• Latest
  • Trending
  • All
PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

6 Februari 2021
Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

2 Maret 2021
Islam: Hakikat Belajar

Islam: Hakikat Belajar

1 Maret 2021
Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

26 Februari 2021
Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

23 Februari 2021
Khodijah R.A Ummul Mukminin

Khodijah R.A Ummul Mukminin

27 Februari 2021
Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

22 Februari 2021
RESENSI BUKU PARENTING KOMA

RESENSI BUKU PARENTING KOMA

19 Februari 2021
https://www.kompasiana.com/tarulimansuretno/58159dfb589773bc1194e31f/berteman-itu-seperti-minum-kopi?page=all

Teman Yang Baik

19 Februari 2021
Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

17 Februari 2021
Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

6 Februari 2021
Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

15 Februari 2021
BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

14 Februari 2021
  • Login
  • Kirim Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Tim Redaksi
  • Pendaftaran
    • Webinar 1
    • Webinar 2
    • Webinar 3
    • Webinar 4
    • Webinar 5
    • Webinar 6
    • Webinar 7
    • Webinar 8
    • Workshop
  • E-Learning Lughotuna
Selasa, Maret 2, 2021
-18 °c
lughotuna.id
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Agama
    Islam: Hakikat Belajar

    Islam: Hakikat Belajar

    Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

    Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

    Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

    Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

    Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

    Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

    Sholat Dhuha 

    Sholat Dhuha 

    Iman Kepada Malaikat

    Iman Kepada Malaikat

    Tradisi slametan

    PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

    Perjalanan Cinta Rabi’ah Al-Adawiyah

    Perjalanan Cinta Rabi’ah Al-Adawiyah

    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

    Trending Tags

    • Bahasa
      Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

      Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

      ILMU PSIKOLINGUISTIK

      ILMU PSIKOLINGUISTIK

      Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

      Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

      Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

      Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

      KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

      KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

      Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

      Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

      Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab

      Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab

      Politik Nasab dan Politik Kemuliaan dalam Masyarakat Arab

      Politik Nasab dan Politik Kemuliaan dalam Masyarakat Arab

      Belajar Adab dari Ulama Nahwu yang Satu Ini

      Belajar Adab dari Ulama Nahwu yang Satu Ini

      Trending Tags

      • Tarikh
        Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

        Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

        Khodijah R.A Ummul Mukminin

        Khodijah R.A Ummul Mukminin

        Apa itu Valentine Day?

        Apa itu Valentine Day?

        Imam al-Kisai dan Mozaik Pemikiran Filosofis Pendidikannya

        Imam al-Kisai dan Mozaik Pemikiran Filosofis Pendidikannya

        Biografi Imam al-Kisa’i, Begawan Nahwu dari Kufah

        Biografi Imam al-Kisa’i, Begawan Nahwu dari Kufah

        Mengenal Singkat Mathla’ul Anwar (MA)

        Mengenal Singkat Mathla’ul Anwar (MA)

        Ihwal Nahwu dalam Takwin al-Aql al-Arabi karya al-Jabiri

        Ihwal Nahwu dalam Takwin al-Aql al-Arabi karya al-Jabiri

        Ahmad Dahlan Kyai Kafir

        Ahmad Dahlan Kyai Kafir

        Ini Karya-Karya al-Jabiri dan Penulis Indonesia yang Turut Membincangkannya

        Ini Karya-Karya al-Jabiri dan Penulis Indonesia yang Turut Membincangkannya

        Trending Tags

        • Pendidikan
          Islam: Hakikat Belajar

          Islam: Hakikat Belajar

          Guru Intensional

          Guru Intensional

          NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

          NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

          PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

          PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

          Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

          Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

          Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

          Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

          TILAWATI: CEPAT DAN LANCAR BACA AL QUR’AN [PART I]

          Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

          Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

          Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

          Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

          Trending Tags

          • Sosial
            https://www.kompasiana.com/tarulimansuretno/58159dfb589773bc1194e31f/berteman-itu-seperti-minum-kopi?page=all

