• Latest
  • Trending
  • All
Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

20 Januari 2021
Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

2 Maret 2021
Islam: Hakikat Belajar

Islam: Hakikat Belajar

1 Maret 2021
Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

26 Februari 2021
Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

23 Februari 2021
Khodijah R.A Ummul Mukminin

Khodijah R.A Ummul Mukminin

27 Februari 2021
Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

22 Februari 2021
RESENSI BUKU PARENTING KOMA

RESENSI BUKU PARENTING KOMA

19 Februari 2021
https://www.kompasiana.com/tarulimansuretno/58159dfb589773bc1194e31f/berteman-itu-seperti-minum-kopi?page=all

Teman Yang Baik

19 Februari 2021
Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

17 Februari 2021
Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

6 Februari 2021
Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

15 Februari 2021
BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

14 Februari 2021
  • Login
  • Kirim Artikel
  • Tentang
  • Kontak
  • Tim Redaksi
  • Pendaftaran
    • Webinar 1
    • Webinar 2
    • Webinar 3
    • Webinar 4
    • Webinar 5
    • Webinar 6
    • Webinar 7
    • Webinar 8
    • Workshop
  • E-Learning Lughotuna
Selasa, Maret 2, 2021
-18 °c
lughotuna.id
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Agama
    Islam: Hakikat Belajar

    Islam: Hakikat Belajar

    Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

    Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan

    Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

    Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui

    Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

    Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan

    Sholat Dhuha 

    Sholat Dhuha 

    Iman Kepada Malaikat

    Iman Kepada Malaikat

    Tradisi slametan

    PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

    Perjalanan Cinta Rabi’ah Al-Adawiyah

    Perjalanan Cinta Rabi’ah Al-Adawiyah

    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

    Trending Tags

    • Bahasa
      Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

      Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy

      ILMU PSIKOLINGUISTIK

      ILMU PSIKOLINGUISTIK

      Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

      Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

      Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

      Ketika Empat Maharah Bahasa Arab Diajarkan di Kelas Ilmu Kesehatan dan Ada Juga Non Muslim di Dalamnya

      KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

      KBM Daring; Saatnya Guru Bahasa Arab Bereksplorasi

      Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

      Bahasa Arab itu Faedah Banget!!!!

      Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab

      Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab

      Politik Nasab dan Politik Kemuliaan dalam Masyarakat Arab

      Politik Nasab dan Politik Kemuliaan dalam Masyarakat Arab

      Belajar Adab dari Ulama Nahwu yang Satu Ini

      Belajar Adab dari Ulama Nahwu yang Satu Ini

      Trending Tags

      • Tarikh
        Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

        Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy

        Khodijah R.A Ummul Mukminin

        Khodijah R.A Ummul Mukminin

        Apa itu Valentine Day?

        Apa itu Valentine Day?

        Imam al-Kisai dan Mozaik Pemikiran Filosofis Pendidikannya

        Imam al-Kisai dan Mozaik Pemikiran Filosofis Pendidikannya

        Biografi Imam al-Kisa’i, Begawan Nahwu dari Kufah

        Biografi Imam al-Kisa’i, Begawan Nahwu dari Kufah

        Mengenal Singkat Mathla’ul Anwar (MA)

        Mengenal Singkat Mathla’ul Anwar (MA)

        Ihwal Nahwu dalam Takwin al-Aql al-Arabi karya al-Jabiri

        Ihwal Nahwu dalam Takwin al-Aql al-Arabi karya al-Jabiri

        Ahmad Dahlan Kyai Kafir

        Ahmad Dahlan Kyai Kafir

        Ini Karya-Karya al-Jabiri dan Penulis Indonesia yang Turut Membincangkannya

        Ini Karya-Karya al-Jabiri dan Penulis Indonesia yang Turut Membincangkannya

        Trending Tags

        • Pendidikan
          Islam: Hakikat Belajar

          Islam: Hakikat Belajar

          Guru Intensional

          Guru Intensional

          NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

          NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

          PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

          PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

          Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

          Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

          Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

          Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

          TILAWATI: CEPAT DAN LANCAR BACA AL QUR’AN [PART I]

          Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

          Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

          Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

          Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

          Trending Tags

          • Sosial
            https://www.kompasiana.com/tarulimansuretno/58159dfb589773bc1194e31f/berteman-itu-seperti-minum-kopi?page=all

            Teman Yang Baik

            Tradisi slametan

            PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

            Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

            Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan

            Hatta, Sukarno, dan Demokrasi Kita

            Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19

            Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19

            Kegaduhan di Kelas Sejarah

            Kegaduhan di Kelas Sejarah

            OSPEK dan Tradisi yang Belum Berubah

            OSPEK dan Tradisi yang Belum Berubah

            Refleksi Terhadap Peristiwa Penusukan Syaikh Ali Jaber

            Refleksi Terhadap Peristiwa Penusukan Syaikh Ali Jaber

            Puan dan Catatan Selanjutnya tentang Buku Identitas Francis Fukuyama

            Puan dan Catatan Selanjutnya tentang Buku Identitas Francis Fukuyama

            Trending Tags

            • Filsafat
              Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

              Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi

              BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

              BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

              PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

              PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

              Immanuel Kant: Filosof Tulen Rasionalisme

              Immanuel Kant: Filosof Tulen Rasionalisme

              Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

              Karl R Popper, Kekaguman kepada Einstein hingga Kritiknya terhadap Positivisme August Comte

              Plato dan Negara Idealnya

              Plato dan Negara Idealnya

              Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam

              Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam

              Menelusuri Islam Rahmat dalam Nalar Socrates

              Menelusuri Islam Rahmat dalam Nalar Socrates

              Mengulas Nalar Bertuhan ala Socrates

              Mengulas Nalar Bertuhan ala Socrates

              Trending Tags

              • Umum
                Islam: Hakikat Belajar

                Islam: Hakikat Belajar

                RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

                Karya Tulis Imam al-Kisai dan Jejak Warisnya pada Pemikiran Nahwu Kufah

                BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

                BARAT DAN TIMUR: PENALARAN DAN ILMU 

                Tradisi slametan

                PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI

                NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                Pavlovianisme

                Pavlovianisme

                PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

                Selamat Jalan Mbah Yai KH Najib Abdul Qodir

                Trending Tags

                • Resensi
                  RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                  RESENSI BUKU PARENTING KOMA

                  Fonologi Bahasa Arab (Ilmu Al-Ashwat)

                  Fonologi Bahasa Arab (Ilmu Al-Ashwat)

                  Obat Galau Milenial Pecinta Bahasa Arab

                  Obat Galau Milenial Pecinta Bahasa Arab

                  Zharaf, Raga Wadah dari Rahasia – Rahasia Tuhan

                  Zharaf, Raga Wadah dari Rahasia – Rahasia Tuhan

                  Tafsir Mistik Mengapa Mashdar Berada pada Urutan Ketiga dalam Tashrif

                  Tafsir Mistik Mengapa Mashdar Berada pada Urutan Ketiga dalam Tashrif

                  Wajah Sufistik Mashdar

                  Wajah Sufistik Mashdar

                  ‘Athaf dari Perspektif seorang Hamba

                  ‘Athaf dari Perspektif seorang Hamba

                  Rumus Tasawuf dalam Kaidah ‘Athaf

                  Rumus Tasawuf dalam Kaidah ‘Athaf

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi ke-11: Bertemunya Ruh dengan Ruh-Nya

                  Catatan Ngaji Nahwu Sufi ke-11: Bertemunya Ruh dengan Ruh-Nya

                  Trending Tags

                  • Redaksi
                    Call for Submission

                    Call for Submission

                    Kajian Nahwu Sufi

                    Kajian Nahwu Sufi

                    Trending Tags

                    lughotuna.id
                    No Result
                    View All Result
                    Home Pendidikan

