• Latest
  • Trending
  • All
Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

22 Januari 2021
Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

2 Maret 2021
Islam: Hakikat Belajar

Islam: Hakikat Belajar

1 Maret 2021
Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

26 Februari 2021
Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

23 Februari 2021
Khodijah R.A Ummul Mukminin

Khodijah R.A Ummul Mukminin

27 Februari 2021
Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

22 Februari 2021
RESENSI BUKU PARENTING KOMA

RESENSI BUKU PARENTING KOMA

19 Februari 2021
https://www.kompasiana.com/tarulimansuretno/58159dfb589773bc1194e31f/berteman-itu-seperti-minum-kopi?page=all

Teman Yang Baik

19 Februari 2021
Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

17 Februari 2021
Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

6 Februari 2021
Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

15 Februari 2021
BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

14 Februari 2021
  • Login
  • Kirim Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Tim Redaksi
  • Pendaftaran
    • Webinar 1
    • Webinar 2
    • Webinar 3
    • Webinar 4
    • Webinar 5
    • Webinar 6
    • Webinar 7
    • Webinar 8
    • Workshop
  • E-Learning Lughotuna
Selasa, Maret 2, 2021
-18 °c
lughotuna.id
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Agama
    Islam: Hakikat Belajar

    Islam: Hakikat Belajar

    Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

    Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

    Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

    Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

    Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

    Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

    Sholat Dhuha 

    Sholat Dhuha 

    Iman Kepada Malaikat

    Iman Kepada Malaikat

    Tradisi slametan

    PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

    Perjalanan Cinta Rabi’ah Al-Adawiyah

    Perjalanan Cinta Rabi’ah Al-Adawiyah

    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

    Trending Tags

    • Bahasa
      Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

      Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

      ILMU PSIKOLINGUISTIK

      ILMU PSIKOLINGUISTIK

      Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

      Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

      Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

      Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

      KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

      KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

      Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

      Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

      Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab

      Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab

      Politik Nasab dan Politik Kemuliaan dalam Masyarakat Arab

      Politik Nasab dan Politik Kemuliaan dalam Masyarakat Arab

      Belajar Adab dari Ulama Nahwu yang Satu Ini

      Belajar Adab dari Ulama Nahwu yang Satu Ini

      Trending Tags

      • Tarikh
        Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

        Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

        Khodijah R.A Ummul Mukminin

        Khodijah R.A Ummul Mukminin

        Apa itu Valentine Day?

        Apa itu Valentine Day?

        Imam al-Kisai dan Mozaik Pemikiran Filosofis Pendidikannya

        Imam al-Kisai dan Mozaik Pemikiran Filosofis Pendidikannya

        Biografi Imam al-Kisa’i, Begawan Nahwu dari Kufah

        Biografi Imam al-Kisa’i, Begawan Nahwu dari Kufah

        Mengenal Singkat Mathla’ul Anwar (MA)

        Mengenal Singkat Mathla’ul Anwar (MA)

        Ihwal Nahwu dalam Takwin al-Aql al-Arabi karya al-Jabiri

        Ihwal Nahwu dalam Takwin al-Aql al-Arabi karya al-Jabiri

        Ahmad Dahlan Kyai Kafir

        Ahmad Dahlan Kyai Kafir

        Ini Karya-Karya al-Jabiri dan Penulis Indonesia yang Turut Membincangkannya

        Ini Karya-Karya al-Jabiri dan Penulis Indonesia yang Turut Membincangkannya

        Trending Tags

        • Pendidikan
          Islam: Hakikat Belajar

          Islam: Hakikat Belajar

          Guru Intensional

          Guru Intensional

          NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

          NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

          PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

          PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

          Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

          Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

          Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

          Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

          TILAWATI: CEPAT DAN LANCAR BACA AL QUR’AN [PART I]

          Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

          Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

          Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

          Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

          Trending Tags

          • Sosial
            https://www.kompasiana.com/tarulimansuretno/58159dfb589773bc1194e31f/berteman-itu-seperti-minum-kopi?page=all

