Kemampuan Pemilihan Karir Siswa

Pemilihan karir merupakan hal yang penting dalam perkembangan karier siswa terutama dalam pengambilan keputusan karir untuk masa depannya kelak. Kecakapan dalam mengambil keputusan merupakan tujuan utama dari pemilihan karir yang harus ditempuh oleh setiap siswa. Pada umumnya, para siswa tersebut belum dapat mandiri sehingga masih memerlukan bantuan dari orang lain untuk menuju kemandirian, termasuk kemampuan dalam perencanaan karier. Sehubungan dengan hal itu, para siswa memerlukan bimbingan dalam hal karier untuk menyiapkan perencanaan karier yang matang. Siswa yang berada pada sekolah kejuruan lebih mudah dalam menentukan karir, misalnya akan memilih bekerja dahulu baru melanjutkan studi atau bisa juga menjalani keduanya bekerja sambil melanjutkan studi. Karena di SMK siswa sudah memiliki jurusan yang ditekuni mulai dari kelas X dan lebih banyak praktek untuk mengasah kemampuannya, berbeda dengan SMA yang lebih banyak teori.

Namun hal tersebut tidak sesuai dengan kenyataan, dilihat dari banyaknya data pengangguran yang peneliti dapatkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang ditulis oleh Budiawati (diunduh pada tanggal 28 April 2017) menyatakan bahwa angka tingkat pengangguran terbuka
pada Februari 2016 sebesar 5,5%. Angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi berasal dari lulusan SMK yang mencapai 9,84%, untuk lulusan diploma I-III sebesar 7,22% dan lulusan SMA menjadi penyumbang pengangguran terbesar ketiga dengan angka 6,95%.

Read More

Seperti yang telah disampaikan Kasubdit Statistika Ketenagakerjaan BPS Wachyu Winarsih diberita online m.liputan6.com ditulis oleh Ariyanti (diunduh pada tanggal 23 Agustus 2017) mengungkapkan tingkat pengangguran di jenjang SMK naik karena lulusan SMK di dorong untuk menjadi seorang wirausaha. Namun pada kenyataannya, banyak alumni sekolah kejuruan ini belum siap mengimplementasikan ilmunya sebagai entrepreneur dan memilih untuk bekerja di perusahaan, sementara lapangan kerja yang menyerap mereka terbatas.
Untuk menentukan pilihan karir yang tepat diperlukan pertimbangan yang matang dalam aspek kemampuan seperti bakat, minat, akademik, dana, waktu, izin orang tua, pilihan jurusan, dan paham mengenai hambatan-hambatan yang akan muncul. Beberapa pertimbangan tersebut diharapkan bisa membantu siswa dalam menentukan arah pilihan karirnya agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.

Judul : Kemampuan Pemilihan Karir Siswa

Penulis : Arum Mustika Meyrina Putri, S.Pd.

Hlm : 51

ISBN : On Proses

Harga : 60.000

Related posts