Belajar Analisis Bisnis Proses

Belajar Analisis Bisnis Proses
Belajar Analisis Bisnis Proses
banner 468x60

Analisis Bisnis Proses

Proses bisnis dari sebuah perusahaan (organisasi) dapat dinyatakan sebagai sebuah kumpulan dari banyak proses dan aktivitas. Proses-proses tersebut dapat dibedakan menjadi dua kategori utama yaitu proses inti dan proses pendukung.

PROSES INTI

Proses Inti adalah proses yang dimulai dengan
1. identifikasi kebutuhan pelanggan (customer need),
2. persyaratan pelanggan (customer requirement)
3. harapan pelanggan (customer expectation)
4. pengiriman ke pelanggan dan penerimaan pembayaran.

Proses inti dapat diidentifikasi dengan memeriksa setiap proses satu persatu. Pengujian dilakukan dengan mempertimbangkan akibat yang timbul apabila suatu proses tidak dikendalikan dengan baik.

Karakteristik dari proses inti :

➢Merubah kebutuhan pelanggan menjadi produk yang diharapkan pelanggan
➢Proses-proses yang berlangsung berhubungan dengan produk yang diberikan kepada pelanggan
➢Proses-proses yang mentransformasikan kebutuhan pelanggan menjadi produk yang diinginkan.

Contoh beberapa proses yang merupakan proses inti :

• Pemasaran
• Penjualan
• Desain produk
• Pembelian
• Perencanaan Produksi
• Produksi
• Penyerahan produk / Jasa
• Penagihan dan Penerimaan Pembayaran

Proses pendukung

Proses pendukung adalah proses yang meskipun tidak secara langsung memberikan nilai tambah pada produk, namun perlu dilakukan untuk menjaga kelangsungan dari proses inti.

Karakteristik proses bisnis

Definitif
Sebuah proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, dan output yang jelas.
Urutan
Suatu proses bisnis harus terdiri dari kegiatan berurutan sesuai dengan waktu dan ruang.
Pelanggan
Sebuah penerima harus memiliki hasil proses proses bisnis.
Nilai Tambah
Transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah kepada penerima.
Keterkaitan
Sebuah proses tidak dapat berdiri sendiri, tetapi harus terkait dalam suatu struktur organisasi.
Fungsi Silang
Sebuah proses pada umumnya, meskipun tidak selalu, termasuk beberapa fungsi.

Klasifikasi Proses Bisnis

Klasifikasi proses bisnis menurut TOPP:
1. Proses Utama (Primary processes) : proses-proses yang menghasilkan nilai,
mulai dari penerimaan material dari supplier sampai aktivitas ke pelanggan
2. Proses Pendukung (Support processes): proses-proses yang tidak langsung
menghasilkan nilai tetapi diperlukan untuk mendukung proses utama. Meliputi
aktivitas finansial dan manajemen personalia.
3. Proses Pengembangan (Development processes): proses-proses untuk
meningkatkan kinerja rantai nilai dengan proses utama dan pendukung.
Misalnya: pengembangan produk.

Belajar Bahasa Arab Asyik Klik Disini

Related posts

1 comment

Comments are closed.