            Teman Yang Baik

            Tradisi slametan

            PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

            Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

            Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

            Hatta, Sukarno, dan Demokrasi Kita

            Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19

            Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19

            Kegaduhan di Kelas Sejarah

            Kegaduhan di Kelas Sejarah

            OSPEK dan Tradisi yang Belum Berubah

            OSPEK dan Tradisi yang Belum Berubah

            Refleksi Terhadap Peristiwa Penusukan Syaikh Ali Jaber

            Refleksi Terhadap Peristiwa Penusukan Syaikh Ali Jaber

            Puan dan Catatan Selanjutnya tentang Buku Identitas Francis Fukuyama

            Puan dan Catatan Selanjutnya tentang Buku Identitas Francis Fukuyama

            Trending Tags

            • Filsafat
              Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

              Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

              BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

              BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

              PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

              PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

              Immanuel Kant: Filosof Tulen Rasionalisme

              Immanuel Kant: Filosof Tulen Rasionalisme

              Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

              Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

              Plato dan Negara Idealnya

              Plato dan Negara Idealnya

              Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam

              Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam

              Menelusuri Islam Rahmat dalam Nalar Socrates

              Menelusuri Islam Rahmat dalam Nalar Socrates

              Mengulas Nalar Bertuhan ala Socrates

              Mengulas Nalar Bertuhan ala Socrates

              Trending Tags

              • Umum
                Islam: Hakikat Belajar

                Islam: Hakikat Belajar

                RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

                Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

                BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

                BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

                Tradisi slametan

                PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

                NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                Pavlovianisme

                Pavlovianisme

                PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

                Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

                Trending Tags

                • Resensi
                  RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                  RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                  Fonologi Bahasa Arab (Ilmu Al-Ashwat)

                  Fonologi Bahasa Arab (Ilmu Al-Ashwat)

                  Obat Galau Milenial Pecinta Bahasa Arab

                  Obat Galau Milenial Pecinta Bahasa Arab

                  Zharaf, Raga Wadah dari Rahasia – Rahasia Tuhan

                  Zharaf, Raga Wadah dari Rahasia – Rahasia Tuhan

                  Tafsir Mistik Mengapa Mashdar Berada pada Urutan Ketiga dalam Tashrif

                  Tafsir Mistik Mengapa Mashdar Berada pada Urutan Ketiga dalam Tashrif

                  Wajah Sufistik Mashdar

                  Wajah Sufistik Mashdar

                  ‘Athaf dari Perspektif seorang Hamba

                  ‘Athaf dari Perspektif seorang Hamba

                  Rumus Tasawuf dalam Kaidah ‘Athaf

                  Rumus Tasawuf dalam Kaidah ‘Athaf

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi ke-11: Bertemunya Ruh dengan Ruh-Nya

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi ke-11: Bertemunya Ruh dengan Ruh-Nya

                  Trending Tags

                  • Redaksi
                    Call for Submission

                    Call for Submission

                    Kajian Nahwu Sufi

                    Kajian Nahwu Sufi

                    Trending Tags

                    lughotuna.id
                    No Result
                    View All Result
                    Home Pendidikan

                    Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

                    by Mohammad Jaelani Imron
                    22 Januari 2021
                    in Pendidikan
                    0
                    Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah
                    525
                    SHARES
                    1.5k
                    VIEWS
                    Share on FacebookShare on Twitter

                    Nabi bersabda: “menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim”, dari hadis yang agung ini sepertinya kita perlu mencermati kembali terkait pengertian dan makna hadis nabi yang mulia itu karena di zaman ini banyak orang yang kemudian salah kaprah mengenai pemahaman hadis tersebut.

                    Poin pertama yang perlu kita ingat adalah Nabi sama sekali tidak mengatakan “sekolah itu wajib bagi setiap muslim”. Ini menunjukkan bahwa menuntut ilmu itu berbeda dengan sekolah, dan menuntut ilmu bukan hanya dibatasi dengan sekolah.

