Pentingnya Mengonsumsi Air Putih Setiap Hari untuk Kesehatan

banner 468x60

Air merupakan sumber penting untuk keberlangsungan hidup manusia, karena sebagian tubuh kita terdiri oleh air. Air juga merupakan sumber kehidupan manusia dan lingkungan, air dapat dipergunakan untuk kehidupan sehari-hari seperti minum, mandi, memasak, mencuci dan masih banyak lagi kegunaannya. Dan yang akan kita bahas adalah pentingnya air untuk kesehatan, yaitu air putih.

Apa yang ada di pikiran kalian tentang air putih? minuman sehat untuk dikonsumsi? Itu benar sekali. Menurut artikel dari Dokter Sehat.com, (2017) air putih adalah salah satu jenis minuman yang bagus bermanfaat dan sangat baik untuk kebutuhan dan kesehatan bagi seluruh anggota tubuh. Dan tidak bisa kita bayangkan jika tubuh kita tidak mengonsumsi air putih di setiap harinya. Mungkin tubuh kita akan menjadi lemas dan lesu jika tidak minum air putih.

Mau tahu berapa jumlah air yang harus kita konsumsi setiap hari? Pada orang dewasa disarankan untuk minum air putih sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau 2 liter. Air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Kalian mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak manfaatnya. Mengonsumsi air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita, memudahkan tubuh dalam membakar lemak, mencegah dehidrasi dan masih banyak lagi manfaatnya. Semua manfaat tersebut nantinya akan sangat berpengaruh sekali pada massa tubuh kita, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka jadikan kebiasaan minum air putih sebagai gaya atau rutinitas harian kita. Dengan itu kita akan mendapatkan hasil yang maksimal

Dan waktu terbaik buat kita mengonsumsi air putih adalah di pagi hari setelah kita bangun tidur. Karena di saat pagi hari tubuh kita terbangun dari istirahat semalaman. Dan selama kita tidur tubuh kita kehilangan cairan, jadi sangat dianjurkan bagi kita untuk mengonsumsi air putih. Dan banyak sekali orang yang ingin hidup sehat tetapi mereka lupa untuk minum air putih setiap hari. Padahal air putih itu minuman paling sederhana dan mudah untuk ditemukan dan dikonsumsi.

Setiap pagi saya berolahraga, seperti melakukan pemanasan, berlari, atau bersepeda. Setelah saya beraktivitas, saya selalu minum air putih agar tidak kekurangan cairan dalam tubuh. Tidak hanya setelah berolahraga, tetapi saat ingin tidur dan bangun tidur saya selalu meminum air putih agar kulit wajah saya sehat dan cantik. Jadi, jika ingin kulit wajah sehat alami, maka perbanyaklah minum air putih.

Air putih sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh kita, setiap kita mengonsumsi air putih maka cairan ditubuh kita akan terpenuhi dan ternutrisi. Maka dengan itu kita harus membiasakan diri kita sendiri untuk rutin minum air putih setiap hari. Adapun efek dari kurangnya minum air putih adalah mual dan muntah, sembelit, kulit kering dan masih banyak lagi. Sangat bahaya bukan untuk kesehatan, itulah pentingnya kita mengonsumsi air putih setiap hari.

Tetapi jangan karena hal itu kita mengonsumsi air putih dengan jumlah yang banyak, karena dapat memicu keracunan air atau yang dapat kita sebut overhidrasi yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang cukup serius. Mau tahu apa saja? Salah satunya adalah meningkatnya masalah pada ginjal, sebab ginjal tidak mampu menyaring zat-zat yang terdapat di dalam tubuh kita yang tidak terpakai dengan baik untuk menjaga keseimbangan natrium di dalam ginjal.

Ada juga ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut kesehatan RI, yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri dan tidak boleh mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan. Nah, tidak bisa dibayangkan bukan jika kita jarang mengonsumsi air putih, akan ada masalah Kesehatan yang akan datang menghampiri kita. Maka dengan itu marilah kita dapatkan hidup sehat dengan mengonsumsi air putih yang cukup di setiap harinya.

Ayo hidup sehat dengan dimulai oleh hal-hal yang kecil dan mudah kita dapatkan yaitu minum air putih di setiap hari, menjadi sehat itu mudah yang sulit itu adalah ketika kita tidak dapat menjaga kesehatan. Dan jangan sampai ada penyakit yang datang ke dalam tubuh kita karena kita tidak ingin hidup sehat.

Pos terkait