Kenormalan Baru Semangat Baru

Awalnya ragu-ragu untuk ikut webinar karena belum menguasai ICT. Alhamdulilah ada putri sulung yang saat ini kuliah di IPB (Institut Pertanian Bogor) sedang kuliah daring. Saya langsung tanyakan padanya bagaimana caranya ikut webinar dengan sistem daring itu.  Dia langsung spontan mengatakan kepada saya untuk ikut, selama masih ada kesempatan, di samping mendapat ilmu juga bisa mendapat sertifikat. Artinya  walaupun dalam masa pandemi tetap dapat mengembangkan dan meningkatkan kompetensi katanya sambil menyatakan kesiapan untuk membantu ibunya me-webinar. Kata-katanya itu membangkitkan semangat bagi saya untuk mencoba mengikuti webinar.

Menjadi Peserta Webinar

Read More

Waktu rasanya berjalan begitu cepat bagi saya. Tidak terasa hari ini  (Sabtu, 4 Juli 2020) adalah hari di mana webinar yang saya ikuti akan dihelat. Lagi-lagi si putri sulung mengingatkan, mulai dari jelang dan saat sudah mulai dimulai. Bergegaslah saya untuk bergabung walaupun sambil memasa. Saya pegang panci, menyalakan kompor yang bahan masaknya sudah siap dimasukkan. Spontan lekas mengambil gadget, langsung pasang hadset. Para pembicara mulai menyampaikan materi-materinya tentang peningkatan kinerja dan kinerja guru di masa pandemi. kadang sesekali saya barengi dengan  mengaduk sayur sop. Bahkan tidak terasa sambal terasi selesai dalam waktu lima menit. Sambil menyiapkan makanan untuk anak-anak, sambil mengikuti terus acara webinar. Sesekali mencatat ilmu-ilmu yang disampaikan nara sumber yang belum saya peroleh selama ini.

Dari semua materi yang dapat saya tangkap, saya bersyukur bahwa begitu penting penyegaran setelah sekian lama (dalam masa pandemi). Penerapan ragam model pembelajaran  sangat penting, karena sangat membantu proses KBM. Intinya sebagai guru yang profesional hendaknya selalu meningkatkan kompetensi dengan segala konsekuensinya. Kita perlu memaknai profesi guru sekali lagi bahwa mengajar itu merupakan panggilan hati. Dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, dan sebagai ibu benar-benar merasakan sebagai guru dalam pendidikan  baik itu formal, informal dan nonformal dengan bantuan Android.

 

Related posts