Manfaat Saffron

sahijab.com

Saffron adalah tumbuhan rempah dari bunga Crocus Sativus yang mempunyai tiga kepala putik yang ada distal terhadap daun dan buah. Saffron  berasal dari Yunani, dan juga dapat ditemukan di beberapa negara seperti Belanda, Amerika, Spanyol, Maroko. Rempah-rempah ini  baik bagi kesehatan dan kecantikan. Tidak heran saffron banyak digunakan untuk produk-produk kosmetik yang banyak disukai.

Air saffron diminum untuk kesehatan, karena salah satu fungsi saffron ialah untuk menyembuhkan atau mencegah penyakit seperti pembuluh darah tersumbat, stroke dan juga dapat menurunkan penyakit serangan jantung.

Saffron mempunyai jenis terbaik, yaitu Saffron Kashmir. Dinamakan Kashmir karena hanya bisa tumbuh diatas tanah Kashmir, India. Bentuknya hampir sama yang membedakan warnanya. Warna Saffron Kashmir lebih kering dan agak merah tua serta baunya sangat sangat tajam.

Saffron memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan di dalam saffron, yakni krosin dan krositen yang memberikan warna merah dan antioksidan safranal, yang memberikan rasa dan aroma yang khas. Kaempferol yang juga dalam kelopak bunga saffron dapat pula mengurangi peradangan dalam tubuh. Saffron dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena  saffron mampu menurunkan kolesterol dalam darah dan mencegah pembuluh darah yang tersumbat serta mencegah resiko diabetes.

Mengonsumsi 30mg saffron setiap hari sama efektifnya dengan mengonsumsi imipramine, citalopram, pengobatan konvensional untuk depresi. Selain itu saffron juga dapat mengurangi rasa sakit saat PMS hanya Karena mencium bau saffron selama 20 menit membantu mengurangi rasa sakit pada saat PMS, dan menurunkan kadar hormon stress kortisol. Dan dapat melawan kanker karena telah terbukti membunuh sel kanker usus besar secara efektif atau menekan pertumbuhannya. Berlaku juga untuk kulit, prostat, sum-sum tulang, leher rahim dan beberapa sel kanker lainnya.

 

Selain bisa di konsumsi dalam kapsul, bunga saffron juga dapat di konsumsi dengan cara di seduh. Secara keseluruhan, konsumsi bunga ini aman tanpa efek samping selama dosisnya tidak berlebihan. Banyak yang sudah mencoba bunga saffron ini di pakai untuk menyembuhkan permasalahan lambung. Membantu meredakan dan menghilangkan rasa sakit akibat penyakit lambung. Saffron baik dan juga aman dikonsumsi untuk anak remaja, bahkan anak-anak, hingga wanita hamil asalkan dengan dosis yang tepat. Karena jika ingin mengonsumsi rempah ini, penting untuk mengatahui dosisnya agar tidak mengonsumsi secara berlebihan. Sekitar 100.000 bunga saffron di perlukan untuk mengumpulkan 1kg rempah-rempah saffron, sehingga tidak heran jika saffron merupakan salah satu renpah termahal untuk di produksi.

 

Manfaat saffron lainnya yakni dapat menurunkan berat badan. Karena saffron bisa menekan nafsu makan, sehingga membuat siapa saja yang mengonsumsi nya dapat menurunkan berat badan dengan cepat namun tetap aman. Dan tidak hanya berat badan yang turun tetapi lingkar perut dan lemak juga bisa berkurang jika rutin mengonsumsi nya, dan bisa mengurangi lemak di dalam darah.

 

Selain bisa untuk kesehatan bunga saffron juga bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan pada orang dewasa. Dengan mengonsumsi saffron maka pengurangan daya penglihatan bisa di minimalisir karena memiliki kemampuan untuk menangkal radial bebas yang menyebabkan penglihatan berkurang.

 

Jika kita kesulitan tidur, mengonsumsi saffron, sangatlah membantu. Mengonsumsi saffron dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa yang telah berujung untuk mendapatkan istirahat malam yang layak.

Manfaat bunga saffron bagi  wajah yang paling terkenal ialah  mengurangi iritasi kulit karena kandungan antioksidan berupa crocetin, crocin, dan kaempferol pada saffron  bermanfaat sebagai zat anti randang. Zat anti radang dapat membantu mengurangi ruam, iritasi, serta pembekalan pada kulit. Membuat kulit menjadi lembab.  Banyak orang yang mencari produk perawatan kulit yang dapat melembabkan kulit wajah. Namun produk-produk yang terkadang beredar di pasaran dapat memberikan efek samping yang kurang baik jika digunakan terus menerus.

Saat ini banyak sekali yang bisa di gunakan untuk melembabkan kulit, salah satunya yaitu rempah-rempah saffron. Bunga saffron memiliki kemampuan untuk meratakan tekstur kulit dan memberikan kelembaban pada kulit wajah secara alami. Dan biasanya saffron digunakan pada produk toner ataupun face mist.

Bunga saffron  dikenal khasiatnya untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Dengan merendam beberapa helai saffron ke dalam susu lalu oleskan pada wajah serta leher dan didiamkan beberapa menit. Dan salah satu manfaat saffron untuk wajah yaitu bisa menghilangkan jerawat. Antibakteri dan anti inflamasi dalam bunga saffron cocok di gunakan untuk tipe kulit yang mudah berjerawat

Related posts