• Latest
  • Trending
  • All
Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

17 Januari 2021
Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

2 Maret 2021
Islam: Hakikat Belajar

Islam: Hakikat Belajar

1 Maret 2021
Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

26 Februari 2021
Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

23 Februari 2021
Khodijah R.A Ummul Mukminin

Khodijah R.A Ummul Mukminin

27 Februari 2021
Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

22 Februari 2021
RESENSI BUKU PARENTING KOMA

RESENSI BUKU PARENTING KOMA

19 Februari 2021
https://www.kompasiana.com/tarulimansuretno/58159dfb589773bc1194e31f/berteman-itu-seperti-minum-kopi?page=all

Teman Yang Baik

19 Februari 2021
Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

17 Februari 2021
Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

6 Februari 2021
Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

15 Februari 2021
BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

14 Februari 2021
  • Login
  • Kirim Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Tim Redaksi
  • Pendaftaran
    • Webinar 1
    • Webinar 2
    • Webinar 3
    • Webinar 4
    • Webinar 5
    • Webinar 6
    • Webinar 7
    • Webinar 8
    • Workshop
  • E-Learning Lughotuna
Selasa, Maret 2, 2021
-18 °c
lughotuna.id
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Agama
    Islam: Hakikat Belajar

    Islam: Hakikat Belajar

    Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

    Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

    Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

    Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

    Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

    Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

    Sholat Dhuha 

    Sholat Dhuha 

    Iman Kepada Malaikat

    Iman Kepada Malaikat

    Tradisi slametan

    PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

    Perjalanan Cinta Rabi’ah Al-Adawiyah

    Perjalanan Cinta Rabi’ah Al-Adawiyah

    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

    Trending Tags

    • Bahasa
      Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

      Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

      ILMU PSIKOLINGUISTIK

      ILMU PSIKOLINGUISTIK

      Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

      Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

      Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

      Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

      KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

      KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

      Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

      Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

      Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab

      Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab

      Politik Nasab dan Politik Kemuliaan dalam Masyarakat Arab

      Politik Nasab dan Politik Kemuliaan dalam Masyarakat Arab

      Belajar Adab dari Ulama Nahwu yang Satu Ini

      Belajar Adab dari Ulama Nahwu yang Satu Ini

      Trending Tags

      • Tarikh
        Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

        Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

        Khodijah R.A Ummul Mukminin

        Khodijah R.A Ummul Mukminin

        Apa itu Valentine Day?

        Apa itu Valentine Day?

        Imam al-Kisai dan Mozaik Pemikiran Filosofis Pendidikannya

        Imam al-Kisai dan Mozaik Pemikiran Filosofis Pendidikannya

        Biografi Imam al-Kisa’i, Begawan Nahwu dari Kufah

        Biografi Imam al-Kisa’i, Begawan Nahwu dari Kufah

        Mengenal Singkat Mathla’ul Anwar (MA)

        Mengenal Singkat Mathla’ul Anwar (MA)

        Ihwal Nahwu dalam Takwin al-Aql al-Arabi karya al-Jabiri

        Ihwal Nahwu dalam Takwin al-Aql al-Arabi karya al-Jabiri

        Ahmad Dahlan Kyai Kafir

        Ahmad Dahlan Kyai Kafir

        Ini Karya-Karya al-Jabiri dan Penulis Indonesia yang Turut Membincangkannya

        Ini Karya-Karya al-Jabiri dan Penulis Indonesia yang Turut Membincangkannya

        Trending Tags

        • Pendidikan
          Islam: Hakikat Belajar

          Islam: Hakikat Belajar

          Guru Intensional

          Guru Intensional

          NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

          NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

          PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

          PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

          Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

          Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

          Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

          Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

          TILAWATI: CEPAT DAN LANCAR BACA AL QUR’AN [PART I]

          Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

          Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

          Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

          Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

          Trending Tags

          • Sosial
            https://www.kompasiana.com/tarulimansuretno/58159dfb589773bc1194e31f/berteman-itu-seperti-minum-kopi?page=all

