Cara Merubah Fiil Menjadi Kata Kerja Perintah

Cara Merubah Menjadi Kata Kerja Perintah
Cara Merubah Menjadi Kata Kerja Perintah

Cara Merubah Fiil Menjadi Kata Kerja Perintah

Cara Merubah fiil menjadi kata kerja perintah membutuhkan ketelitian dan ingatan yang kuat karena setiap kata atau fiil akan berubah sesuai dengan bentuk kata ganti atau bentuk wazannya. Sebelum mempelajari lebih jauh sebaiknya kuasai terlebih dahulu fiil madhi dan fiil mudhore.

Fiil Amr merupakan bentuk perintah atau kata kerja perintah yang memiliki 6 perubahan bentuk saja, materi ini sangat penting mengingat bahasa arab adalah bahasa yang memiliki keistimewaan tersendiri dari bahasa lainnya sehingga menguasai bentuk kata kerja sangatlah diperlukan.

Kata kerja perintah akan terasa mudah apabila pembelajar sudah menguasai 2 bentuk lainnya, ayitu fiil madhi dan mudhore. Pada pembahasan ini untuk lebih jelasnya akan diberikan video pembelajaran tentang cara merubah fiil menjadi kata perintah dalam bahasa arab.

Memahami bahasa arab

bagi pembelajar pemula harus mengetahui macam fiil. Fiil merupakan bagian terpenting dalam menyusun kalimat dalam bahasa arab. Fiil terbagi menjadi tiga bagian menurut waktunya:

Fiil madhi adalah kata yang menunjukan waktu lampau serta memiliki 14 perubahan bentuk. Contoh berikut: كتب kataba fiil tersebut memiliki arti telah menulis atau Dia (lk) 1 orang telah menulis.

Fiil mudhore adalah kata yang menunjukan waktu sekarang/yang akan datang serta memiliki 14 perubahan bentuk. Contoh يكتب dibaca yaktubu memiliki arti Dia (lk) 1 orang sedang menulis.

Fiil amr adalah kata perintah dan mengingikan seseorang melakukan hal yang diperintahkannya sesuai dengan intruksi dalam fiil amr memilik 6 perubahan kata dimulai dari bentuk Anta-Antunna.

Mempelajari perubahan bentuk waktu dari fiil madhi ke mudhore dan terakhir fiil amr harus mempelajarinya dengan teratur dan berurutan sehingga mampu memahami perubahan bentuk sesui dengan materi yang sedang dipeajari.

 

Related posts