                    Sekolah Hanya Salah Satu Cara

                    Kita harus paham jika sekolah adalah salah satu cara untuk menuntut ilmu dan bukan satu-satunya cara untuk menuntut ilmu, karena kalau kita pahami bahwa sekolah adalah satu-satunya cara untuk menuntut ilmu maka setelah mereka menamatkan sekolah akan selesai juga aktifitas menuntut ilmunya.

                    Pemahaman inilah yang seharusnya ditanamkan dan diketahui oleh semua murid agar tidak ada kerancuan berpikir mengenai definisi menuntut ilmu dan sekolah. Jangan sampai mereka salah paham bahwa aktifitas menuntut ilmu itu hanya di sekolah sehingga memahami bahwa mereka telah menuntut ilmu karena mereka bersekolah dan ini menyebabkan setelah pulang sekolah, gugurlah kewajiban mereka untuk menuntut ilmu karena sudah bersekolah di pagi harinya.

                    Hal ini terjadi karena sistem Pendidikan sekolah menjadi sistem pendidikan utama, sehingga banyak yang menyangka bahwa Pendidikan itu sama dengan sekolah, padahal keduanya jelas memiliki keumuman dan kekhususan.

                    Pendidikan itu umum sedang sekolah itu khusus, khusus bagi orang yang memiliki uang, khusus bagi yang memenuhi kriteria, khusus bagi yang mengisi formulir serta hal lain terkait administrasi dan sebagainya.

                    BacaJuga

                    Islam: Hakikat Belajar

                    Guru Intensional

                    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                    PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                    Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

                    TILAWATI: CEPAT DAN LANCAR BACA AL QUR’AN [PART I]

                    Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

                    Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

                    Adapun pendidikan, ia adalah hak segala bangsa. Pendidikan tidak mengenal uang, tidak mengenal ras dan golongan, karena Pendidikan itu netral, berhak untuk didapatkan oleh siapapun dan di manapun. Konstruksi berpikir seperti ini jangan disalah artikan bahwa penulis tidak suka dan tidak sependapat dengan sistem Pendidikan sekarang.

                    Tapi yang menjadi poinnya adalah agar tulisan ini mencerahkan, sehingga memberikan pemahaman bahwa sekolah itu berbeda dengan belajar dari sisi yang telah disampaikan.

                    Karena faktanya yang bersekolah pun belum tentu belajar, sebagiannya hanya menjadikan sekolah sebagai rutinitas harian untuk memenuhi syarat ikut ujian dan mendapatkan ijazah.

                    Belajar Tidak Mesti Sekolah

                    Dr. Adian Husaini bahkan menamai pemahaman yang keliru tersebut dengan madzhab baru yang dikenal dengan “sekolahisme”. Mnurut beliau dalam bukunya Pendidikan Islam “sekolahisme” adalah sebuah pemahaman yang menyamakan antara menuntut ilmu dengan bersekolah.

                    Beliau juga menyebutkan bahaya penyakit tersebut, di mana nantinya seseorang yang telah selesai bersekolah atau menjalani kuliah, merasa tidak lagi wajib menuntut ilmu padahal menuntut ilmu itu wajib, dan ilmu yang wajib dicari adalah ilmu yang mampu mendekatkan kita ke surga dan menjauhkan kita dari neraka Allah.

                    Beliau juga menyebutkan bahaya penyakit sekolahisme berikutnya yang menjangkiti para orang tua dimana akan timbul paradigma tentang kewajiban orang tua adalah mencari uang dan mencarikan sekolah untuk anak-anaknya. Ia tidak merasa wajib mendidik atau menanamkan keimanan dan akhlak kepada anak-anaknya, karena itu kewajiban sekolah.

