Kontingen Jawa Tengah Berjaya di Olimpiade Bahasa Arab ke-6 Tingkat Nasional

 

Jakarta, 5 November 2023 – Gelaran Olimpiade Bahasa Arab ke-6 tingkat nasional yang berlangsung dari tanggal 3-5 November 2023 telah menutup rangkaian acaranya dengan serangkaian pencapaian membanggakan dari kontingen Jawa Tengah. Berbagai sekolah ternama seperti MTs PP Darul Qurro Cilacap, MTsN 1 Kebumen, MAN 2 Pati, MA Al Huda Al Ulya Purwodadi, SMP Islam Andalusia Kebasen, SMA Islam Andalusia Kebasen, SMA N 4 PEKALONGAN, serta MI Ma’arif NU Banteran – Sumbang – BMS, telah mengirimkan delegasi terbaiknya untuk berkompetisi dalam ajang yang bergengsi ini.

Dengan rasa bangga, kontingen yang terdiri dari pelajar-pelajar terpilih ini dikomandani oleh Ketua Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab Jawa Tengah, Bapak Arief Bahtiar Rifai, M.Pd., C.IET. Kehadiran beliau tidak hanya sebagai pembimbing, namun juga sebagai inspirasi bagi para santri yang berlomba untuk menunjukkan kemahiran mereka dalam Bahasa Arab, beliau juga masih aktif dan owner dari lughotuna.id.

Selama tiga hari penuh tantangan dan asah keilmuan, para peserta dari Jawa Tengah menunjukkan ketajaman analisis, kemampuan berbahasa, dan pemahaman budaya Arab yang mendalam. Berbagai sesi, mulai dari lisan, tulis, sampai pemahaman teks, menjadi medan bagi para santri untuk menguji kompetensi mereka.

Kinerja gemilang kontingen Jawa Tengah tak lepas dari persiapan matang yang telah dilakukan selama berbulan-bulan sebelumnya. Berbagai pelatihan dan simulasi kompetisi dilaksanakan guna mematangkan strategi dan meningkatkan kepercayaan diri para santri. Hal ini terbukti dari serangkaian penghargaan yang berhasil diraih oleh para peserta.

Keberhasilan ini bukan hanya milik para santri yang unggul, tetapi juga merupakan hasil kerja keras dari seluruh elemen yang terlibat, termasuk guru, pelatih, dan tentu saja dukungan dari orang tua. Kegembiraan dan kebanggaan terpancar dari wajah para peserta dan pembimbing saat pengumuman pemenang di akhir acara.

Prestasi yang diperoleh pada Olimpiade Bahasa Arab kali ini diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan minat serta kecintaan terhadap Bahasa Arab di kalangan pelajar di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Kontingen Jawa Tengah berharap ke depannya dapat terus menerus meningkatkan standar dan menginspirasi generasi penerus bangsa dalam menguasai bahasa yang memiliki nilai strategis dalam literatur dan diplomasi internasional.

Related posts