            Teman Yang Baik

            Tradisi slametan

            PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

            Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

            Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

            Hatta, Sukarno, dan Demokrasi Kita

            Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19

            Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19

            Kegaduhan di Kelas Sejarah

            Kegaduhan di Kelas Sejarah

            OSPEK dan Tradisi yang Belum Berubah

            OSPEK dan Tradisi yang Belum Berubah

            Refleksi Terhadap Peristiwa Penusukan Syaikh Ali Jaber

            Refleksi Terhadap Peristiwa Penusukan Syaikh Ali Jaber

            Puan dan Catatan Selanjutnya tentang Buku Identitas Francis Fukuyama

            Puan dan Catatan Selanjutnya tentang Buku Identitas Francis Fukuyama

            Trending Tags

            • Filsafat
              Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

              Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

              BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

              BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

              PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

              PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

              Immanuel Kant: Filosof Tulen Rasionalisme

              Immanuel Kant: Filosof Tulen Rasionalisme

              Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

              Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

              Plato dan Negara Idealnya

              Plato dan Negara Idealnya

              Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam

              Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam

              Menelusuri Islam Rahmat dalam Nalar Socrates

              Menelusuri Islam Rahmat dalam Nalar Socrates

              Mengulas Nalar Bertuhan ala Socrates

              Mengulas Nalar Bertuhan ala Socrates

              Trending Tags

              • Umum
                Islam: Hakikat Belajar

                Islam: Hakikat Belajar

                RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

                Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

                BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

                BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

                Tradisi slametan

                PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

                NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                Pavlovianisme

                Pavlovianisme

                PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

                Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

                Trending Tags

                • Resensi
                  RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                  RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                  Fonologi Bahasa Arab (Ilmu Al-Ashwat)

                  Fonologi Bahasa Arab (Ilmu Al-Ashwat)

                  Obat Galau Milenial Pecinta Bahasa Arab

                  Obat Galau Milenial Pecinta Bahasa Arab

                  Zharaf, Raga Wadah dari Rahasia – Rahasia Tuhan

                  Zharaf, Raga Wadah dari Rahasia – Rahasia Tuhan

                  Tafsir Mistik Mengapa Mashdar Berada pada Urutan Ketiga dalam Tashrif

                  Tafsir Mistik Mengapa Mashdar Berada pada Urutan Ketiga dalam Tashrif

                  Wajah Sufistik Mashdar

                  Wajah Sufistik Mashdar

                  ‘Athaf dari Perspektif seorang Hamba

                  ‘Athaf dari Perspektif seorang Hamba

                  Rumus Tasawuf dalam Kaidah ‘Athaf

                  Rumus Tasawuf dalam Kaidah ‘Athaf

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi ke-11: Bertemunya Ruh dengan Ruh-Nya

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi ke-11: Bertemunya Ruh dengan Ruh-Nya

                  Trending Tags

                  • Redaksi
                    Call for Submission

                    Call for Submission

                    Kajian Nahwu Sufi

                    Kajian Nahwu Sufi

                    Trending Tags

                    lughotuna.id
                    No Result
                    View All Result
                    Home Filsafat

                    PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                    Menelisik Filsafat Pragmatisme (Instrumentalisme) JOHN DHEWEY

                    by M. Edi Komara
                    6 Februari 2021
                    in Filsafat, Pendidikan, Umum
                    0
                    PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY
                    502
                    SHARES
                    1.4k
                    VIEWS
                    Share on FacebookShare on Twitter

                     

                    Wacana filsafat yang menjadi topik utama pada zaman modern, khususnya abad ke-17, adalah persoalan epistemologi. Pertanyaan pokok dalam bidang epistemologi adalah bagaimana manusia memperoleh pengetahuan dan apakah sarana yang paling memadai untuk mencapai pengetahuan yang benar, serta apa yang dimaksud dengan kebenaran itu sendiri. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bercorak epistemologis ini, maka dalam filsafat abad ke-17 munculah dua aliran filsafat yang memberikan jawaban yang berbeda, bahkan saling bertentangan. Aliran filsafat tersebut adalah rasionalisme dan empirisme. Dalam artikel singkat ini akan diurai filsafat empirisme.

