Prinsip, Karakter, serta kelebihan dan kekurangan Model Pembelajaran PAIKEM GEMBROT

Pada episode tulisan sebelumnya telah diulas terkait model pembelajaran yang dikenal dengan sebutan PAIKEM GEMBROT. Adapun model pembelajaran ini sejatinya memerlukan pemilihan materi beberapa mata pelajaran yang saling berkaitan. Dengan demikian, materi-materi yang dipilih dapat mengungkapkan tema secara bermakna.

Secara umum prinsip-prinsip PAIKEM GEMBROT dapat diklasifikasikan menjadi empat yaitu, (1) Prinsip Penggalian Tema, merupakan prinsip utama dalam PAIKEM GEMBROT artinya tema-tema yang saling tumpang tindih dan ada keterkaitan menjadi target utama dalam pembelajaran, (2) Prinsip Pengelolaan Pembelajaran, prinsip ini dapat optimal apabila guru mampu menempatkan dirinya dalam keseluruhan proses, baik sebagai fasilitator juga mediator dalam proses pembelajaran, (3) Prinsip Evaluasi, pada dasarnya menjadi fokus dalam setiap kegiatan. Karena suatu kerja dapat diketahui hasilnya apabila dilakukan evaluasi, dan (4) Prinsip Reaksi, yaitu guru harus bereaksi terhadap aksi peserta didik dalam semua peristiwa serta tidak mengarahkan aspek yang sempit melainkan ke suatu kesatuan yang utuh dan bermakna.

Read More

Adapun sebagai model pembelajaran kerap diterapkan di sekolah, PAIKEM GEMBROT memiliki beberapa yaitu, berpusat pada siswa, memberikan pengalaman langsung, pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas, menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran, bersifat fleksibel, hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa, dan menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan

Kelebihan dan Kekurangan PAIKEM GEMBROT

Sebagai suatu model inovasi, model PAIKEM GEMBROT tidak mudah untuk dilaksanakan, karena memerlukan penyesuaian diri dan kemauan untuk beradaptasi. Mengingat bahwa pada model pembelajaran ini memadukan berbagai disiplin ilmu dan  memerlukan manajemen pembelajaran yang cukup kompleks.

Dalam suatu model pembelajaran tentu tidak luput dari kata sempurna dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Model Pembelajaran PAIKEM GEMBROT memiliki beberapa kelebihan seperti pembelajaran terpadu. Menurut Depdikbud, pembelajaran ini memiliki beberapa kelebihan yaitu (1) Pengalaman dan kegiatan belajar anak relevan dengan tingkat perkembangannya, (2) Kegiatan yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan anak, (3) Kegiatan belajar bermakna bagi anak, sehingga hasilnya dapat bertahan lama, (4) Keterampilan berpikir anak berkembang dalam proses pembelajaran, (5) Kegiatan belajar mengajar bersifat pragmatis sesuai dengan lingkungan anak, dan (6) Keterampilan sosial anak berkembang dalam proses pembelajaran terpadu sepertri kerjasama komunikasi dan lainnya.

Selain enam kelebihan tersebut, Model pembelajaran PAIKEM GEMBROT dirancang bersama dan dapat meningkatkan kerja sama, seperti antar guru bidang kajian terkait, guru dengan peserta disik, peserta didik dengan peserta didik, peserta didik/guru dengan narasumber lain. Sehingga dari hal ini proses pembelajaran lebih dapat menyenangkan dalam situasi nyata, dan dalam konteks yang lebih bermakna.

Namun selain kelebihan yang dimiliki PAIKEM GEMBROT, terdapat pula keterbatasan terutama dalam aspek pelaksanaanya, yaitu pada perencanaan dan pelaksanaan evaluasi yang lebih banyak menuntut guru untuk melakukan evaluasi secara berproses. Semoga dapat memberi referensi baru dan bermanfaat. Tabik.

Related posts