                    Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an

                    Part II

                    by M. Edi Komara
                    20 Januari 2021
                    in Pendidikan
                    0
                    Tilawati, Cara Cepat dan Lancar Baca al-Qur’an
                    519
                    SHARES
                    1.5k
                    VIEWS
                    Share on FacebookShare on Twitter

                    Pada bagian satu sudah dijelaskan tentang apa itu tilawati. Pada bagian kedua ini akan disajikan tentang bagaimana teknis pengaturan pembelajaran tilawati. Namun sebelum membahas secara detail, perlu diketahui tentang target dalam pembelajaran tilawati. Target yang jelas sangat menentukan langkah-langkah dalam pembelajaran dan mengukur keberhasilan atau ketercapaian kompetensi baca al qur’an.

                    Target pembelajaran Tilawati sebagaimana yang tertuang dalam buku Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati karya Abdurrohim Hasan, M. Arif dan Abdur Rouf sebagai berikut.

                    Target Kualitas

                    Yang dimaksud dengan target kualitas adalah sebagai berikut.

                    Pertaama tartil membaca Al-Qur‟an: diharapkan setelah santri menyelesaikan seluruh paket pembelajaran, santri mampu membaca al-Qur‟an secara tartil yaitu menguasai fashohah secara praktek, menguasai tajwid secara teori dan praktek, menguasai ghorib dan musykilat secara teori dan praktek dan suaranya jelas dan lantang dalam membaca al-Qur‟an serta menguasai lagu rost tiga nada.

                    Kedua khatam al-Qur‟an 30 juz yaitu santri dinyatakan selesai jika telah khatam al-Qur‟an 30 juz dengan cara tadarrus dan lulus munaqosyah.

                    Ketiga memiliki pengetahuan dasar-dasar agama, ketuntasan belajar siswa dilengkapi dengan pengetahuan agama diantaranya: hafalan surat pendek, hafalan ayat-ayat pilihan, hafal bacaan sholat, hafal do’a-do’a harian, memahami pelajaran fiqih, sejarah, akhlaq dan lain-lain.

                    BacaJuga

                    Islam: Hakikat Belajar

                    Guru Intensional

                    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                    PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                    Orang Tua Bukan Pengganti Guru di Rumah

                    TILAWATI: CEPAT DAN LANCAR BACA AL QUR’AN [PART I]

                    Memahami Bagaimana Permulaan Mendidik Anak Sejak Awal Kelahirannya

                    Asas-asas Kurikulum (Bagian 2)

                    Target Waktu

                    Untuk menuntaskan seluruh materi ditempuh selama tiga tahun, dibagi dalam dua jenjang yaitu sebagai berikut.

                    Pertama, Dasar (Tilawati jilid 1 – jilid 5). Jenjang ini diselesaikan dalam waktu 15 bulan dengan ketentuan: 5 kali tatap muka dalam satu minggu, 75 menit setiap tatap muka dan dalam satu kelas maksimal 15 siswa.

                    Kedua, Lanjutan (Tadarrus Al-Qur‟an 30 juz). Jenjang ini diselesaikan dalam waktu 18 bulan dengan ketentuan: 5 kali tatap muka dalam satu minggu, 75 menit setiap tatap muka dan dalam satu kelas maksimal 15 siswa.

                    Kemudian bagaimana proses pembelajaran tilawati yang diterapkan guru. Berikut disampaikan teknik pembelajaran al-Qur’an melalui metode Tilawati sebagai berikut.

                    • Klasikal

                    Klasikal adalah Proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara bersama-sama atau berkelompok dengan menggunakan alat peraga. Dalam teknik ini biasanya diberi waktu 15 menit. Manfaat Klasikal praga adalah agar santri terbiasa dengan bacaan yang dibaca sehingga santri mudah untuk melancarkan bacaannya. Selain itu dengan teknik klasikal ini santri mudah dalam penguasaan lagu rost, sehingga santri mampu untuk melancarkan halaman-halaman awal ketika santri sudah pada halaman akhir. Dalam menerapkan klasikal peraga diatas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

