Tantangan Kebijakan Kenakalan Remaja di Indonesia

Membahas tentang remaja memang sangat menarik, remaja merupakan generasi penerus agama dan bangsa, keselamatan bangsa terletak di tangan para remaja masa kini, remaja juga merupakan aset paling berharga bagi masyarakat tetapi banyak sekali yang terjadi pada remaja seperti perkelahian, perampokan, narkoba, dan seksual bebas. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kenakalan remaja yang harus di perhatikan Untuk mengatasinya maka bimbingan dari orang tua dan juga lingkungan yang baik bisa menjadi penentu bagi perkembangan remaja tersebut. Kenakalan remaja merupakan masalah yang sering terjadi pada remaja baik lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat Kontrol diri yang lemah adalah salah satu faktor penyebab kenakalan remaja.

Kontrol Diri Remaja

Pengontrolan diri remaja yang masih terbilang labil harus disertai dengan kontrol langsung dari orang tua. Peran penting orang tua sangat diperlukan sebagai pendamping yang berkewajiban menjaga anak anaknya tetap berada dalam pergaulan yang aman dan nyaman.

Faktor Kenakalan

Salah satu faktor penyebab kenakalan remaja ialah lingkungan keluarga, karna lingkungan keluarga sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang sang anak. Misalnya lingkungan keluarga yang terbuka secara pemikiran akan memudahkan anak untuk menceritakan hal yang mereka alami selama mereka tidak berada di rumah , begitu juga sebaliknya jika lingkungan keluarga yang terkesan tertutup dan terlalu banyak menuntut itu akan mempengaruhi keterbukaan sang anak untuk menceritakan hal hal yang mereka alami sehingga dengan begitu anak menjadi pribadi yang tertutup dan terkesan lebih memilih untuk memendam masalahnya sendiri dan berakibat fatal pada pergaulannya diluar rumah.

Pada kasus yang sering terjadi di Indonesia kebanyakan orang tua yang kurang peka terhadap gerak gerik anaknya. Mereka lebih mementingkan pekerjaan mereka sehingga lupa akan tugas mereka sebagai orang tua. Oleh karena itu tidak jarang banyak anak yang kehilangan tempatnya bercerita dan menuangkan segala keluh kesahnya dan berujung pada lingkungan pergaulan anak yang kurang baik. Mereka melakukan hal semaunya yang mereka anggap benar tanpa adanya arahan yang tepat dari orang tua. Akibatnya akan berpengaruh kepada kepribadian sang anak. Anak menjadi pribadi yang sering menyendiri, terkesan tertutup dan tidak jarang menjadi korban bullying dilingkungan sekolahnya.

Pada saat ini khususnya di era globalisasi yang terkesan lebih cenderung kearah yang modern kasus kenakalan remaja tidak hanya sebatas perkelahian antarremaja desa dan sekolah melainkan sudah mengarah kearah yang merugikan banyak pihak. Misalnya pergaulan yang sangat bebas tanpa adanya batasan antara laki laki dan perempuan dapat menimbulkan seks bebas yang mengakibatkan hilangnya kehormatan seorang wanita, hamil diluar nikah,dan nikah dalam usia dini.

Hal seperti ini mengakibatkan masa depan yang suram karena secara usia laki laki maupun perempuan terbilang masih dalam usia pelajar dan belum memiliki pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari mereka . Tidak jarang adanya kasus pencurian lantaran kebutuhan yang belum bisa terpenuhi dan jauh dari kata cukup. Kenakalan remaja lainnya seperti mengonsumsi narkoba, obat obatan dalam dosis tinggi, oplosan juga termasuk kedalam hal yang merugikan banyak pihak dan termasuk dalam kasus tindak pidana. Jika seorang anak yang kecanduan obat obatan terlarang akan menganggu konsentrasinya saat belajar, tingkat emosi yang tidak stabil karena berada dalam pengaruh obat obatan yang memabukkan.

Akibat melakukan hal hal di bawah kendali mereka tanpa rasa sadar. Misalnya kekerasan yang dilakukan terhadap temannya yang mereka anggap meresahkan karena keberadaannya atau alasan alasan yang tidak masuk pada akal sehat orang normal.

Penyebab kenakalan remaja juga berasal dari gadget dan media sosial lainnya. Oleh karena itu orangtua juga perlu mengontrol setiap aktivitas yang anaknya lakukan didalam media sosialnya. Misalnya dengan membatasi tontonan yang menurutnya tidak baik ditonton dalam usia dini, contohnya tontonan kekerasan, pornografi dll. Anak anak sebaiknya disuguhkan dengan tontonan yang berbau positif misalnya yang berhubungan dengan moralitas agama yang dapat mengembangkan pola pikir mereka kearah yang positif. Dengan begitu akan menghasilkan generasi yang cerdas, bermoral baik dan positif.

Adapun cara menanggulangi kasus kasus kenakalan remaja yaitu menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis dan serasi, pengenalan orang tua terhadap psikis anaknya masing masing, rasa peka yang dimiliki orang tua sangat berperan penting serta pemikiran yang terbuka antara anak dan orang tua sehingga tidak ada kesenjangan antar anak dan orang tua dirumah. Jika hal itu dilakukan dan diterpkan dalam lingkungan keluarga dapat meminimalisir kenakalan remaja yang sering terjadi di era globalisasi modern sekarang ini. Dengan lingkungan seperti ini juga dapat menghasilkan kualitas anak remaja yang berprestasi dan cerdas serta berguna terhadap kemajuan agama, bangsa dan negara. Karena kesuksesan suatu bangsa itu tergantung pada generasi selanjutnya.

Related posts