Hiwār Ma’a al-Jiwār (Jilid 1) Lancar Berbicara Bersama Teman

Bahan ajar memegang peranan penting dalam pembelajaran bahasa, tak terkecuali bahasa Arab. Bahan ajar ibarat ‘asupan nutrisi’ yang diberikan kepada manusia yang sangat menentukan kualitas pertumbuhannya, pun demikian dengan bahan ajar. Bahan ajar yang berkualitas dan tepat, akan mengantarkan pembelajar bahasa kepada kemahiran berbahasa yang dipelajarinya dalam tempo yang singkat. Sebaliknya bahan ajar yang tidak tepat, akan menyebabkan pembelajar bahasa ‘jalan di tempat’ dan tidak akan menggapai kemajuan yang berarti.

Sayangnya, realita di lapangan memperlihatkan bahwa pembelajaran bahasa Arab terkesan jalan di tempat dan terasa monoton. Pebelajar yang telah mengikuti kursus bahasa Arab selama bertahun-tahun tidak tampak mengalami kemajuan yang berarti. Berbeda dengan pembelajaran bahasa Arab di luar negeri, pebelajar yang telah mengambil kursus bahasa Arab selama 2 tahun saja sudah terlihat mampu menggunakan bahasa Arab untuk bercakap-cakap. Sepertinya letak kesalahan ada di bahan ajar kita yang kebanyakan hanya berkutat pada persoalan gramatika saja, dan bukan menitikberatkan kepada pengenalan ta’bīr kepada pebelajarnya.

Buku yang ditulis ini lahir sebagai upaya untuk melakukan pembaharuan di bidang pengajaran bahasa Arab. Buku al-Hiwār Ma’a al-Jiwār menyuguhkan teks-teks kontemporer dengan nuansa kearifan lokal agar pembelajaran bahasa Arab di Indonesia lebih variatif dan menarik bagi pebelajarnya. Buku ini sangat saya rekomendasikan bagi semua lembaga pendidikan bahasa Arab, agar skill berbahasa pebelajar lebih terasah dan mampu menggunakan bahasa sebagaimana mestinya, yaitu sebagai media komunikasi dengan orang lain (al-Hiwār Ma’a al-Jiwār).

Harga: Rp. 90.000

Cetakan Perdana : Maret 2023

Ukuran : 18,2 cm x 25,7 cm

Jumlah Halaman: ix + 121 hlm

Related posts