• Latest
  • Trending
  • All
Pembelajaran di Madrasah Pada Masa New Normal

Pembelajaran di Madrasah Pada Masa New Normal

2 Juli 2020

Immanuel Kant: Filosuf tulen rasionalisme

25 Januari 2021
Berburu Ilmu dengan Imam al-Ghazali

Berburu Ilmu dengan Imam al-Ghazali

24 Januari 2021
Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

23 Januari 2021
Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

22 Januari 2021
Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

22 Januari 2021
Muhammad Abid al-Jabiri, Jejak-Jejak Intelektual dan Karirnya

Muhammad Abid al-Jabiri, Jejak-Jejak Intelektual dan Karirnya

21 Januari 2021
Peranan Tokoh Agama di Kesultanan Banten Abad XVII

Peranan Tokoh Agama di Kesultanan Banten Abad XVII

20 Januari 2021
Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

20 Januari 2021
Memoar Syekh Ali Jaber

Memoar Syekh Ali Jaber

19 Januari 2021
Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

15 Januari 2021
Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

17 Januari 2021
Muhammad Abid al-Jabiri, dari Figuig sampai Casablanca serta dalam Kemegahan Negeri Maghrib

Muhammad Abid al-Jabiri, dari Figuig sampai Casablanca serta dalam Kemegahan Negeri Maghrib

16 Januari 2021
  • Login
  • Kirim Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Tim Redaksi
  • Pendaftaran
    • Webinar 1
    • Webinar 2
    • Webinar 3
    • Webinar 4
    • Webinar 5
    • Webinar 6
    • Webinar 7
    • Webinar 8
    • Workshop
  • E-Learning Lughotuna
Selasa, Januari 26, 2021
-18 °c
lughotuna.id
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Agama
    Berburu Ilmu dengan Imam al-Ghazali

    Berburu Ilmu dengan Imam al-Ghazali

    Memoar Syekh Ali Jaber

    Memoar Syekh Ali Jaber

    TILAWATI: CEPAT DAN LANCAR BACA AL QUR’AN [PART I]

    Kesombongan Menghancurkan Qorun

    Kesombongan Menghancurkan Qorun

    Menyerap Makna Pesan Sunan Kalijaga : Anglaras Ilining Banyu, Angeli Ananging Ora Keli (Serat Lokajaya, Lor 11.620)

    Menyerap Makna Pesan Sunan Kalijaga : Anglaras Ilining Banyu, Angeli Ananging Ora Keli (Serat Lokajaya, Lor 11.620)

    Abu Sa’id Abi al-Khair dan Akar Ketakutan Duniawi

    Abu Sa’id Abi al-Khair dan Akar Ketakutan Duniawi

    Haruskah Suami Bersolek?   

    Haruskah Suami Bersolek?  

    Al-Ghazali; Skeptisisme Sang Hjjatul Islam wal Muslimin

    Al-Ghazali; Skeptisisme Sang Hjjatul Islam wal Muslimin

    Suami Belanja ke Pasar lalu Turun Pamor?

    Suami Belanja ke Pasar lalu Turun Pamor?

    Trending Tags

    • Bahasa
      Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

      Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

      Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

      Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

      KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

      KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

      Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

      Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

      Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab

      Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab

      Politik Nasab dan Politik Kemuliaan dalam Masyarakat Arab

      Politik Nasab dan Politik Kemuliaan dalam Masyarakat Arab

      Belajar Adab dari Ulama Nahwu yang Satu Ini

      Belajar Adab dari Ulama Nahwu yang Satu Ini

      Kitab-Kitab Nahwu Ulama Nusantara

      Kitab-Kitab Nahwu Ulama Nusantara

      Kisah Inspiratif Perempuan Arab bernama Sirin Hamsho di Negeri Barat

      Kisah Inspiratif Perempuan Arab bernama Sirin Hamsho di Negeri Barat

      Trending Tags

      • Tarikh
        Muhammad Abid al-Jabiri, Jejak-Jejak Intelektual dan Karirnya

        Muhammad Abid al-Jabiri, Jejak-Jejak Intelektual dan Karirnya

        Peranan Tokoh Agama di Kesultanan Banten Abad XVII

        Peranan Tokoh Agama di Kesultanan Banten Abad XVII

        Muhammad Abid al-Jabiri, dari Figuig sampai Casablanca serta dalam Kemegahan Negeri Maghrib

