Motif Belajar Bahasa Arab

Sumber Foto: www.pinterest.com

Pembelajar bahasa pastinya memiliki motif tertentu kenapa ia belajar bahasa asing, begitu juga jika seseorang belajar bahasa Arab tentunya tidak terlepas dari motif agama, budaya, politik, pendidikan, bisnis dan sebagainya. Bisa dipastikan jika seseorang fokus menekuni bahasa Arab pasti banyak benefit yang akan diperoleh.

Bahasa Arab tidak hanya identik dengan bahasa agama tertentu. Namun bahasa Arab bersifat plural yang digunakan oleh berbagai ras, suku, agama, budaya, ritual dan dalam lini kehidupan lainnya. Makanya tidak mengherankan jika beberapa negara di dunia mendirikan akademi bahasa Arab baik formal maupun non formal.

Read More

Berikut 10 alasan kenapa seseorang harus mencoba belajar bahasa arab versi laman https://alifarabic.com/:

  1. Bahasa Arab merupakan bahasa ke-6 yang paling banyak digunakan di dunia, penuturnya sekitar 260 juta. Wow, bayangkan jika mempelajari bahasa Arab ini kemampuan bahasa asingmu akan bertambah. Tidak mengherankan sejak tanggal 18 desember tahun 1973 PBB mensahkan bahasa Arab sebagai salah satu bahasa resmi internasional.
  2. Bahasa Inggris memiliki kata pinjaman yang berasal dari bahasa Arab. Misalnya: Sugar dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Arab Sukkar, Guitar berasal dari kata Qītsarah, Algebra berasal dari kata Al-jabar, Giraffe berasal dari kata Zirāfah, Magazine berasal dari kata Majallah, Tangerine berasal dari Utrujah dan masih banyak kosa kata yang lain. Secara tidak langsung hal ini akan menambah kepasitasmu dalam analisis rumpun kata.
  3. Pertumbuhan agama dan ekonomi global sangat melaju cepat di kawasan Timur Tengah. Memiliki kemampuan berbicara bahasa Arab akan membuka peluang karir
  4. Bahasa Arab memiliki rumpun berbagai bahasa; di antaranya Turki, Persia, dan Ibrani yang mana bahasa ini memiliki kesamaan dalam sisi linguistik. Mempelajari bahasa Arab, akan membantumu memahami bahasa lain yang memiliki kesamaan dalam hal linguistik.
  5. Pemerintah Amerika Serikat memosisikan bahasa Arab sebagai bahasa yang penting dan strategis. Permintaan penutur bahasa Arab di sana sangat banyak, namun persediaannya terbatas.
  6. Negara Arab yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi misalnya; Maroko, Suriah, dan Uni Emirat Arab merupakan negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena di sana terkenal dengan jejak historis dan warisan budaya yang masih terjaga.
  7. Bahasa Arab dan budaya memiliki kontribusi besar dalam peradaban modern, seperti kemajuan dalam ilmu matematika dan ilmu filsafat.
  8. Mempelajari bahasa Arab akan membantu memahami al-quran, yang mana kesempatanmu dalam mengikuti dioalog lintas agama dan budaya akan terbuka lebar.
  9. Negara-negara Arab yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resminya memiliki warisan kebudayaan yang melimpah dan pastinya hal tersebut akan berpengaruh pada bidang kesenian; misalnya musik, literatur, dan kuliner khas Timur Tengah.
  10. Mempelajari bahasa Arab, akan memberimu tantangan dalam memahami ilmu fonologi, teks, dan kajian naskah kuno.

Setelah menyimak  fakta-fakta di atas apakah kamu tertarik untuk belajar bahasa Arab?. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengikuti kursus di akademi belajar bahasa Arab yang terpercaya,  atau kamu bisa juga belajar mandiri dari berbagai media sosial yang menyediakan segala informasi dan kebutuhan belajar bahasa Arab cukup dengan berbekal kuota dan didukung sinyal ekstra. Mudah bukan? Selamat mencoba!

 

Related posts

2 comments

  1. Alhamdulillah jadi lebih semangat dalam belajar bahasa arab setelah membaca ini

Comments are closed.