                    Dengan pemahaman seperti itu orang tua lupa bahwa kewajiban utama mendidik anak-anak sejatinya terletak pada pundak-pundak mereka dan sejatinya hadis nabi yang agung tentang kewajiban menuntut ilmu tidak hanya tertuju untuk anak-anak mereka tapi juga kepada pribadi orang tua.

                    Di dalam tafsir Ibnu Katsir bahkan dijelaskan tentang firman Allah SWT.

                    يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا . التحريم: ٦

                    Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari Api neraka”. (QS. Attahrim: 6). Ali bin abi tholib mengatakan tentang tafsir ayat tersebut: didiklah mereka agar beradab dan ajari mereka ilmu.

                    Jangan sampai orang tua mengerahkan seluruh tenaga dan kemampuan intelektualitas mereka untuk mencari makan dan tempat tinggal, tapi tidak mengerahkan tenaga dan kekuatan mereka untuk mencari ilmu dan mengajari anak-anaknya. Karena perintah untuk menjaga diri dan keluarga dari api neraka dengan mendidik dan mengajarkan ilmu kepada mereka ditujukan bagi para orang tua bukan yang lainnya.

                    Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

                    Maka pada momen pandemi ini juga mari kita menyegarkan kembali pemahaman kita bahwa orang tua adalah madrasah pertama dan utama bagi anak-anaknya,

                    Jangan sampai kita salah mengartikan bahwa sekolah dan guru adalah pendidik utama sehingga menimbulkan statement di musim pandemi ini, “orang tua pengganti guru di masa pandemi atau di masa pembelajaran jarak jauh”.

                    Sebab yang benar adalah guru sebagai pengganti orang tua, dan dari kata pengganti tersebut bisa dimaklumi dengan usaha keras mereka dalam mendidik murid-murid yang ratusan bahkan ribuan jumlahnya, seorang guru banyak menemui kekurangan dan kekhilafan.

                    Jadi mari kita jadikan momen pandemi ini sebagai renungan tentang dua hal yang telah di jelaskan di atas. Pertama adalah bahwa kewajiban menuntut ilmu juga tertuju pada diri kita. Kedua bahwa sejatinya kita adalah pendidik utama bagi anak-anak kita.

                    Jadi mencari ilmu itu wajib bagi setaip muslim, dan kewajiban itu harus dilakukan dengan cara yang benar dan dari sumber yang benar, (karena kunci dari kemajuan umat dan bangsa adalah Pendidikan keluarga, jika orang tua mampu menjadi guru yang baik, maka baiklah anak-anaknya), begitu kata Dr. Adian husaini dalam bukunya kiat menjadi guru keluarga.

                    Anak adalah amanah dan potensi kebaikan atau keburukan.

                    Semoga Allah senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat serta kesabaran dalam mendidik anak-anak kita sehingga mampu menjadi anak GAUL dalam definisi yang sebenarnya

                    “Generasi Alim ULama” bukan anak gaul yang hanya memperhatikan tampilan dan tongkrongan semata. Wallahu ta’ala a’lam.

                    Mohammad Jaelani Imron

                    Mohammad Jaelani Imron

                    Pengajar di Pondok Pesantren Islam al-Irsyad Salatiga

                    See author's posts

                    Tags: #belajardarirumahmenuntutilmupjjsabdanabi
                    Share210Tweet131Share53
                    Mohammad Jaelani Imron

                    Mohammad Jaelani Imron

                    Pengajar di Pondok Pesantren Islam al-Irsyad Salatiga

                    Related Posts

                    Islam: Hakikat Belajar

                    Islam: Hakikat Belajar

                    by M. Edi Komara
                    1 Maret 2021
                    0

                    Dalam sejarah agama islam, penyelenggaraan pendidikan diawali oleh Rasulullah SAW dan para Khulafa ar-Rasyidin. Rasulullah saw telah menjadikan mengajar membaca...