        Muhammad Abid al-Jabiri, dari Figuig sampai Casablanca serta dalam Kemegahan Negeri Maghrib

        Mendewasakan Pemikiran

        Mendewasakan Pemikiran

        Kitab Nahwu yang Menjadi Warisan Peninggalan Imam Sibawaih

        Kitab Nahwu yang Menjadi Warisan Peninggalan Imam Sibawaih

        Ini Biografi Singkat Imam Sibawaih

        Ini Biografi Singkat Imam Sibawaih

        Biografi dan Pemikiran Syauqi Dhoif Sang Pembaharu Ilmu Nahwu Modern

        Biografi dan Pemikiran Syauqi Dhoif Sang Pembaharu Ilmu Nahwu Modern

        Tujuh Abad Kitab Jurumiyyah Karya Ibnu Ajurrumi di Indonesia

        Tujuh Abad Kitab Jurumiyyah Karya Ibnu Ajurrumi di Indonesia

        Ibnu Ajurrumi: Rihlah Intelektual dan Jalan Menuju Kebesaran

        Ibnu Ajurrumi: Rihlah Intelektual dan Jalan Menuju Kebesaran

        Trending Tags

        • Pendidikan
          Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

          Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

          Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

          Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

          TILAWATI: CEPAT DAN LANCAR BACA AL QUR’AN [PART I]

          Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

          Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

          Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

          Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

          Mendidikan Anak Seperti Tuntunan Nabi Sejak dalam Kandungan

          Mendidikan Anak Seperti Tuntunan Nabi Sejak dalam Kandungan

          Asas-Asas Kurikulum (Bagian 1)

          Asas-Asas Kurikulum (Bagian 1)

          Sempat Booming, Dua Jalur Pendidikan “Kids Jaman Now” yang Hilang Arah

          Sempat Booming, Dua Jalur Pendidikan “Kids Jaman Now” yang Hilang Arah

          Guru dan Orang Tua Harus Saling Pengertian

          Guru dan Orang Tua Harus Saling Pengertian

          Trending Tags

          • Sosial
            Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

            Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

            Hatta, Sukarno dan Demokrasi Kita

            Hatta, Sukarno, dan Demokrasi Kita

            Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19

            Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19

            Kegaduhan di Kelas Sejarah

            Kegaduhan di Kelas Sejarah

            OSPEK dan Tradisi yang Belum Berubah

            OSPEK dan Tradisi yang Belum Berubah

            Refleksi Terhadap Peristiwa Penusukan Syaikh Ali Jaber

            Refleksi Terhadap Peristiwa Penusukan Syaikh Ali Jaber

            Puan dan Catatan Selanjutnya tentang Buku Identitas Francis Fukuyama

            Puan dan Catatan Selanjutnya tentang Buku Identitas Francis Fukuyama

            Beberapa Mozaik Identitas di Tulisan Francis Fukuyama

            Beberapa Mozaik Identitas di Tulisan Francis Fukuyama

            Kohesivitas antara Diplomasi dan Politik Luar Negeri

            Kohesivitas antara Diplomasi dan Politik Luar Negeri

            Trending Tags

            • Filsafat

              Immanuel Kant: Filosuf tulen rasionalisme

              Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

              Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

              Plato dan Negara Idealnya

              Plato dan Negara Idealnya

              Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam

              Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam

              Menelusuri Islam Rahmat dalam Nalar Socrates

              Menelusuri Islam Rahmat dalam Nalar Socrates

              Mengulas Nalar Bertuhan ala Socrates

              Mengulas Nalar Bertuhan ala Socrates

              Menggali laku bijak socrates

              Menggali Laku Bijak dan Konsistensi ala Socrates

              Meretas “Jejak” Filsafat Ilmu Dalam Kebudayaan Islam (Bagian II)

              Meretas “Jejak” Filsafat Ilmu Dalam Kebudayaan Islam (Bagian I)

              Meretas “Jejak” Filsafat Ilmu Dalam Kebudayaan Islam (Bagian I)

              Trending Tags

              • Umum

                Immanuel Kant: Filosuf tulen rasionalisme

                Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

                Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

                Menyoal Fanatisme Organisasi

                Menyoal Fanatisme Organisasi

                Telah Berpulang ke Rahmatullah, Kyai Rodli

                Telah Berpulang ke Rahmatullah, Kyai Rodli

                Kyai Syukri; Sesingkat Pertemuan Seabadi Keteladanan

                Kyai Syukri; Sesingkat Pertemuan Seabadi Keteladanan

                Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dan Dasar Negara Pasca Reformasi

                Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dan Dasar Negara Pasca Reformasi

                Panji Modern Sastra Arab di Timur Tengah

                Panji Modern Sastra Arab di Timur Tengah

                8 Cara Menjadi Menantu Bermutu Disayang Ibu Mertua

                8 Cara Menjadi Menantu Bermutu Disayang Ibu Mertua

                Menetra Sejarah Ideologi Dunia Kristeva

                Menetra Sejarah Ideologi Dunia Kristeva

                Trending Tags

                • Resensi
                  Zharaf, Raga Wadah dari Rahasia – Rahasia Tuhan

                  Zharaf, Raga Wadah dari Rahasia – Rahasia Tuhan

                  Tafsir Mistik Mengapa Mashdar Berada pada Urutan Ketiga dalam Tashrif

                  Tafsir Mistik Mengapa Mashdar Berada pada Urutan Ketiga dalam Tashrif

                  Wajah Sufistik Mashdar

                  Wajah Sufistik Mashdar

                  ‘Athaf dari Perspektif seorang Hamba

                  ‘Athaf dari Perspektif seorang Hamba

                  Rumus Tasawuf dalam Kaidah ‘Athaf

                  Rumus Tasawuf dalam Kaidah ‘Athaf

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi ke-11: Bertemunya Ruh dengan Ruh-Nya

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi ke-11: Bertemunya Ruh dengan Ruh-Nya

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi Eps 10; Basmallah adalah Mantranya Para Salik

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi Eps 10; Basmallah adalah Mantranya Para Salik

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi #9: Mahwi, Nahwunya para Salik

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi #9: Mahwi, Nahwunya para Salik

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi eps 8: Gila di Bumi- Waras di Langit

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi eps 8: Gila di Bumi- Waras di Langit

                  Trending Tags

                  • Redaksi
                    Call for Submission

                    Call for Submission

                    Kajian Nahwu Sufi

                    Kajian Nahwu Sufi

                    Trending Tags

                    lughotuna.id
                    No Result
                    View All Result
                    Home Pendidikan

                    Pembelajaran di Madrasah Pada Masa New Normal

                    by Sri Hidayati Mukaromah
                    2 Juli 2020
                    in Pendidikan
                    0
                    Pembelajaran di Madrasah Pada Masa New Normal
                    619
                    SHARES
                    1.8k
                    VIEWS
                    Share on FacebookShare on Twitter

                    Pada masa pandemi semua yang terkait dengan pendidikan berpikir bersama untuk mencapai tujuan pendidikan bahkan lebih serius dalam memikirkan hal ini dibuktikan dengan adanya pembahasan pembahasan masalah pendidikan di berbagai acara baik melalui media sosial, televisi maupun acara acara virtulal lainnya. Sebagai seorang guru ataupun semua bagian dari pendidikan memang seharusnya ikut berpartisipasi dalam pembahasan tersebut sehingga ada ke-sinkron-an maksud dan tujuan kesamaan visi dan misi dari semua pihak pendidik atau tenaga didik dan semua stake holder pendidikan maupun sekolah masing masing.

                    Tetap Hebat dan Bermartabat

                    Pemikiran –pemikiran yang bermutu tentunya dapat diraih agar dapat diimplementasikan dalam realita pendidikan madrasah. Dengan segala kondisi madrasah tetap berusaha menampilkan diri sebagai madrasah yang hebat dan bermartabat. Sebagai madrasah yang hebat dan bermartabat akan mampu mewujudkan pembelajaran-pembelajaran yang bermutu tinggi dengan segala kondisi. Guru merupakan kurikulum yang berjalan sebagai sumber inspirasi akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dengan dukungan berbagai pihak sebagai satu kesatuan dalam meraih tujuan dengan segala perwujudan karakternya yang telah dicanangkan.

                    Kondisi pendidikan saat ini perlu adanya inovasi mulai dari kurikulum. Segala beban administrasi guru yang rumit dan cenderung terlalu banyak akan lebih efektif bila diarahkan pada peningkatan kemampuan guru dalam berkreasi dan selau inovasi dalam pembelajaran. Dalam masa pandemi guru harus lebih kreatif lagi dengan segala kondisi siswanya sebagai pertimbanagan dalam menetapkan bagaimana strategi apa untuk mendidik dan mengajar murid muridnya dengan kasih sayang dan agar mereka merasa bahagia serta mendambakan insipirasi gurunya.