                    John Dhewey merupakan tokoh filsafat yang melekat dengan filsafat pragmatisme. Berikut diuraikan biografi singkat John Dhewey.

                    John Dhewey dlahirkan di Burlington, Vermont pada 20 Oktober 1859[1]. Ia  seorang filusuf, psikolog, dan pembaharu pendidikan yang sangat berpengaruh di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Dhewey diakui sebagai salah satu pencetus sekolah filsafat pragmatism (bersama dengan Charles Sanders Peirce dan Williams James), pelopor dalam psikologi fungsional, dan seorang pengembang gerakan pendidikan progresif di Amerika Serikat selama paruh pertama abad 20.[2]

                    Dhewey lahir di Vermont dan berasal dari keuarga yang sederhana. Pasca menyelesaikan studinya di Baltimore, ia langsung menjadi Guru Besar di bidang filsafat dan kemudian juga bidang pendidikan pada Universitas-universitas di Mionnesota, Michigan, Chicago (1894-1904), dan Universitas Colombia (1904-1929).

                    Sepanjang karirnya, Dhewey menghasilkan 40 buku dan lebih dari 700 artikel. Dhewey tutup usia pada tahun 1952.

                    Menurut dhewey, tugas fiilsafat adalah memberikan pengarahan bagi perbuatan nyata dalam kehidupan. Oleh karena itu, filsafat tidak boleh tenggelam dalam pemikiran-pemikiran metafisik belaka. Filsafat harus berpijak pada pengalaman, dan menyelidiki serta mengolah pengalaman tersebut secara kritis. Dengan demikian, filsafat dapat menyusun suatu system nilai atau norma.[3]

                    Dhewey adalah seorang pragmatis, namun ia lebih suka menyebut sistemnya dengan istilah instrumentalis. Menurutnya, tujuan filsafat ialah untuk mengatur kehidupan dan aktivitas manusia secara lebih baik, untuk di dunia, dan masa sekarang. Tegasnya, tugas filsafat yang utama ialah memberikan garis-garis pengarahan bagi perbuatan dalam kenyataan hidup. Oleh karena itu, filsafat tidak boleh tenggelam dalam pemikiran-pemikiran metafisis yang tiada faedahnya. Filsafat harus berpijak pada pengalaman (experience), dan menyelidiki serta mengolah pengalaman itu secara aktif kritis. Dengan demikian, filsafat akan dapat menyusun suatu sistem norma-norma dan nilai-nilai.

                    BacaJuga

                    Islam: Hakikat Belajar

                    Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

                    RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                    Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

                    BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

                    PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

                    Guru Intensional

                    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                    Instrumentalisme adalah suatu usaha untuk menyusun suatu teori yang logis dan tepat dari konsep, pertimbangan, penyimpulan dalam bentuknya yang bermacam-macam dengan cara utama menyelidiki bagaimana pikiran berfungsi dalam penemuan yang berdasarkan pengalaman mengenai konsekuensi di masa depan.

                    Menurut Dhewey, kita hidup dalam dunia yang belum selesai penciptaannya. Sikap Dhewey dapat dipahami dengan sebaik-baiknya dengan meneliti tiga aspek dari yang kita namakan instrumentalisme. Pertama, kata temporalisme yang berarti ada gerak dan kemajuan nyata dalam waktu. Kedua, kata futurisme, mendorong kita untuk melihat hari esok dan tidak pada hari kemarin. Ketiga, milionarisme, berarti bahwa dunia dapat dibuat lebih baik dengan tenaga kita. Pandangan ini juga dianut oleh William James.

