Konsep Dasar Perilaku Organisasi

Konsep Dasar Perilaku Organisasi
Konsep Dasar Perilaku Organisasi

Konsep Dasar

Konsep dasar perilaku organisasi akan membantu setiap orang untuk saling memahami.

Konsep Dasar Perilaku Organisasi

Perilaku Organisasi adalah kegiatan yang berkaitan dengan bagaimana orang bertindak dan bereaksi dalam semua jenis organisasi. Davis dan Newstrom mengemukakan Perilaku organisasi adalah studi yang mempelajari bagaimana manusia berperilaku dan bertindak dalam organisasi.

Richard L Daft membedakan perilaku organisasi dan teori organisasi.

Teori organisasi adalah bidang studi yang membahas organisasi secara makro, manusia hanya dibahas secara agregat (menyeluruh)

Perilaku organisasi adalah bidang studi yang membahas organisasi secara mikro. Pada pembahasannya menempatkan manusia di posisi sentral, manusia dijadikan tumpuan untuk memahasi organisai secara keseluruhan.

Menurut pakar

Greenberg dan Baron (2008)

Perilaku organisasi adalah bidang yang mencari peningkatan pengetahuan tentang semua aspek perilku dalam pengaturan organisasi melalui penggunaan metode ilmiah.

Luthans (2011)

Perilaku organisasi dapat didefinisikan sebagai pemahaman, prediksi, dan pengelolaan perilaku manusiia dalam organisasi

Robbins dan Judge (2013)

Perilaku organisasi adalah bidang studi menyelidiki dampak yang dimiliki individu, kelompok dan struktur terhadap perilaku di dalam organisasi, dengan tujuan menerapkan pengetahuan tersebut untuk meningkatkan efektivitas organisasi

Karakteristik penting dari Perilaku Organisasi

  1. Perilaku organisasi merupakan suatu bidang studi yang menyelidiki perilaku manusia dalam kerjasama organisasi yang didasarkan pada metode ilmiah (scientific method)
  2. Penyelidikan perilaku manusia dalam kerjasama organisasi dapat dilakukan dengan pendekatan multi disiplin, maksudnya mengacu atau mendasarkan pada teori, metode dan prinsip berbagai ilmu perilaku (behaviora sciences) dan ilmu sosial (social science)
  3. Pengetahuan perilaku organisasi dapat digunakan untuk memahami, memprediksi, dan mengelola perilaku manusia dalam kerjasama organisasi guna meningkatkan efektivitas organisasi dan kesejahteraan individu
  4. Perilaku manusia dalam kerjasama organisasi merupakan dampak dari proses individual, proses kelompok, proses organisasional dan juga lingkungan eksternalnya
  5. Memahami perilaku manusia dalam kerjasama organisasi perlu menentukan dengan jelas tingkatan analisis dimana perilaku manusia itu beroperasi, apakah individu, kelompok atau organisasi

Pentingnya Ilmu Perilaku Organisasi

  1. Practical Application Manfaat perilaku organasasi berkenaan dengan pengembangan gaya kepemimpinan, pemilihan strategi dalam mengatasi persoalan, seleksi pekerjaan yang tepat, peningkatan kinerja dan sebagainya.
  2. Personal Growth Memahami perilaku organisasi dapat lebih memahami orang lain akan memberikan pengetahuan diri dan wawasan diri lebih besar.
  3. Increased Knowledge Perilaku organisasi dapat menggabungkan pengetahuan tentang manusia dalam pekerjaan. Studi perilaku organisasi dapat membantu orang untuk berfikir tentang masalah yang berhubungan dengan pengalaman kerja. Kemampuan berpikir kritis dapat bermanfaat dalam menganalisis baik masalah pekerjaan maupun personal.

 

Belajar Asyik Bahasa Arab Klik Disini

Related posts