Dampak covid-19 Masih Terasa Sampai Saat Ini

Dampak covid-19 Masih Terasa Sampai Saat Ini

Dari awal tahun 2020 virus covid-19 itu masuk ke negara Indonesia, semenjak itulah masyarakat Indonesia takut akan virus covid-19. Dari beberapa hal yang sudah terjadi di negara Indonesia ini, masyarakat Indonesia banyak sekali yang terdampak virus covid-19.

Read More

Mereka khawatir virus covid-19 tersebut akan menyebar luas ke seluruh Indonesia, pemerintah Indonesia langsung menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu : memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan. Akan tetapi tidak hanya itu saja peraturan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia, ada juga peraturan seperti menjaga jarak dan jangan berkerumun. Sayangnya masyarakat Indonesia tidak semuanya taat kepada peraturan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia.

Merenggut Banyak Nyawa

Dari situlah virus covid-19 menyebar dari satu orang ke orang lainnya, sampai-sampai virus ini banyak sekali merenggut nyawa masyarakat Indonesia, hingga akhirnya jumlah kematian masyarakat Indonesia selalu bertambah pada saat itu. Rumah sakit rumah sakit besar pun kehabisan ruangan ungtuk merawat pasien covid-19, akhirnya pemerintah Indonesia mencari solusi agar virus covid-19 ini mereda, dari usahanya mencari solusi itu didapatilah vaksinasi covid-19. Macam-macam jenis vaksinasi di Indonesia yaitu Sinovac, Astra zeneca, Moderna, Pfizer, Sinopharm.

Bukan hanya kematian saja akibat dari virus covid-19 tersebut, ada juga akibat-akibat lain yang diderita masyarakat Indonesia di antaranya penurunan ekonomi bagi pegawai, pemotongan tunjangan bagi pekerja, pembelajaran jarak jauh, kurangnya pendapatan dari setiap perusahaan.

Penurunan ekonomi bagi pegawai membuat seluruh pegawai menjadi kesulitan untuk memenuhi ekonomi keluarga mereka, ada yang harus membeli susu untuk anak, ada juga yang membiayai adik-adiknya sekolah, dan membeli kebutuhan pokok keluarga.

Saya mengambil kutipan Chairul Ihsan Burhanuddin dan Muhammad Nur Abdi di jurnalnya yang berbunyi “  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melihat perkembangan dan pengaruh ekonomi tidak hanya sebatas lingkup ekonomi itu sendiri. Akan tetapi ekonomi juga bisa terdampak dari budaya dan kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan menyebarnya virus Corona turut membawa dampak negatif pada perekonomian dunia”.

Pemotongan tunjangan bagi pekerja juga membuat para pekerja di Indonesia menjadi resah karna banyak yang mereka tanggung untuk tetap bisa bertahan hidup di bumi Indonesia, mereka tidak lagi bisa membeli apa yang mereka inginkan di luar kebutuhan pokok. Terkadang untuk membeli bahan-bahan pokok seperti beras, minyak gorengh, garam, gula, dan bumbu-bumbu dapur lainnya bahkan lauk pauk pun masih ada beberapa masyarakat Inodesia tidak mampu untuk membeli bahan-bahan tersebut.

Selanjutnya pada Dunia Pendidikan

Ketika angka covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan drastis, pemerintah mengeluarkan kebijakan salah satunya yaitu bahwasanya kegiatan belajar mengajar diadakan secara virtual. Banyak sekali pro kontra dalam permasalahan ini, saya mengutip perkataan Farida Repelitawaty Kembaren dalam artikelnya “ Disini guru dan siswa memanfaatkan tekologi yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di masa pandemi”.

Ini menunjukkan sisi positif dari kegiatan belajar mengajar secara virtual, dari sudut pandang lain ada juga sisi negatif dari kebijakan tersebut, seperti kasus saudara-saudara kita yang berada di pelosok desa yang di mana mereka susah dalam mendapati sinyal, sehinga mereka tidak sepenuhnya dapat mengikuti metode pembelajaran jarak jauh tersebut. Banyak juga dari pelajar yang tidak memahami pembahasan pelajaran tersebut.

Dari beberapa perusahaan mengalami penurunan pendapatan akibat virus covid-19, bahkan bukan hanya penurunan pendapatan saja, bahkan ada juga yang sampai bangkrut akibat pandemi covid-19, karena hampir semua masyarakat Indonesia kesulitan dalam mendapati pemasukan mereka. Sehingga para perusahaan memutuskan untuk memberhentikan secara paksa para karyawan. Sebab apabila mereka atau para karyawan tidak dipecat mereka para perusahaan tidak bisa membayar tunjangan mereka para karyawan, karena daya keterarikan konsumen menjadi kurang sebab mereka juga tidak mempunyai pendapatan yang cukup untuk memnuhi kebutuhan mereka.

Kesimpulan dari poin-poin di atas menunjukkan dampak dari pandemi covid-19, yang di mana itu sangat merugikan bagi masyarakat pada umumnya mulai dari penurunan ekonomi bagi pegawai, pemotongan tunjangan bagi pekerja, pembelajaran jarak jauh, dan kurangnya pendapatan dari setiap perusahaan. Dan itu masih terasa sanmpai saat ini utamanya di beberapa daerah yang infrastrukturnya masih kurang.

Related posts