            Teman Yang Baik

            Tradisi slametan

            PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

            Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

            Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

            Hatta, Sukarno, dan Demokrasi Kita

            Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19

            Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19

            Kegaduhan di Kelas Sejarah

            Kegaduhan di Kelas Sejarah

            OSPEK dan Tradisi yang Belum Berubah

            OSPEK dan Tradisi yang Belum Berubah

            Refleksi Terhadap Peristiwa Penusukan Syaikh Ali Jaber

            Refleksi Terhadap Peristiwa Penusukan Syaikh Ali Jaber

            Puan dan Catatan Selanjutnya tentang Buku Identitas Francis Fukuyama

            Puan dan Catatan Selanjutnya tentang Buku Identitas Francis Fukuyama

            Trending Tags

            • Filsafat
              Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

              Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

              BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

              BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

              PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

              PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

              Immanuel Kant: Filosof Tulen Rasionalisme

              Immanuel Kant: Filosof Tulen Rasionalisme

              Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

              Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

              Plato dan Negara Idealnya

              Plato dan Negara Idealnya

              Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam

              Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam

              Menelusuri Islam Rahmat dalam Nalar Socrates

              Menelusuri Islam Rahmat dalam Nalar Socrates

              Mengulas Nalar Bertuhan ala Socrates

              Mengulas Nalar Bertuhan ala Socrates

              Trending Tags

              • Umum
                Islam: Hakikat Belajar

                Islam: Hakikat Belajar

                RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

                Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

                BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

                BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

                Tradisi slametan

                PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

                NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                Pavlovianisme

                Pavlovianisme

                PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

                Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

                Trending Tags

                • Resensi
                  RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                  RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                  Fonologi Bahasa Arab (Ilmu Al-Ashwat)

                  Fonologi Bahasa Arab (Ilmu Al-Ashwat)

                  Obat Galau Milenial Pecinta Bahasa Arab

                  Obat Galau Milenial Pecinta Bahasa Arab

                  Zharaf, Raga Wadah dari Rahasia – Rahasia Tuhan

                  Zharaf, Raga Wadah dari Rahasia – Rahasia Tuhan

                  Tafsir Mistik Mengapa Mashdar Berada pada Urutan Ketiga dalam Tashrif

                  Tafsir Mistik Mengapa Mashdar Berada pada Urutan Ketiga dalam Tashrif

                  Wajah Sufistik Mashdar

                  Wajah Sufistik Mashdar

                  ‘Athaf dari Perspektif seorang Hamba

                  ‘Athaf dari Perspektif seorang Hamba

                  Rumus Tasawuf dalam Kaidah ‘Athaf

                  Rumus Tasawuf dalam Kaidah ‘Athaf

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi ke-11: Bertemunya Ruh dengan Ruh-Nya

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi ke-11: Bertemunya Ruh dengan Ruh-Nya

                  Trending Tags

                  • Redaksi
                    Call for Submission

                    Call for Submission

                    Kajian Nahwu Sufi

                    Kajian Nahwu Sufi

                    Trending Tags

                    lughotuna.id
                    No Result
                    View All Result
                    Home Bahasa

                    Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

                    by M. Riza Pahlefi
                    17 Januari 2021
                    in Bahasa
                    0
                    Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab
                    568
                    SHARES
                    1.6k
                    VIEWS
                    Share on FacebookShare on Twitter

                    Dalam kajian linguistik, para linguis sangat menyadari bahwasanya bahasa merupakan sistem ujar. Oleh karena itu, objek utama dalam kajian linguistik adalah bahasa lisan, yaitu bahasa dalam bentuk ujar. Semua cabang-cabang kajian linguistik, seperti fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, leksikologi, dan lain sebagainya, dalam kajiannya berkiblat pada korpus data yang bersumber dari bahasa lisan walaupun yang dikaji sesuai dengan konsentrasinya masing-masing. Adapun yang berkonsentrasi terhadap persoalan bunyi ujar yaitu fonologi.

                    Fonologi sebagai cabang kajian Linguistik

                    Secara singkat, fonologi, merupakan cabang linguistik yang mengkaji lebih mendalam terkait perosalan bunyi-bunyi ujar yang merupakan material bahasa. Oleh fonologi, kajian bunyi-bunyi ujar ini dapat dipelajari dengan dua sudut pandang, yaitu fonetik dan fonemik

                    Fonetik, yaitu bagian fonologi yang mempelajari cara menghasilkan bunyi bahasa atau bagaimana suatu bunyi bahasa diproduksi oleh alat ucap manusia tanpa memperhatikan fungsinya sebagai pembeda makna. Pada pembahasan fonetik ini, bunyi-bunyi ujar hanya dipandang sebagai media bahasa sementara, tak ubahnya seperti benda atau zat.

