Bentuk Tunggal Ganda dan Jamak dalam Bahasa Arab

Bentuk Tunggal Ganda dan Jamak dalam Bahasa Arab
Bentuk Tunggal Ganda dan Jamak dalam Bahasa Arab
banner 468x60

Bentuk Tunggal Ganda dan Jamak dalam Bahasa Arab.

Bentuk tunggal ganda dan Jamak dalam bahasa arab dapat disebut dengan المفرد و المثنى و الجمع  mempelajari materi ini pembelejar akan banyak menemukan kata tunggal (المفرد ). Sehingga melakukan perubahan kedalam bentuk ganda atau jamak akan menyesuaikan kalimat yang diinginkan.

Bentuk Tunggal

Bentuk tunggal dalam bahasa arab akan diterjemahkan jumlah 1. Misal: saya telah melihat 1 buah mobil di depan kelas terjemahan dalam bahasa arab رئيتُ سيارة أمام الفصل kata سيارة adalah bentuk tunggal. Biasanya kosakata yang diberikan kepada pembelajar pemula dalam bentuk Mufrod.

Bacaan Lainnya

Bentuk Ganda

Bentuk Ganda akan diterjemahkan atau memiliki jumlah 2. Misal. Saya sedang membawa 2 buah pulpen dari kelas, dalam bahasa arab dapat kita terjemahkan أحمل قلمين من الفصل kata قلمين  adalah bentuk ganda kenapa tidak قلمان ? karena kalimat diatas bentuk tunggalnya sebagai objek. penjelaskan lebih lengkapnya akan dibahas pada video dibawah.

Bentuk Jamak

Bentuk Jamak dalam bahasa arab kita mengenal dengan jamak mudzakar salim, jamak muannas salim dan jamak taksir. Dari ketiga kategori jamak yang tidak memiliki rumusan yang teratur adalah jamak taksir. Jamak taksir harus mengutamakan ingatan yang kuat terhadap perubahan bentuk benda pada jamak taksirnya karena tidak bisa dijadikan rumusan seperti jamak mudzakar salim atau muannats salim,

Perhatikan Video di bawah ini untuk memudahkan dalam belajar. 

Dapatkan video lainnya dengan klik disini

 

Pos terkait