Keberagaman Indonesia

Keberagaman Indonesia merupakan sebuah kondisi masyarakat yang didalamnya terdapat bebagai ragam bidang. Negara Indonesia juga merupakan negara multikultural yang didalamnya banyak terdapat berbagai keragaman budaya dan adat istiadat, dengan keberagaman tersebut Indonesia menjadi negara yang kaya akan budayanya. Lambang negara Indonesia yakni burung Garuda yang didalamnya terdapat Pancasila dan semboyan bangsa indonesia yaitu Bhineka tunggal ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Oleh karena itu kita sebagai warga Indonesia harus bisa membangun rasa toleransi agar saling menjaga keutuhan Indonesia. Untuk menjaga keutuhan Indonesia kita hanya perlu menjaga kelestarian dan mengakuinya bahwa itulah milik Indonesia.  Contoh toleransi itu sendiri seperti kita harus bisa menghargai pendapat orang lain, tidak memilah milih teman agar terjalinnya kebersamaan untuk mencapai tujuan.

Namun dengan adanya kebergaman Indonesia ini terdapat dampak positif dan negatifnya. Dampak positifnya yaitu kita akan mendapatkan berbagai manfaat bagi perkembangan dan kemajuan untuk mengharumkan nama Indonesia. Sedangkan dampak negatifnya yaitu timbulnya perpecahan yang di akibatkan dari perbedaan ragam yang di genggam tiap-tiap individu maupun kelompok.

Bahkan beberapa kelompok tertentu sering mengganggap bahwa budaya dan suku merekalah yang paling bagus diantara suku dan budaya lainnya, hal itu yang dapat menimbulkan perpecahan antar suku bangsa di Indonesia. Seperti kasus yang kita ketahui  sebelumnya ada sekelompok orang yang merendahkan suatu suku dengan menghina warna kulit, cara mereka berbahasa ,dan juga ras. Akibatnya hal itu menimbulkan sebuah konflik antar suku, mereka saling mencaci maki, dan hilangnya rasa persatuan  serta sikap cinta tanah air.

Sejahterahnya suatu bangsa bukan di lihat dari seberapa banyaknya harta dan kekayaan negara, namun di lihat dari bagaimana setiap warga negara memimpin kerukunan antar sesama.

Apa saja sih bentuk-bentuk keberagaman Indonesia ? untuk lebih tahu lagi mari kita bahas beberapa bentuk keberagaman Indonesia, antara lain :

1.Keberagaman Agama

Ada 6 agama yang diakui negara Indonesia yaitu Islam, Kristen, Budha, Hindu, Katolik, Konghucu. Di Indonesia dibebaskan untuk menganut agama sesuai keyakinan masing-masing. Indonesia sendiri mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Setiap agama memiliki pedoman kitab suci yang dipegang, seperti agama Islam memegang kitab suci Al-Qur’an sering kali kita mendengar di masji-masjid melantunkan kitab suci ini. Allah sudah menjamin bagi yang membacanya bahwasannya manusia tidak dapat merubah isi Al-Qur’an tetapi Al-Qur’an bisa merubah kehidupan manusia. Sedangkan umat Kristen mereka melakukan ibadah di gereja setiap hari Minggu tetapi ada juga yang berpendapat bahwa mereka melakukan ibadah pada hari sabat yaitu hari Sabtu, kitab sucinya adalah kitab Injil. Begitu pula dengan agama Budha yang melakukan ibadah di pura dan kitabnya bernama Tripitakan. Penduduk Bali mayoritas menganut agama Hindu. Kitab suci agama ini adalah Veda/Weda. Kemudian ada Katolik, kitab sucinya yaitu Alkitab dan umat Katolik melakukan ibadah di gereja. Dan yang terakhir ada Konghucu. Agama ini muncul karena adanya keadaan yang menyebabkan lahirnya agama ini. Tempat ibadah agama ini yaitu klenteng dan kitab sucinya yaitu Shishu Wujing.

  1. Keberagaman Suku

Indonesia adalah negara kepulauan, oleh karena banyak sekali suku di Indonesia. Setiap suku memiliki karakternya masing-masing baik dari aspek sosial maupun budaya. Suku yang diakui Indonesia ada lebih dari 300 kelompok suku, atau lebih tepatnya ada 1.340 suku bangsa.

Suku Jawa adalah suku terbesar di Indonesia dengan populasi 87,2 juta penduduk yang terletak di pulau Jawa bagian tengah hingga timur. Suku terbesar kedua diraih oleh suku Sunda hingga mencapai 36,7 juta penduduk yang berada di pulau Jawa bagian barat. Kemudian di posisi ketiga ada suku Batak yang mencapai 8,5 jiwa, suku ini berasal dari pulau Sumatra bagian utara.Yang keempat ada suku Sulawesi dan yang terakhir ada suku Kalimantan.

  1. Keberagaman Ras

Ras merupakan pengelompokkan manusia berdasarkan ciri-ciri fisik tertentu. Ada 4 ras yang tersebar di dunia, dan Indonesia sendiri merupakan salah satu golongan ras mongoloid. Ras ini mempunyai ciri-ciri rambut yang hitam lurus dan mata sipit. Ras ini mempunyai tinggi badan yang lebih kecil dari ras Kaukasoid. Ras mongoloid ini terdapat dua golongan yaitu pertama ada Proto Melayu (Melayu Tua) yang terdiri dari suku batak, toraja, dan Dayak. Yang kedua ada Deutro Melayu (Melayu Muda) terdiri suku Bugis, Madura, Jawa, dan Bali.

  1. keberagaman Antar Golongan

Dengan adanya keberagaman antar golongan ini harus menjadi pendorong terciptanya tujuan persatuan dan kesatuan, bukan berarti adanya antar golongan ini menjadi pemicu terbelahnya persatuan hal ini tidak boleh terjadi, karena Indonesia masih tetap dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Keberagaman ini juga terdapat 2 golongan yaitu, secara horizontal dan vertikal. Horizontal artinya perbedaan antara lapisan kalangan atas dan lapisan kalangan bawah. Sedangakn vertikal yaitu dilihat dari keragaman suku, agama, dan sifat-sifat kedaerahan.

 

Related posts