                    Sedangkan fonemik, yaitu bagian fonologi yang mempelajari bunyi ujaran menurut fungsinya sebagai pembeda makna. Bunyi-bunyi ujar dipandang sebagai bagian dari sistem bahasa yang merupakan unsur-unsur bahasa terkecil. Dari itu, fonemik memandang bahwa bunyi-bunyi ujar merupakan bagian dari sistem bahasa lazim. Adapun objek kajian fonemik adalah fonem. Untuk menghasilkan suatu bunyi atau fonem, ada tiga unsur yang penting yaitu, (1) Udara, (2) Artikulator atau bagian alat ucap yang bergerak, dan (3) Titik artikulasi atau bagian alat ucap yang menjadi titik sentuh artikulator.

                    Sebagi contoh sedikit, bisa mengambil contoh huruf bunyi [i] pada kata [intan], [angin], dan [batik]. Tentu diantara ketiganya tidaklah sama. Begitu juga bunyi [p] pada kata inggris <space>, <pace>, dan <map>, juga tidaklah sama. Ketidaksamaan bunyi [i] atau bunyi [p] pada deretan kata-kata di atas itulah sebagai contoh objek dan sasaran fonetik. Dalam kajiannya, fonetik akan berusaha mendeskripsikan perbedaan bunyi-bunyi serta menjelaskan sebab-sebabnya. Sebaliknya, perbedaan bunyi [p] dan [b] yang terdapat pada kata [paru] dan [baru] adalah menjadi contoh sasaran kajian fonemik. Sebab perbedaan bunyi [p] dan [b] itu menyebabkan berbedanya makna kata [paru] dan [baru] itu.

                    Ilmu fonologi sangatlah penting untuk mengkaji perkembangan bahasa dari waktu ke waktu. Adapun demikian, sangatlah penting mempelajari perolehan fonologi pada khususnya dan perolehan bahasa pada umumnya. Karena dengan pengkajian ini, pakar-pakar akan dapat menentukan beberapa teori bahasa secara tepat

                    BacaJuga

                    Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

                    ILMU PSIKOLINGUISTIK

                    Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

                    KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

                    Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

                    Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab

                    Politik Nasab dan Politik Kemuliaan dalam Masyarakat Arab

                    Belajar Adab dari Ulama Nahwu yang Satu Ini

                    Kaitannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab

                    Seperti yang telah diketahui, bahwa fonologi adalah kajian yang berkaitan dengan bunyi. Pada dasarnya setiap bahasa mempunyai ciri khasnya masing-masing pada aspek bunyi ujarannya. Tentu diantaranya yang mempengaruhi adalah kondisi budaya dan masyarakat setempat. Karena sejatinya bahasa adalah suatu hasil kesepakatan dari sebuah kumpulan masyarakat pada suatu tempat. Begitu juga halnya bahasa Indonesia, bahasa Arab, maupun bahasa Inggris yang terkadang berbeda-beda dalam ujarannya di setiap daerah.

                    Pada dasarnya, setiap orang mempunyai kemampuan untuk menguasai beberapa bahasa, termasuk bahasa Arab, walaupun dorongan atau motivasi dalam mempelajarinya terkadang berbeda-beda di setiap daerah maupun individunya. Dari itu, sebagai pembelajar maupun pengajar bahasa Arab haruslah mengetahui cara-cara strategis dan menarik untuk memberikan pembelajaran bahasa Arab kepada orang kedua atau peserta didik. Namun hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran bahasa Arab pada tingkat pemula adalah aspek fonologi atau bunyi (ashwat). Disamping juga bahasa arab adalah sebagai bahasa kedua sangat berbeda jauh dari bahasa Ibu.