                    Dengan adanya ruang berinovasi berkreasi para guru akan belajar memanfaatkan waktunya yang sehingga diharapkan pada masa pandemi ini justru terlahirlah inspirator-inspirator yang bermutu yang siap berjuang menuju madrasah hebat bermartabat dengan mengutamakan kesehatan dan kesiapan anak didik. Gurulah yang pertama mengetahui keadaan dan situasi anak didiknya maka jika guru merupakan kurikulum berjalan sedangkan  kurikulum bersifat lentur maka tentunya tidak ada doktrin kurikulum. Tata kelola madrasah yang baik mengutamakan kesehatan kenyamanan bekerja dan kreatifitas. Jika kenyamanan perasaan sejahtera dapat diwujudkan tentunya akan meningkatkan produktifitas masing masing.

                    Berbagai Pertimbangan kala Pandemi

                    Pada masa pandemi ada beberapa hal sebagai pertimbangan dalam pelaksanaan pendidikan seperti biaya pembelajaran, tantangan global yang berbahaya terutama pada penjagaan siswa dari penularan covid-19 dan juga seluruh tenaga pendidikan denan segala staek holdernya, daya dukung pembelajaran yang dari masing masing madrasah dan juga kesejahteraan. Jadi belajar bukan dengan rasa terancam ketakutan tapi dengan kesejahteraan lahir maupun batin. Untuk melaksanakan pendidikan dengan pertimbangan-pertimbangan ini tentulah harus ada kerjasama juga dari berbagai pihak sehingga akan mencapai tujuan. Guru tidak akan mencapai tujuan dengan hasil terbaik tanpa adanya dukungan berbagai pihak.

                    BacaJuga

                    Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

                    Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

                    TILAWATI: CEPAT DAN LANCAR BACA AL QUR’AN [PART I]

                    Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

                    Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

                    Mendidikan Anak Seperti Tuntunan Nabi Sejak dalam Kandungan

                    Asas-Asas Kurikulum (Bagian 1)

                    Sempat Booming, Dua Jalur Pendidikan “Kids Jaman Now” yang Hilang Arah

                    Pada pelaksanaannya guru harus dapat memilih materi penting dan yang merupakan prioritas dalam pembelajaran. Kemampuan memilih metode yang tepat serta aktif dan kreatif. Dengan beban administrasi yang ringan tentunya guru lebih leluasa berpikir bebas terbatas menggunakan waktunya untuk selalu belajar dan inovatif tidak merasa tertekan pihak manapun bebas berkreatifitas mengembangkan kemampuannya. Dengan inilah justru akan menumbuhkah guru-guru berdaya saing sehingga madrasah dengan guru-guru yang hebat. Guru yang hebat akan dapat selalu memberikan inspirasi kepada murid-muridnya seningga para siswa atau murid –muridnya tumbuh berkembang dengan sehat berdaya saing kuat.

                    Budaya baru pembelajaran di Madrasah belum sepenuhnya tumbuh berkembang kendala –kendala perlu adanya solusi terutama di pedesaan yang kadang tidak dapat akses internet hanya menggunakan tathering untuk dapat online. Adanya e-learning madrasah belum bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh madrasah secara keseluruhan. Pembelajaran online atau dengan daring masih banyak kendala untuk koneksitasnya atau bahkan keluhan siswa yang tidak punya gadget dan kuota internet. Namun kita akan lalui bersama  proses budaya baru pembelajaran di madrasah ini dengan segala kreatifitas yang ada dengan segala kearifan menuju kenyamanan dan madrasah yang hebat bermartabat.

                    Munculnya Budaya Baru

                    Pada pelaksanaan budaya baru pembelajaran di madrasah ini menuntut bergesernya kebutuhan dasar kebutuhan fisik ke komunikasi. Namun tentunya tidak semuanya langsung bisa terpenuhi dengan segala keadaan di masa pandemi ini walaupun sudah menyadari bahwa komunikasi merupakan syarat yang harus dipenuhi. Pembelajaran masa ini bisa dilakukan dengan Pembelajaran jarak jauh melalui zoom. Murid belajar di kelas yang sama dalam waktu yang sama. Siswa juga bisa belajar kapan saja  di mana saja. Guru memberikan materi inti atau esensi. Siswa juga bisa belajar kapan saja dan di mana saja dengan narasumber lain dengan pendampingan chat, diskusi maupun tugas.

