Sukses Berorganisasi Kampus Dengan Kewibawaan

Sukses Berorganisasi Kampus Dengan Kewibawaan
Sukses Berorganisasi Kampus Dengan Kewibawaan

Sukses Berorganisasi Kampus Dengan Kewibawaan tentu saja impian setiap organisatoris. Mudah dalam menjalankan semua program kerja maka dibutuhkan juga pemimpin yang mampu memberikan teladan kepada seluruh anggotanya.

Menjadikan sukses itu mudah dan perlu dipahami bersama point-poin berikut:

Memiliki Pemimpin dan Anggota

Memimpin sebuah organisasi dibutuhkan keterampilan/skil yang berjiwa sosial, bijaksana, simpati dan empati kepada anggota dan rekan kerjanya. Pemimpin dalam organisasi tingkatan tertinggi dalam memutuskan semua permasalahan yang akan dihadapi pada masa periode jabatan. 

Pemimpin tidak bisa kerja sendiri tanpa didampingi oleh anggota lainnya yang dibentuknya untuk melaksanakan kegiatan dan program yang tersusun didalamnya. Anggota memiliki peranan penting dalam pelaksanaan semua program kerja sehingga keberadaan anggota dalam organisasi sangatlah penting. 

Dinamakan sebagai organisasi memiliki struktur seperti: Ketua, Sekertaris, dan Bendahara sudah cukup disebut sebagai tim atau organisasi. Tidak ada batas maksimal dalam berorganisasi dan dalam jumlah minimal oarganisasi membutuhkan 3 orang seperti yang dijelaskan tadi.

Kerjasama Yang Solid

kerjasama dalam suatu kelompok harus dilakukan yang berguna bagi organisasi, kerjasama bukan hanya saja dalam bidang fisik akan tetapi kerjasama banyak sekali yang dapat dilakukan oleh anggota seperti membantu dalam memecahkan sebuah permasalahan dibidang atau divisi lain yang sedang mendapatkan pronlem dalam menjalankan programnya.

Saling meringankan beban anggota lainnya maka setiap divisi atau yang ada didalam organisasi tersebut haruslah membantu karena program kerja adalah milik bersama. 

kerjasama yang solid ini harus diawali oleh pemimpin agar semua anggota mengetahui bahwa atasan mereka mau ikut kerjasama yang solid. Jika sudah terbentuk dengan kersama yang solid maka akan lebih mudah dalam menjalankan semua kegiatan. 

Memiliki Visi dan Misi

Visi dan Misi penting sekali dalam sebuah organisasi terutama ini digunakan dalam waktu yang panjang, sebelum menyusun semua program kerja yang akan dilaksanakan maka visi dan misi terlebih dahulu yang harus dibangun kuat sehingga semua program yang akan dijalankan akan mendukung sesuai dengan visi dan misi.

Pembagian Tugas kepada Anggota 

Pembagian tugas kepada anggota harus jelas dengan kegiatan yang akan dikerjakan selama menjadi penanggung jawab serta diperlukan SOP dalam pelaksanaannya.

Anggot berhak mendapatkan tugas dari atasan begitu sebaliknya dalam menjalankan tugas dengan baik supaya terjalin komunikasi yang saling menguatkan dalam berorganisasi.

Memiliki Mekanisme dalam Proses Berorganisasi

Mekanisme dalam bekerja didalam organisasi pasti ada dan itu adalah sebuah kewajiban yang harus dimiliki oleh semua organisasi, mekanisme dalam proses berorganisasi maksudnya adalah setiap kegiatan harus sesuai dengan tata tertib yang berlaku yang dapat meringankan kepada semua pihak sesuai dengan kinerja masing-masing bidang.

Related posts

1 comment

Comments are closed.