                    Ketika seorang anak kecil belajar bahasa Ibu, kondisi otaknya bersih dan belum mendapatkan pengaruh bahasa-bahasa lain. Oleh karena itu, hasilnya cenderung dapat berhasil dengan cepat menguasai bahasa ibunya, baik lisan, tulis, dan bahasa berpikirnya. Maka normal saja mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan bahasa Arab sebagai bahasa baru. Karena harus menyesuaikan dengan sistem bahasa Ibu ke dalam bahasa Arab. Maka hal pertama yang perlu diajarkan secara kesinambungan adalah latihan melafalkan dan menyimak bunyi huruf Arab dan fokus pada kesalahan dalam pengucapannya.

                    Adapun aspek dasar dalam pembelajarannya adalah cara mengucapkan abjad Arab dengan fashih dan benar (makhraj huruf hijaiyah), baik ketika sendiri sebagai abjad maupun setelah dirangkai dan diberi harakat. Oleh karenanya, pada masa awal belajar, pembelajar pemula akan sering dan terus berucap, berujar untuk melafadzkan huruf, kata atau kalimat dalam bahasa Arab. Tujuannya adalah agar dalam pengucapannya sesuai dengan aturan bahasa yang telah ditetapkan.

                    Juga dalam bahasa Arab terdapat beberapa komponen bahasa yang pertama kali dihadapi pembelajar pemula. Sebagai contoh kesulitan yang ditemui dalam bahasa Arab adalah terdapat pengucapan mad, syiddah, alif lam syamsiyyah, dan alif lam qomariyah. Juga terdapat kemiripan bunyi-bunyi yang makhraj-nya berdekatan, adanya bunyi tanwin, dan masih banyak laginya yang sangat berlainan jauh dari bahasa Ibu (Indonesia/daerah).

                    Bersyukurnya di Indonesia sedikit terbantu dengan adanya motivasi mempelajari bahasa Arab untuk mempelajari agama Islam, terkhusus membaca dan mempelajari al-Qur’an dan al-Hadits. Karena aspek-aspek makhraj dan lainnya sudah paling dasar dipelajari dalam ilmu tajwid sebagai langkah awal untuk membaca al-Qur’an. Itupun permasalahannya masih belum selesai, karena diketemukan ada perbedaan kesulitan pengucapan makhraj di setiap daerahnya.

                    Sudah menjadi tugas para pengajar bahasa Arab untuk mengetahui, mengidentifikasi, dan mengkategorikan beberapa bunyi yang didapati dapat menyulitkan pembelajar pemula. Sebagaimana yang ditulis oleh Syaiful Mustofa dalam karyanya Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, beberapa contoh kesalahan bunyi bahasa Arab/fonem, diantaranya kata qolbu yang salah ucap menjadi kalbu, kata ‘imâroh yang salah ucap menjadi imâroh, atau juga kata nadzoro yang menggunakan huruf “dzo” menjadi nadzaro, dan masih banyak lagi kesalahan-keselahan kecil lainnya.

                    Dari semua kesulitan yang acapkali dihadapi oleh pembelajar bahasa Arab pemula tentu akan menambah pekerjaan rumah tersendiri bagi pengajar bahasa Arab. Adapun sebagai langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengajar sebelum mengajarkan bunyi adalah mengetahui dengan persis bunyi-bunyi yang dapat menyulitkan pembelajar peserta didik. Baik berdasarkan bacaan atau pengalaman dan penelaahan guru sendiri. Kemudian mencoba membandingkannya dengan sistem tata bunyi bahasa Ibu (indonesia/daerah). Cara ini biasa disebut dengan studi antar bahasa atau “studi kontrastif” atau “analisis kontrastif”.

                    M. Riza Pahlefi

                    M. Riza Pahlefi

                    Dosen UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan Tim Redaksi Lughotuna.id

                    See author's posts

                    Tags: #BahasaArab#fonem#fonetik#fonologi#linguistik#makharijulhuruf
                    Share227Tweet142Share57
                    M. Riza Pahlefi

                    M. Riza Pahlefi

                    Dosen UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan Tim Redaksi Lughotuna.id

                    Related Posts

                    Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

                    Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

                    by Cecep Jaenudin
                    2 Maret 2021
                    0

                    Sebelum menulis atau lebih tepatnya mengulas kitab al-Imrithy ini dengan tidak cukup panjang, penulis teringat akan guru penulis tatkala di...