                    Untuk keadaan yang memungkinkan bisa dilakukan melalui pembelajaran tatap muka bergantian Ruang 1 tatap muka ruang 2 dunia maya dan sebagainya. Guru menyajikan konten atau media pembelajaran seperti word, PDF,ppt, mp4, vidio dan lain-lain. Dari konten yang guru sajikan tersebut guru bisa mengasuh pembelajaran melaui chat, grup wa, diskusi, tugas dan lain-lain. Guru bisa memberikan reward kepada anak didiknya yang merespon paling baik dengan ucapan atau tulisan stiker-stiker atau lainnya yang membuat siswa lebih bersemangat lagi dalam mengikuti pembelajaran atau dalam belajar mandiri dari rumah.

                    Guru perlu melakukan kolaburasi dengan guru lain untuk mengembangkan bahan. Apalagi dalam mapel yang sama agar identifikasi KI KD sejalan. Guru berusaha agar siswa memahami apa ayang akan dipelajari dan bagaimana penilaiannya. Pembelajaran berbasis masalah sangat bagus untuk diterapkan. Pembelajaran abad 21 ini fokus pada ketrampilan dan karakter berakhlak mlia, berpikir kritis, kreatif, inovatif, kolaboratif dan literat. Karena pendidikan sebagai sistem, untuk mencapai tujuan tersebut harus membangun sinergi tripusat pendidikan sedangkan manajemen mutu dan kepemimpinan mutu merupakan faktor penting untuk menjadikan madrasah hebat bermartabat.

                    Dengan manajemen mutu akan dapat membentuk kerjasama yang baik anatara orang tua siswa, tokoh, pejabat, stakeholder dan lingkungan. Dengan terjalinnya kerjasama yang baik dalam pilihan pembelajaran new normal baru akan dapat dilaksanakan untuk penguatan karakter, amal ibadah, peduli lingkungan dan juga kesolehan sosial. Hal ini bisa dilakukan dengan inovasi dan modifikasi struktur kurikulum beban belajar maupun strategi pembelajaran yang membuat para siswa menjadi bahagia dalam belajar. Karena siswa tidak boleh belajar dalam keadaan susah sehingga akan berpengaruh emosionalnya yang menyebabkan kegagalan pendidikan. Kita bangun keserasian dan keramahan dalam belajar sehingga karakter yang dibangun akan terwujud.

                    Pembelanjaran harus bisa menumbuhkan minat membaca siswa. Sesuai kurikulum darurat pada madrasah, bahwa belajar dari rumah tidak harus memenuhi tuntutan kompetensi (KI KD) pada kurikulum, tetapi lebih ditekankan pada pengembangan karakter, akhlak mulia, ‘ubudiyah, kemandirian dan kesolehan sosial. Pendidikan harus dapat mengembangkan kompetensi siswa pada aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan. Kegiatan pembelajaran harus menumbuhkembangkan kompetensi literasi bahasa, literasi matematik, literasi sains, literasi media, literasi tehnologi dan literasi visual. Kegiatan pembelajaran harus dapat merangsang tumbuhnya 4C (Critical thinking, Collaborative, Creativity dan communicative) pada diri siswa.

                     

                     

                     

                     

                     

                    Sri Hidayati Mukaromah

                    Sri Hidayati Mukaromah

                    Tinggal di Srebegan RT. 06/ RW. 03, Srebegan, Ceper , Klaten, Jawa Tengah
                    Guru di MTs Negeri 2 Klaten, Jawa Tengah.

                    See author's posts

                    Tags: #kemenagnewnormal#madrasah#madrasahnewnormal#MTsN2Klaten#srihidayatimukaromah
                    Share248Tweet155Share62
                    Sri Hidayati Mukaromah

                    Sri Hidayati Mukaromah

                    Tinggal di Srebegan RT. 06/ RW. 03, Srebegan, Ceper , Klaten, Jawa Tengah Guru di MTs Negeri 2 Klaten, Jawa Tengah.

