FAT AND THIN, SEBUAH SATIRE DARI ANTON CHEKOV

Abstrak

Fat and Thin (1883) merupakan sebuah karya sastra klasik bergenre komedi atau anekdot yang ditulis oleh Anton Chekov, seorang pengarang Rusia. Cerpen yang sangat populer ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Constance Garnett tahun 1922. Konflik muncul tanpa sengaja dari percakapan Porfiry, Si Kurus. Si Kurus berubah sikap karena mengetahui Misha, Si gemuk, sahabat masa kecilnya menjadi penjabat tinggi, sedangkan dirinya hanya menjadi pegawai rendah dengan gaji yang bisa dikatakan kurang mencukupi kebutuhan. Sebuah satire pada social issue di kehidupan sehari-hari yang sebenarnya (bisa saja) memuakkan orang yang dihormati secara berlebih dan sifat tidak baik yang menganggap persahabatan bisa ditukar dengan pangkat.

 

Kata Kunci: masalah sosial, sindiran, jabatan, miskin, kaya, rendah hati, kesombongan.

Pendahuluan

Pertemuan antara dua sahabat masa kanak-kanak di setasiun Nikolaevsky memunculkan kenangan indah. Misha, Si Gemuk, berteriak menyapa Porfiry, yang berbadan kurus. Mereka bernostalgia tentang kenangannya ketika masih satu sekolah. Pertemuan yang tidak disengaja itu membuka masa silam setelah bertahun-tahun tidak berjumpa.

 

“Porfiry,” cried the fat man on seeing the thin man. “Is it you? My dear fellow! How many summers, how many winters!” (“Porfiry,” teriak Si Gemuk melihat Si Kurus. “ Kamukah itu?” Sobatku  tersayang! Berapa musim panas, berapa musim dingin!)

“Holy saints!” cried the thin man in amazement. “Misha! The friend of my childhood! Where have you dropped from?” ( Ya, Tuhan!” teriak Si Kurus terpukau. “ Misha! Teman masa kecilku! Kamu turun dari mana?”

 

 

Citraan visual dan penciuman yang klasik bagi si kaya dan si miskin. Digambarkan, Misha baru saja makan malam di stasiun dan bibir berminyaknya bersinar seperti buah ceri yang matang. Dia beraroma angggur  dan wangi bunga jeruk “The fat man had just dined in the station and his greasy lips shone like ripe cherries. He smelt of sherry and fleur d’orange.”

 

Porfiry baru saja keluar dari kereta api dan sarat koper besar, bundelan, dan kotak kardus merupakan visualisasi khas orang biasa kalau bepergian. Makanan dan minumannya pun tidak mahal, ham dan kopi. “The thin man had just slipped out of the train and was laden with portmanteaus, bundles, and bandboxes. He smelt of ham and coffee ground.”

 

Keakraban Teman Masa Kecil

 

Setelah mencium sahabatnya tiga kali, ungkapan keakraban dan rasa rindu pada sahabat, Porfiry mengungkit kejahilan mereka yang terlihat lucu kala itu. Misha dijuluki Herostratus karena dia melubangi buku sekolah dengan rokok dan Porfiry dijuluki Ephialtes karena dia suka bercerita. “Ho–ho! . . . we were children!”

 

Masih dengan candaan khas teman lama, Porfiry memuji dirinya sendiri bahwa dia masih tampan dan hebat. Come have a good look at me! Just as handsome as I used to be! Just as great a darling and a dandy! Good gracious me!”

 

Porfiry tidak segan mengenalkan istrinya, Vantsenbach, yang juga kurus dan berdagu panjang. Tak ketinggalan Nafanail, anak laki-lakinya. Bocah bermata juling yang biasa dipanggil Nafanya itu pemalu. “Don’t be shy, Nafanya. Go nearer to him,” kata Porfiry kepada anaknya.

 

Pencapaian Dua Sahabat

Misha bertanya pekerjaan Porfiry. “Well, how are you doing my friend? Are you in the service? What grade have you reached?”

Porfiry pun dengan sombong bercerita, “I am, dear boy! I have been a collegiate assessor for the last two years and I have the Stanislav.

 

Masih dengan gaya komedinya dan kesombongan, Porfiry bertanya balik. And what about you? I bet you are a civil councillor by now? Eh?”

Misha pun menjawab, “No dear boy, go higher than that. I have risen to privy councillor already . . . I have two stars.”

 

Perubahan Nada Bicara

Dari pembicaraan tentang pekerjaan muncul permasalahan. Porfiry pun sangat terkejut. Wajah pria kurus seketika pucat dan kaku, antara malu dan rendah diri. Ternyata sobatnya berpangkat jauh lebih tinggi dari perkiraannya. Misha seorang privy councillor kelas 3 sedangkan dirinya seorang collegiate assessor kelas 8, dari 14 kelas jabatan. Dengan jabatan  setinggi itu Misha berhak menyandang gelar ‘Yang Mulia’.

