maupun buruk

Bahasa Indonesia memiliki peran sentral dalam pengembangan intelektual, sosial, dan emosional. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan dan beserta yang meliputi 4 aspek yaitu, menyimak, berbicara, membaca dan menulis.

         Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia adalah agar peserta didik memiliki kemampuan yaitu:

  1. Berkomunikasi secara efektif dan efesien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan ataupun tulisan.

  2. Menghargai dan bangga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan dan bahasa negara.

  3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kretif untuk berbagai tujuan.

  4. Memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan kemampuan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.

  5. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial.

  6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai budaya dan intelektual manusia Indonesia.

Seperti yang kita ketahui Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa, adat istiadat begitu pula dengan bahasa yang mereka gunakan setiap daerah memiliki bahasa masing-masing. Oleh karena itu dengan adanya perbedaan bahasa yang digunakan, bahasa Indonesia hadir sebagai bahasa pemersatu antar daerah dengan hal itu dapat mempermudah komunikasi antar suku bangsa. Namun sangat di sayangkan di era globalisasi yang modern ini banyak generasi muda yang tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Banyak bahasa-bahasa gaul yang sulit untuk di pahami misalkan penggunaan bahasa aku, kamu sudah jarang terdengar lagi dikalangan anak remaja. Mereka lebih mendominasi menggunakan bahasa lo, gue dan masih banyak bahasa-bahasa gaul lainnya. Hal ini membuat kesadaran akan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sudah terkikis oleh perkembangan zaman. Oleh karena itu kita sebagai generasi bangsa Indonesia seharusnya menggalakkan penggunaan bahasa Indonesia yang baku. Contohnya dengan menerapkan peraturan dilarang menggunakan bahasa LG (lo gue) dan bahasa gaul lainnya yang dapat membuat hilangnya kesadaran berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Disamping itu juga bahasa Indonesia merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang harus di lestarikan agar tidak hilang di telan masa.

Sebagai warga negara Indonesia kita seharusnya bangga memiliki bahasa Indonesia yang tidak hanya terkenal di dalam negri saja. Melainkan bahasa Indonesia juga sudah tersebar luas ke mancanegara contohnya negara Australia ada beberapa sekolah yang menerapkan mata pelajaran bahasa Indonesia. Jika kita pikir masyarakat luar saja tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia maka seharusnya kita sebagai masyarakat asli Indonesia ikut memperdalam dan mempelajari lebih luas kaidah-kaidah kebahasaan bahasa Indonesia. Jika kita bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar hal itu juga dapat mendukung dan mempermudah kita berbicara di depan umum dalam setiap acara-acara resmi. Misalkan dalam acara pertemuan atau rapat yang melibatkan pejabat-pejabat negara ataupun mentri-mentri yang berkaitan pada saat seperti itu kita di tuntut untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan sesuai kaidah-kaidah kebahasaan.

Selain itu dengan kepiawaian kita dalam berbahasa Indonesia juga membuat kita menjadi lebih percaya diri dalam segala hal yang berbau Pendidikan. Sebagaimana yang banyak kita ketahui diluaran sana banyak sekali orang yang berpendidikan tinggi, namun seringkali terjerat kasus hukum lantaran mereka tidak pandai dalam memilah bahasa yang mereka gunakan. Sehingga membuat spekulasi ataupun opini yang mereka ungkapkan kedepan umum sulit dipahami dan menimbulkan kesalahpahaman atas apa yang mereka ucapkan. Misalkan mereka ikut berkomentar tentang sistem pemerintahan baik berkomentar secara langsung ataupun melalui media sosial yang dapat membuat orang yang mungkin tidak paham akan bahasa yang ia gunakan menganggapnya hal itu sebagai suatu penghinaan atau penebar kebencian yang mungkin bisa terjerat kedalam suatu hukum negara.

Oleh sebab itu penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sangatlah diperlukan lantaran hal itu dapat mempermudah kegiatan kita kedepannya, baik dalam hal komunikasi dengan orang yang berbeda daerah maupun berbicara didepan umum. Maka sebaiknya kita perlu menerapkan kepada generasi-generasi dibawah kita agar menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan sedikit mengurangi gaya kebahasaan yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia. Dan mulai menerapkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia yang dapat mendukung kemajuan serta kesejahteraan kita semua.

 

 

Pos terkait