                    Related Posts

                    Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

                    Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

                    by Mohammad Jaelani Imron
                    22 Januari 2021
                    0

                    Nabi bersabda: “menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim”, dari hadis yang agung ini sepertinya kita perlu mencermati kembali terkait...

                    Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

                    Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

                    by M. Edi Komara
                    20 Januari 2021
                    0

                    Pada bagian satu sudah dijelaskan tentang apa itu tilawati. Pada bagian kedua ini akan disajikan tentang bagaimana teknis pengaturan pembelajaran...

                    TILAWATI: CEPAT DAN LANCAR BACA AL QUR’AN [PART I]

                    by M. Edi Komara
                    15 Januari 2021
                    0

                    TILAWATI. Dikutip dari laman: https://image.slidesharecdn.com/strategi-pengajaran-tilawati-1233213028399500-2/95/strategi-pengajaran-tilawati-1-728.jpg?cb=1233191601 Keterampilan membaca al-Qur’an atau lebih dikenal dengan istilah mengaji merupakan keterampilan...

                    Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

                    Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

                    by Fatih Rizqi
                    9 Januari 2021
                    0

                    Orang tua memiliki peranan yang amat penting dalam pendidikan anak, sebab orang tua merupakan guru yang pertama ditemui anak sejak...

                    New

                    • Immanuel Kant: Filosuf tulen rasionalisme 25 Januari 2021
                    • Berburu Ilmu dengan Imam al-Ghazali 24 Januari 2021
                    • Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan 23 Januari 2021
                    • Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah 22 Januari 2021
                    • Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte 22 Januari 2021
                    • Muhammad Abid al-Jabiri, Jejak-Jejak Intelektual dan Karirnya 21 Januari 2021
                    • Peranan Tokoh Agama di Kesultanan Banten Abad XVII 20 Januari 2021
                    • Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an 20 Januari 2021
                    • Memoar Syekh Ali Jaber 19 Januari 2021
                    • Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir 18 Januari 2021

                    Artikel Banyak Dibaca

                    • Hubungan Bahasa Dengan Otak 785 views
                    • Telah Berpulang ke Rahmatullah, Kyai Rodli 635 views
                    • Jangan Keliru Menggunakan Kalimat Inna lillahi wa Inna ilaihi Roji’un 517 views
                    • Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dan Dasar Negara Pasca Reformasi 477 views
                    • Pembelajaran di Era Pandemi dengan Kurikulum Darurat 439 views
                    • Pembelajaran di Madrasah Pada Masa New Normal 366 views
                    • Pesan Imam Syafi’i untuk Pemuda 350 views
                    • Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam 300 views
                    • Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab 294 views
                    • Kesombongan Menghancurkan Qorun 258 views

                    Artikel Umum

                    • Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan
                      Ada hal yang menggelitik ketika sore ini nonton tv bareng istri. Saya melihat berita di running …
                    • Hatta, Sukarno, dan Demokrasi Kita
                      Di sore akhir pekan kemarin, tepatnya di hari Ahad, 10 Januari 2021, saya sebenarnya sedang janjian …
                    • Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19
                      Sebagai orang orang yang kerap mengamati beberapa percikan nalar dalam  dan di luar berita-berita …
                    • Kegaduhan di Kelas Sejarah
                      Dilansir dari Harian Kompas (18/9) yang mewartakan bahwa pelajaran sejarah terancam hilang dalam …
                    • OSPEK dan Tradisi yang Belum Berubah
                      Kegiatan Ospek di Perguruan Tinggi kembali menjadi sorotan panggung media Tanah Air. Meskipun …

                    Video Profil

                    https://www.youtube.com/watch?v=ZJnUECJcV74
                    lughotuna.id

                    Copyright © lughotuna.id

                    • Login
                    • Kirim Artikel
                    • Tentang
                    • Kontak
                    • Tim Redaksi
                    • Pendaftaran
                    • E-Learning Lughotuna

                    Follow Us

                    No Result
                    View All Result
                    • Beranda
                    • Agama
                    • Bahasa
                    • Tarikh
                    • Pendidikan
                    • Sosial
                    • Filsafat
                    • Umum
                    • Resensi
                    • Redaksi

                    Copyright © lughotuna.id

                    Login to your account below

                    Forgotten Password? Sign Up

                    Fill the forms bellow to register

                    All fields are required. Log In

                    Retrieve your password

                    Please enter your username or email address to reset your password.

                    Log In