 

Porfiry berubah bahasa tubuhnya. Dia berusaha kelihatan lebih gagah. Senyumnya lebar; seolah-olah percikan api memancar dari wajah dan matanya.  Dia menggeliat, dan membusungkan badannya berusaha kelihatan tegap. Koper, bundelan, dan kardus tampak membesar juga. Dagu istrinya kelihatan lebih panjang dan Nafanya menampakkan kepeduliannya dan mengencangkan kancing seragam sekolahnya.

 

Porfiry berubah sikap. Ada perubahan dalam gaya bicaranya. Dia menggunakan kata ’Yang Mulia’. Porfiry senang salah satu teman masa kecilnya menjadi orang besar. “Your Excellency, I . . . delighted! The friend, one may say, of childhood and to have turned into such a great man! He–he!”

 

Misha pun mengerutkan dahinya. Dia memprotes sikap Porfiry yang terlalu sopan dan kaku.

“Come, come!” the fat man frowned. “What’s this tone for? You and I were friends as boys, and there is no need of this official obsequiousness!”

 

Protes Misha tidak digubris oleh Porfiry. Bahkan Porfiry semakin menyanjung Misha setinggi langit. Dikatakan olehnya bahwa perhatian Misha  seperti ‘manna’ (makanan surga) yang menyegarkan. “Merciful heavens, your Excellency! What are you saying. . . ?” sniggered the thin man, wriggling more than ever. “Your Excellency’s gracious attention is like refreshing manna. . . .

 

Porfiry tetap menunjukkan hormat, manis, dan penuh khikmat sehingga Misha menjadi muak. Harapan Misha mendengar kisah-kisah lucu dari sahabatnya lenyap. Misha berbalik, melambaikan tangan, dan pergi. Porfiry tidak tanggap atas perubahan sikap Misha yang kesal karena sahabatnya berubah. Porfiry bersikap yang tidak semestinya Porfiry sekarang memandang Misha sebagai petinggi yang harus sangat dihormati dan disegani. Bahkan Porfiry membungkukkan badannya mengiringi kepergian Misha.

 

Penutup

Fat and Thin  merupakan sebuah karya sastra yang mampu mewakili fenomena di masyarakat dan berhasil menyindir sebagian besar anggota masyarakat yang menghormati penjabat secara berlebihan. Sikap seperti itu malahan mencederai persahabatan yang dulu sangat dibanggakan. Ketika persahabatan ditukar dengan penghormatan  yang luar biasa tinggi, maka akan kehilangan kemesraan, kedekatan, kelucuan, dan kejahilan yang merupakan bunga-bunga persahabatan.

 

Misha mewakili orang yang sederhana walaupun kaya dan berpangkat tinggi. Porfiry merupakan gambaran orang yang memandang sesuatu secara berlebihan. Di matanya jabatan dan pangkat bisa saja menjadi segalanya. Walaupun pada mulanya bekerja dengan gaji kecil tidak menjadi soal. Namun ketika bertemu dengan penjabat tinggi dia berubah. Bisa diprediksi Porfiry akan gila kehormatan apabila dia menjadi orang besar. Bisa saja orang dengan tipe Porfiry memanfaatkan nama orang untuk meraih jabatan. Anda lebih suka menjadi siapa? Misha atau Porfiry? Menurut saya, jadilah diri anda sendiri. Jadilah pribadi yang tidak mudah keheranan dan tidak mudah kagetan.

 

Daftar Pustaka

Citraan, Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas https://id.wikipedia.org/wiki/Citraan#:~:text=16%20bahasa-,Citraan,-Halaman (Diakses Senin, 11 Juli 2022,  14: 45)

Garnett, Constance, Wikipedia, the free encyclopedia, https://en.wikipedia.org/wiki/Constance_Garnett#:~:text=Constance%20Garnett,the%20free%20encyclopedia (Diakses Selasa, 12 Juli 2022, 09:49)

Gamal, Thabroni, Sastra – Pengertian, Sejarah, Jenis & Fungsi (Pendapat Ahli) https://serupa.id/sastra-pengertian-sejarah-jenis-fungsi/#:~:text=Sastra%20%E2%80%93%20Pengertian%2C%20Sejarah,09%2D02%2D2022 (Diakses Jumat, 1 Juli 2022, 00:08)

Fat and Thin, https://americanliterature.com/author/anton-chekhov/short-story/fat-and-thin#:~:text=login-,Fat%20And%20Thin,-by%20Anton%20Chekhov( Diakses Senin, 11 Juli 2022, 10:39)

Fat and Thin, https://en.wikisource.org/wiki/Fat_and_Thin (Diakses Sabtu, 09 Juli 2022, 08:10)

Table of Ranks, Wikipedia, the free encyclopedia, https://en.wikipedia.org/wiki/Table_of_Ranks#:~:text=Table%20of%20Ranks,-From%20Wikipedia%2C%20the (Diakses Senin, 11 Juli 2022,   10:05)

Related posts