Kerajinan dari Stik Eskrim Memiliki Daya Jual

Universitas Pamulang melaksanakan pengabdian Masyarakat dengan melibatkan 16 mahasiswa dari Fakultas Akuntansi yang telah terlaksana di Rumah Baca Bunda Anna Noor, mengambil  tema  “Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas yang Dapat Mengurangi Limbah Sampah“  . Kegiatan tersebut didampingi oleh Ibu Tati Rosyati,S.E.,M.Ak selaku dosen pembimbing PKM. Pada hari Senin tanggal 3 April 2023.

Kelompok PKM menggunakan judul “Memanfaatkan stik es krim dalam pembuatan kerajinan dengan nilai jual”. Sasaran  dalam kegiatan tersebut adalah anak-anak SD dan SMP supaya bisa memanfaatkan barang-barang bekas dengan tepat dan menghasilkan nilai jual.

Program ini juga sebagai sosialisasi supaya masyarakat dilingkugnan sekitar bisa lebih memanfaatkan  pengelolaan barang bekas menjadi lebih berguna dan bisa meningkatkan perekonomian para pedagang.

Kegiatan PKM ini juga mengasah keterampilan SDM yang ada untuk memiliki kreasi masing-masing dan mendapatkan nilai jual lebih untuk dipasarkan, tentu saja ini akan mengangkat dan mengharumkan daerah tersebut dengan kreativitas yang tinggi bahkan menghasilan bagi para penduduk sekitar dimana ini juga akan menjadi ciri khas dari suatu daerah yang ada di Indonesia.

TujuanPKM ini meningkatkan kreativitas anak-anak dalam pengolahan barang bekas dan  agar dapat mengurangi jumlah sampah yang ada khususnya dilingkungan sekirat dan umumnya di Indonesia. Dengan barang bekas banyak sekali yang dapat dijadikan dan memiliki nilai jual. Apabila anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah SD dapat membuat satu kerajinan, mereka akan mendapatkan uang jajan dari  hasil yang mereka buat.

Kegiatan mahasiswa tersebut juga sebagai kegiatan dalam oendekatan kepada anak-anak supaya mudah mengajarkan daur ualng barang yang tidak digunakan menjadi barang yang bermanfaat dan menhasilkan nilai jual. PKM yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Pamulang tersebut terbagi menjadi 4 kelompok, dan disetiap kelompok memiliki kreativitas sendiri dan tentunya memiliki bahan dasar yang berbeda untuk dijadikan kerajinan. Barang yang digunakan sangat beragam seperti botol plastik, stik eskrim, kaleng kardus dan banyak lainnya.

Peserta kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan Rumah Baca Anna Noor mereka sangat antusias dalam mengikuti acara demi acara sampai akhir meskipun dalam keadaan puasa bulan Ramadhan 1444 H. Peserta yang terlibatpun sangat banyak sehingga setiap kelompok memiliki karya yang dibuat oleh anak-anak SD dan SMP yang mengikuti acara tersebut.

 

Related posts