Seputar Puasa dan manfaatnya

Seputar Puasa dan  manfaatnya

Puasa adalah suatu kegiatan dimana kita harus menahan lapar dan dahaga dari waktu terbit fajar, hingga matahari terbenam, dan puasa juga merupakan salah satu rukun islam. Oleh karena itu, puasa menjadi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh seluruh umat muslim di dunia setiap tahunnya, baik di bulan Ramadan maupun di hari-hari biasa yang disunnahkan, seperti puasa senin-kamis, puasa Ayyamul bidh (setiap tanggal 13, 14, 15 pada bulan hijriyah), puasa arafah, puasa daud, dan lain sebagainya, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam qur’an surat Al-Baqarah ayat 183

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Ayat ini menjelaskan kepada kita kewajiban berpuasa pada bulan Ramadhan. Namun lain halnya dengan seseorang yang memiliki udzur atau halangan untuk berpuasa, yang artinya apabila seseorang itu berpuasa, justru akan mendatangkan bahaya bagi yang melaksanakannya seperti seseorang yang sedang sakit, perempuan yang sedang hamil, wanita yang sedang menyusui anaknya, perempuan yang sedang dalam masa nifas, orang tua yang sudah lanjut usia yang tidak kuat berpuasa dan musafir (orang yang sedang dalam perjalanan jauh), atau sedang dalam kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan puasa, sebagaimana telah Allah sampaikan dalam firmannya

(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Q.S Al-Baqarah 2: 184)

Jadi, barang siapa yang tidak bisa melaksanakan puasa pada bulan Ramadan sebab ada nya halangan yang dibolehkan syari’at,  maka wajib baginya untuk mengganti puasa tersebut di luar bulan Ramadhan, dan apabila seseorang itu  tidak  juga bisa melaksanakan qadhanya, maka ia wajib membayar fidyah atau tebusan, yang menurut istilah syariat adalah denda yang wajib ditunaikan karena meninggalkan kewajiban atau melakukan larangan. Kategori yang diperbolehkan untuk membayar fidyah yaitu, orang sakit yang tidak ada harapan untuk sembuh, orang tua yang telah lanjut usia, ibu hamil/menyusi yang khawatir terhadap keselamatan bayinya, dan seseorang yang menunda mengqadha puasa Ramadan sebelumnya  tanpa uzur syar’i hingga Ramadhan tahun berikutnya teah datang. Adapun kadar fidyahnya itu hendaknya  disesuaikan dengan adat dan kebiasaan, namun diutamakan bahwa ukuran dan kadarnya adalah merupakan ukuran dan kadar pertengahan dari jenis makanan harian yang biasa dimakan oleh orang yang membayar fidyah.

MANFAAT PUASA.

Setelah mengulas sedikit tentang puasa, disini saya akan membahas apa saja manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

  1. Untuk mendetoksifikasi tubuh

Detoksifikasi adalah suatu proses pembersihan tubuh dari berbagai racun. Hidup di zaman modern ini tentunya penting bagi kita untuk sesering mungkin melakukan detoksifikasi, karena dari gaya hidup saat ini yang sudah jauh dari nuansa alami, yang membuat kita banyak menerima racun dari berbagai macam makanan, atau bahkan zat zat alam. Pada dasarnya, tubuh kita mempunyai kemampuan untuk mendetoksifikasi secara alami, namun apabila kita melaksanakan puasa, maka proses detoksifikasi itu sendiri akan menjadi sempurna. Karena ketika kita berpuasa, tubuh tidak akan memasukkan makanan maupun minuman selama waktu yang telah ditentukan hal itu membuat tubuh dan organ-organ lainnya bekerja lebih ringan dari biasanya. Kajian ilmu Kesehatan masa kini mendapatkan bukti bahwa berpuasa amat baik sebagai suatu proses pembersihan tubuh dari berbagai racun yang masuk ke tubuh kita. Namun, ada hal yang harus diperhatikan, agar proses detoks ini berjalan dengan lancar, dianjurkan juga selama berpuasa untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran .

  1. Mengurangi berat badan

Puasa adalah salah satu sarana yang paling efektif untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badannya atau yang biasa kita kenal dengan diet. Puasa yang dilakukan dengan benar dan sesuai syariat akan membuat tubuh kita sehat, lemak-lemak dalam tubuh kita akan dibongkar. Namun meskipun begitu, justru banyak orang yang berat badannya bertambah setelah berpuasa, hal itu karena puasanya yang tidak bermutu, Yaitu seseorang yang secara fisik justru dia menambah porsi makan pada saat jam berbuka puasa ataupun sahurnya. Jadi, berdiet dengan cara puasa pun harus tetap memperhatikan jenis makanan tersebut. Karena akan percuma jika kita sudah menahan lapar dan haus, selama ± 14 jam, kemudian pada saat berbuka kita malah mengonsumi makanan yang mengandung kalori dan lemak dalam porsi yang banyak, itu akan membuat proses diet itu menjadi sia-sia.

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat puasa yang ketiga yaitu, dapat meningkatkan kesehatan jantung,karena dengan berpuasa dapat menurunkan tekanan darah trigeliserida dan tingkat kolesterol.

Itulah manfaat utama puasa bagi kesehatan tubuh kita, namun, masih ada banyak lagi manfaat-manfaat lain dari puasa bagi kesehatan tubuh yang jarang kita ketahui, dan ternyata sudah dikaji oleh ilmu Kesehatan masa kini. Oleh karena itu, berpuasalah semata-mata hanya mengharap ridha Allah, sebagaimana Allah dan Rasulullah telah perintahkan dalam Qur’an dan Hadist, karena, Ketika kita telah mendapatkan Ridha-Nya, maka insyaallah kita akan senantiasa mendapatkan manfaat-manfaat dari berpuasa.

 

 

Related posts