RESENSI BUKU PARENTING KOMA

  • Whatsapp

Judul buku: GROWING UP WIRH YOUR PROBLEMS, MY CHILD

Penulis: Nurul Chomaria, S.Psi, Kayla Mubara, KOMA (Komunitas Orangtua Menulis Al Azhar)

Penerbit: Funread

Tahun terbit: 2020

Dimensi (LxP): 14 x 20 cm

Tebal: viii + 244

ISBN : 978-623-7775-16-4

 

Parenting merupakan hal yang harus terus diupgrade oleh setiap orang tua dalam era disruptif sekarang ini, di mana anak anak menghadapi banyak tantangan dalam pemfaatan gadget dan dampak yang muncul dalam pemanfaatan gadget. Keberhasilan anak dalam era digital tergantung pada seberapa kuat pola pengasuhan yang diberikan oleh orang tua yang tentunya jauh dari kata pemaksaan dan kekerasan.

Fakta yang tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi berupa gadget sudah masuk dalam setiap lini kehidupan. Bahkan tidak sedikit pula orang yang menghabiskan waktu berjam jam untuk mengakses gadget. Menghadapi realitas ini tentu dibutuhkan upgrade ilmu agar terus bisa melaksanaan parenting kepada anak tanpa menutup derasnya perkembangan teknologi di era globalisasi.

Buku ini menyajikan berbagai macam kisah dan pengalaman praktis orang tua generasi alpa dalam parenting. Banyak sekali ilmu dan nilai yang terkandung dari setiap artikel yang tersaji. Tidak sekedar untaian kalimat tetapi juga value nyata.

Selain itu buku ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran tentang konsep dan praktik parenting di era disruptif, yang dirangkum dalam prinsip pendidikan anak usia dini dan dewasa berdasarkan ajaran Al qur’an dan sunnah. Uraian pengalaman pendidikan anak usia dini dalam buku ini memberikan pemahaman yang luas tentang cara praktis mengurai kecanduan gadget, pendidikan seksual usia dini, pentingnya uswah hasanah untuk remaja,  yang harus diketahui oleh orang tua di era disruptif ini.

Kemudian buku ini juga memandu pembaca dalam membangun pola pendidikan dan pengasuhan yang kuat dan tertanam dalam diri anak, mulai dari pemahaman akan dirinya sendiri, potensi yang dimiliki, adab terhadap sesama dan lain sebagainya. Buku ini relevan untuk semua orang tua murid di era disruptif.

Dalam buku inipun, latar belakang penulis yang beragam menjadi hal menarik untuk melihat praktik parenting nyata. Buku ini juga disertai langkah praktis dalam pendidikan anak sehingga mampu memudahkan pembaca dalam mengimplementasikan praktik baik dalam pendidikan anak.

Pos terkait