                      1. Alokasi waktu klasikal 15 menit tidak boleh dikurangi
                      2. Pada saat klasikal tehnik 2 dan 3 guru harus ikut membaca, karena sebagai komando agar santri ikut membaca
                      3. Tidak diperkenankan menunjuk salah satu santri untuk memimpin klasikal atau menunjuk santri untuk membaca; dan
                      4. Saat memimpin klasikal guru hendaknya bersuara jelas dan lantang, untuk menggugah semangat belajar santri.
                    • Baca simak

                    Baca simak adalah adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara membaca bergiliran yang satu membaca dan yang lain menyimak dengan durasi waktu 30 menit. Manfaatnya adalah selain santri tertib dan tidak ramai pembagian waktu setiap santri adil. Baca simak juga melatih santri untuk bersikap toleransi terhadap temannya yang membaca, sehingga santri yang tidak membaca itu bisa menyimak dan mendengarkan yang sama dengan membaca dalam hati. Penerapan Tehnik Baca Simak:

                      1. Guru menjelaskan pokok bahasan pada halaman yang akan dibaca;
                      2. Baca Simak diawali dengan membaca secara klasikal pada halaman yang akan diajarkan pada pertemuan tersebut. Sedangkan tehnik yang digunakan disamakan dengan tehnik klasikal peraga pada saat itu; dan
                      3. Santri membaca tiap baris bergiliran sampai masing-masing santri membaca 1 halaman penuh dalam bukunya.

                    Setelah diketengahkan perihal langkah langkah dalam kegiatan inti pembelajaran Tilawati, berikut disampaikan tentang macam-macam evaluasi atau munaqosyah yang dilaksanakan dalam metode Tilawati.

                    Pertama Pre test.  Ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui kemampuan santri sebelum mereka mengikuti proses pembelajaran sebagai bahan untuk pengelompokkan kelas.

                    Kedua Harian. Evaluasi ini adalah evaluasi yang dilaksanakan setiap hari oleh guru untuk menetukan kenaikan halaman buku Tilawati secara bersama dalam satu kelas.

                    Ketiga Kenaikan jilid. Maksudnya adalah evaluasi yang dilakukan secara periodik oleh munaqisy lembaga untuk menentukan kenaikan jilid buku Tilawati.

                    Uraian di atas sudah dijelaskan tentang langkah langkah pelaksanaan pembelajaran al qur’an dengan metode tilawati. Kunci utama dalam pembelajaran menggunakan metode tilawati ini yaitu adanya konsistensi (istiqomah) dalam pelaksanaan langkah langkah pembelajaran tilawati di atas. Selain itu penguasaan guru terhadap materi tilawati menjadi aspek esensial dalam pembelajaran al qur’an Tilawati.

                     

                    M. Edi Komara

                    M. Edi Komara

                    Kepala SD Islam Al Azhar 59 Wonosari Gunungkidul DIY dan Pegiat Lughotuna.id

                    See author's posts

                    Tags: #iramarost#menyenangkan#metodebacaalquran#metodebacaalquranmudah#metodemudah#nadarost#tilawati
                    Share208Tweet130Share52
                    M. Edi Komara

                    M. Edi Komara

                    Kepala SD Islam Al Azhar 59 Wonosari Gunungkidul DIY dan Pegiat Lughotuna.id

                    Related Posts

                    Islam: Hakikat Belajar

                    Islam: Hakikat Belajar

                    by M. Edi Komara
                    1 Maret 2021
                    0

                    Dalam sejarah agama islam, penyelenggaraan pendidikan diawali oleh Rasulullah SAW dan para Khulafa ar-Rasyidin. Rasulullah saw telah menjadikan mengajar membaca...

                    Guru Intensional

                    Guru Intensional

                    by Arief Bahtiar Rifai
                    7 Februari 2021
                    0

                    Guru Intensional adalah guru yang memiliki keinginan dan niatan yang baik untuk melakukan apapun didasari oleh niatnya, dan mampu memberikan...