                    Guru Intensional

                    Guru Intensional

                    by Arief Bahtiar Rifai
                    7 Februari 2021
                    0

                    Guru Intensional adalah guru yang memiliki keinginan dan niatan yang baik untuk melakukan apapun didasari oleh niatnya, dan mampu memberikan...

                    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                    by M. Edi Komara
                    6 Februari 2021
                    0

                    Hadits bagi umat islam merupakan sesuatu yang penting karena didalamnya terungkap berbagai tradisi yang berkembang pada masa Rasulullah SAW. Tradisi-tradisi...

                    PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                    PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                    by M. Edi Komara
                    6 Februari 2021
                    0

                      Wacana filsafat yang menjadi topik utama pada zaman modern, khususnya abad ke-17, adalah persoalan epistemologi. Pertanyaan pokok dalam bidang...

                    New

                    • Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy 2 Maret 2021
                    • Islam: Hakikat Belajar 1 Maret 2021
                    • Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi 26 Februari 2021
                    • Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy 23 Februari 2021
                    • Khodijah R.A Ummul Mukminin 22 Februari 2021
                    • Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan 22 Februari 2021
                    • RESENSI BUKU PARENTING KOMA 19 Februari 2021
                    • Teman Yang Baik 19 Februari 2021
                    • Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui 17 Februari 2021
                    • Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan 16 Februari 2021

                    Artikel Banyak Dibaca

                    • Hubungan Bahasa Dengan Otak 1k views
                    • Telah Berpulang ke Rahmatullah, Kyai Rodli 646 views
                    • Jangan Keliru Menggunakan Kalimat Inna lillahi wa Inna ilaihi Roji’un 632 views
                    • Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dan Dasar Negara Pasca Reformasi 529 views
                    • Pembelajaran di Era Pandemi dengan Kurikulum Darurat 452 views
                    • Pesan Imam Syafi’i untuk Pemuda 394 views
                    • Pembelajaran di Madrasah Pada Masa New Normal 374 views
                    • Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam 351 views
                    • Kesombongan Menghancurkan Qorun 325 views
                    • Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab 313 views

                    Artikel Umum

                    • Teman Yang Baik
                      Makhluk sosial Manusia sejatinya merupakan makhluk sosial, yang mana tidak akan mampu hidup seorang …
                    • PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI
                      Antopologi dalam studi islam merupakan salah satu upaya memahami agama dengan cara melihat wujud …
                    • Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan
                      Ada hal yang menggelitik ketika sore ini nonton tv bareng istri. Saya melihat berita di running …
                    • Hatta, Sukarno, dan Demokrasi Kita
                      Di sore akhir pekan kemarin, tepatnya di hari Ahad, 10 Januari 2021, saya sebenarnya sedang janjian …
                    • Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19
                      Sebagai orang orang yang kerap mengamati beberapa percikan nalar dalam  dan di luar berita-berita …

                    Video Profil

                    https://www.youtube.com/watch?v=ZJnUECJcV74
                    lughotuna.id

                    Copyright © lughotuna.id

                    • Login
                    • Kirim Artikel
                    • Tentang
                    • Kontak
                    • Tim Redaksi
                    • Pendaftaran
                    • E-Learning Lughotuna

                    Follow Us

                    No Result
                    View All Result
                    • Beranda
                    • Agama
                    • Bahasa
                    • Tarikh
                    • Pendidikan
                    • Sosial
                    • Filsafat
                    • Umum
                    • Resensi
                    • Redaksi

                    Copyright © lughotuna.id

                    Login to your account below

                    Forgotten Password? Sign Up

                    Fill the forms bellow to register

                    All fields are required. Log In

                    Retrieve your password

                    Please enter your username or email address to reset your password.

                    Log In
                    Kirim Pesan
                    Powered by Join.chat
                    Hallo semua yuk nulis artikel dan publis di website kami lughotuna.id, Jika mau bertanya silahkan klik kirim pesan.