                    Dhewey dan Pendidikan Progresif

                    Dhewey memandang bahwa tipe dari pragmatisnya diasumsikan sebagai sesuatu yang mempunyai jangkauan aplikasi dalam masyarakat. Pendidikan dipandang sebagai wahana yang strategis dan sentral dalam upaya kelangsungan hidup di masa depan. Pendidikan Nasional Amerika, menurut Dhewey, hanya mengajarkan muatan-muatan yang sudah usang (out of date) dan hanya mengulang-ulang sesuatu yang sudah lampau, yang sebenarnya tidak layak lagi untuk diajarkan kepada anak didik. Pendidikan yang demikian hanya mengebiri intelektualitas anak didik.

                    Dalam bukunya Democracy and Education (1916)., Dhewey menawarkan suatu konsep pendidikan yang adaptif dan progresif bagi perkembangan masa depan.

                    “Dewey elaborated upon his theory that school reflect the community and be patterned after it so that when children graduate from school they will be properly adjusted to asumse their place in society.”

                    Kutipan di atas dapat dipahami secara bebas bahwa pendidikan harus mampu membekali anak didik sesuai sengan kebutuhan yang ada pada lingkungan sosialnya. Sehingga, apabila anak didik tersebut telah lulus dari lembaga sekolah, ia bisa beradaptasi dengan masyarakatnya.

                    Untuk merealisasikan konsep tersebut, Dhewey menawarkan dua metode pendekatan dalam pengajaran. Pertama, problem solving method. Dengan metode ini anak dihadapkan pada berbagai situasi dan masalah-masalah yang menantang, dan anak didik diberi kebebasan sepenuhnya untuk memecahkan masalah-masalah tersebut sesuai dengan perkembangan kemampuannya. Dalam proses belajar mengajar model ini guru bukannya satu-satunya sumber, bahkan kedudukan seorang guru hanya membantu siswa dalam memecahkan kesulitan yang dihadapinya. Dengan metode semacam ini, dengan sendirinya pola lama yang hanya mengandalkan guru sebagai satu-satunya pusat informasi (metode pedagogy) diambil alih kedudukannya oleh metode andragogy yang lebih menghargai perbedaan individu anak didik.

                    Kedua, Learning by doing. Konsep ini diperlukan untuk menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dengan kebutuhan dalam masyarakat. Supaya anak didik bisa eksis dalam masyarakat bila telah menyelesaikan pendidikannya, maka mereka dibekali keterampilan-keterampilan praktis sesuai dengan kebutuhan masyarakat sosialnya.

                    Dalam konteks pendidikan 4.0, pendekatan pembelajaran yang dikemukakan oleh Dhewey diatas dapat dijadikan acuan pokok dalam pembelajaran. Terlebih di masa mendatang yang syarat akan kecanggihan teknologi, banyak tantangan yang harus diselesaiakan dan dimanfaatkan oleh generasi harapan bangsa sehingga mereka tetap eksis bahkan bisa membawa kejayaan untuk bangsa dan negara.

                     

                    Referensi:

                    [1] www.psychology.about.com

                    [2] www.biografitokohdunia.com

                    [3] www.id.wikipedia.org

                    M. Edi Komara

                    M. Edi Komara

                    Kepala SD Islam Al Azhar 59 Wonosari Gunungkidul DIY dan Pegiat Lughotuna.id

                    See author's posts

                    Tags: #filsafat#johndhewey#learningbydoing#pendidikanprogresif#pragmatisme#problemsolving
                    Share201Tweet126Share50
                    M. Edi Komara

                    M. Edi Komara

                    Kepala SD Islam Al Azhar 59 Wonosari Gunungkidul DIY dan Pegiat Lughotuna.id

                    Related Posts

                    Islam: Hakikat Belajar

                    Islam: Hakikat Belajar

                    by M. Edi Komara
                    1 Maret 2021
                    0

                    Dalam sejarah agama islam, penyelenggaraan pendidikan diawali oleh Rasulullah SAW dan para Khulafa ar-Rasyidin. Rasulullah saw telah menjadikan mengajar membaca...