                    ILMU PSIKOLINGUISTIK

                    ILMU PSIKOLINGUISTIK

                    by Arief Bahtiar Rifai
                    2 Februari 2021
                    0

                    Psikolinguistik adalah ilmu yang menelaah tentang apa yang diperoleh seseorang, jika mereka melaksanakan proses pemerolehan bahasa (language acquisition); bagaimana mereka...

                    Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

                    Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

                    by Fatih Rizqi
                    15 Januari 2021
                    0

                    Sebagaimana kita ketahui, tujuan utama belajar bahasa Arab adalah menggali dan mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa, baik secara...

                    KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

                    KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

                    by M. Edi Komara
                    10 Januari 2021
                    0

                    Baru-baru ini pemerintah Indonesia mengintruksikan agar diadakan Pembatasan Kegiatan untuk wilayah pulau Jawa dan Bali. Hal tersebut tertuang dalam Instruksi...

                    New

                    • Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy 2 Maret 2021
                    • Islam: Hakikat Belajar 1 Maret 2021
                    • Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi 26 Februari 2021
                    • Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy 23 Februari 2021
                    • Khodijah R.A Ummul Mukminin 22 Februari 2021
                    • Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan 22 Februari 2021
                    • RESENSI BUKU PARENTING KOMA 19 Februari 2021
                    • Teman Yang Baik 19 Februari 2021
                    • Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui 17 Februari 2021
                    • Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan 16 Februari 2021

                    Artikel Banyak Dibaca

                    • Hubungan Bahasa Dengan Otak 1k views
                    • Telah Berpulang ke Rahmatullah, Kyai Rodli 646 views
                    • Jangan Keliru Menggunakan Kalimat Inna lillahi wa Inna ilaihi Roji’un 632 views
                    • Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dan Dasar Negara Pasca Reformasi 529 views
                    • Pembelajaran di Era Pandemi dengan Kurikulum Darurat 452 views
                    • Pesan Imam Syafi’i untuk Pemuda 394 views
                    • Pembelajaran di Madrasah Pada Masa New Normal 374 views
                    • Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam 351 views
                    • Kesombongan Menghancurkan Qorun 325 views
                    • Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab 313 views

                    Artikel Umum

                    • Teman Yang Baik
                      Makhluk sosial Manusia sejatinya merupakan makhluk sosial, yang mana tidak akan mampu hidup seorang …
                    • PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI
                      Antopologi dalam studi islam merupakan salah satu upaya memahami agama dengan cara melihat wujud …
                    • Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan
                      Ada hal yang menggelitik ketika sore ini nonton tv bareng istri. Saya melihat berita di running …
                    • Hatta, Sukarno, dan Demokrasi Kita
                      Di sore akhir pekan kemarin, tepatnya di hari Ahad, 10 Januari 2021, saya sebenarnya sedang janjian …
                    • Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19
                      Sebagai orang orang yang kerap mengamati beberapa percikan nalar dalam  dan di luar berita-berita …

                    Video Profil

                    https://www.youtube.com/watch?v=ZJnUECJcV74
                    lughotuna.id

                    Copyright © lughotuna.id

                    • Login
                    • Kirim Artikel
                    • Tentang
                    • Kontak
                    • Tim Redaksi
                    • Pendaftaran
                    • E-Learning Lughotuna

                    Follow Us

                    No Result
                    View All Result
                    • Beranda
                    • Agama
                    • Bahasa
                    • Tarikh
                    • Pendidikan
                    • Sosial
                    • Filsafat
                    • Umum
                    • Resensi
                    • Redaksi

                    Copyright © lughotuna.id

                    Login to your account below

                    Forgotten Password? Sign Up

                    Fill the forms bellow to register

                    All fields are required. Log In

                    Retrieve your password

                    Please enter your username or email address to reset your password.

                    Log In
                    Kirim Pesan
                    Powered by Join.chat
                    Hallo semua yuk nulis artikel dan publis di website kami lughotuna.id, Jika mau bertanya silahkan klik kirim pesan.