                    Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

                    Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

                    by M. Riza Pahlefi
                    26 Februari 2021
                    0

                    Pemikiran Popper tentang falsifikasi berawal dari problem demarkasi (garis batas) antara ungkapan ilmiah dan non ilmiah. Dalam hal ini ia...

                    RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                    RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                    by M. Edi Komara
                    19 Februari 2021
                    0

                    Judul buku: GROWING UP WIRH YOUR PROBLEMS, MY CHILD Penulis: Nurul Chomaria, S.Psi, Kayla Mubara, KOMA (Komunitas Orangtua Menulis Al...

                    Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

                    Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

                    by Cecep Jaenudin
                    15 Februari 2021
                    0

                    Imam al-Kisai sebagai figur ulama muslim yang terkenal setidaknya dalam dua panggung pengetahuan spektakuler yakni Nahwu dan Qira’at memiliki banyak...

                    New

                    • Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy 2 Maret 2021
                    • Islam: Hakikat Belajar 1 Maret 2021
                    • Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi 26 Februari 2021
                    • Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy 23 Februari 2021
                    • Khodijah R.A Ummul Mukminin 22 Februari 2021
                    • Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan 22 Februari 2021
                    • RESENSI BUKU PARENTING KOMA 19 Februari 2021
                    • Teman Yang Baik 19 Februari 2021
                    • Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui 17 Februari 2021
                    • Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan 16 Februari 2021

                    Artikel Banyak Dibaca

                    • Hubungan Bahasa Dengan Otak 1k views
                    • Telah Berpulang ke Rahmatullah, Kyai Rodli 646 views
                    • Jangan Keliru Menggunakan Kalimat Inna lillahi wa Inna ilaihi Roji’un 632 views
                    • Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dan Dasar Negara Pasca Reformasi 529 views
                    • Pembelajaran di Era Pandemi dengan Kurikulum Darurat 452 views
                    • Pesan Imam Syafi’i untuk Pemuda 394 views
                    • Pembelajaran di Madrasah Pada Masa New Normal 374 views
                    • Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam 351 views
                    • Kesombongan Menghancurkan Qorun 325 views
                    • Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab 313 views

                    Artikel Umum

                    • Teman Yang Baik
                      Makhluk sosial Manusia sejatinya merupakan makhluk sosial, yang mana tidak akan mampu hidup seorang …
                    • PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI
                      Antopologi dalam studi islam merupakan salah satu upaya memahami agama dengan cara melihat wujud …
                    • Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan
                      Ada hal yang menggelitik ketika sore ini nonton tv bareng istri. Saya melihat berita di running …
                    • Hatta, Sukarno, dan Demokrasi Kita
                      Di sore akhir pekan kemarin, tepatnya di hari Ahad, 10 Januari 2021, saya sebenarnya sedang janjian …
                    • Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19
                      Sebagai orang orang yang kerap mengamati beberapa percikan nalar dalam  dan di luar berita-berita …

                    Video Profil

                    https://www.youtube.com/watch?v=ZJnUECJcV74
                    lughotuna.id

                    Copyright © lughotuna.id

                    • Login
                    • Kirim Artikel
                    • Tentang
                    • Kontak
                    • Tim Redaksi
                    • Pendaftaran
                    • E-Learning Lughotuna

                    Follow Us

                    No Result
                    View All Result
                    • Beranda
                    • Agama
                    • Bahasa
                    • Tarikh
                    • Pendidikan
                    • Sosial
                    • Filsafat
                    • Umum
                    • Resensi
                    • Redaksi

                    Copyright © lughotuna.id

                    Login to your account below

                    Forgotten Password? Sign Up

                    Fill the forms bellow to register

                    All fields are required. Log In

                    Retrieve your password

                    Please enter your username or email address to reset your password.

                    Log In
                    Kirim Pesan
                    Powered by Join.chat
                    Hallo semua yuk nulis artikel dan publis di website kami lughotuna.id, Jika mau bertanya silahkan klik kirim pesan.