                    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                    NASIHAT: METODE PENDIDIKAN ALA NABI

                    by M. Edi Komara
                    6 Februari 2021
                    0

                    Hadits bagi umat islam merupakan sesuatu yang penting karena didalamnya terungkap berbagai tradisi yang berkembang pada masa Rasulullah SAW. Tradisi-tradisi...

                    PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                    PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DHEWEY

                    by M. Edi Komara
                    6 Februari 2021
                    0

                      Wacana filsafat yang menjadi topik utama pada zaman modern, khususnya abad ke-17, adalah persoalan epistemologi. Pertanyaan pokok dalam bidang...

                    New

                    • Tekstualitas Kitab al-‘Imrithy 2 Maret 2021
                    • Islam: Hakikat Belajar 1 Maret 2021
                    • Falsifikasi Karl R Popper dan Kritiknya terhadap Metode Verifikasi 26 Februari 2021
                    • Mengenal Imam Yahya al-‘Imrithy, Penulis Kitab Nahwu ‘Imrithy 23 Februari 2021
                    • Khodijah R.A Ummul Mukminin 22 Februari 2021
                    • Larangan berbuat kerusakan di darat dan di lautan 22 Februari 2021
                    • RESENSI BUKU PARENTING KOMA 19 Februari 2021
                    • Teman Yang Baik 19 Februari 2021
                    • Empat Permasalahan yang Wajib Diketahui 17 Februari 2021
                    • Tasawuf Khauf dan Raja’ dalam Kenegaraan 16 Februari 2021

                    Artikel Banyak Dibaca

                    • Hubungan Bahasa Dengan Otak 1k views
                    • Telah Berpulang ke Rahmatullah, Kyai Rodli 646 views
                    • Jangan Keliru Menggunakan Kalimat Inna lillahi wa Inna ilaihi Roji’un 632 views
                    • Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dan Dasar Negara Pasca Reformasi 529 views
                    • Pembelajaran di Era Pandemi dengan Kurikulum Darurat 452 views
                    • Pesan Imam Syafi’i untuk Pemuda 394 views
                    • Pembelajaran di Madrasah Pada Masa New Normal 374 views
                    • Sumber dan Karakteristik Filsafat Etika Islam 351 views
                    • Kesombongan Menghancurkan Qorun 325 views
                    • Cara Sukses Praktik Ngomong Bahasa Arab 313 views

                    Artikel Umum

                    • Teman Yang Baik
                      Makhluk sosial Manusia sejatinya merupakan makhluk sosial, yang mana tidak akan mampu hidup seorang …
                    • PEMBACAAN STUDI ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANTROPOLOGI
                      Antopologi dalam studi islam merupakan salah satu upaya memahami agama dengan cara melihat wujud …
                    • Saat Saya Nonton Berita tentang Penyebab Banjir di Kalimantan Selatan
                      Ada hal yang menggelitik ketika sore ini nonton tv bareng istri. Saya melihat berita di running …
                    • Hatta, Sukarno, dan Demokrasi Kita
                      Di sore akhir pekan kemarin, tepatnya di hari Ahad, 10 Januari 2021, saya sebenarnya sedang janjian …
                    • Kalimat Gombal di Penegakan Covid-19
                      Sebagai orang orang yang kerap mengamati beberapa percikan nalar dalam  dan di luar berita-berita …

                    Video Profil

                    https://www.youtube.com/watch?v=ZJnUECJcV74
                    lughotuna.id

                    Copyright © lughotuna.id

                    • Login
                    • Kirim Artikel
                    • Tentang
                    • Kontak
                    • Tim Redaksi
                    • Pendaftaran
                    • E-Learning Lughotuna

                    Follow Us

                    No Result
                    View All Result
                    • Beranda
                    • Agama
                    • Bahasa
                    • Tarikh
                    • Pendidikan
                    • Sosial
                    • Filsafat
                    • Umum
                    • Resensi
                    • Redaksi

                    Copyright © lughotuna.id

                    Login to your account below

                    Forgotten Password? Sign Up

                    Fill the forms bellow to register

                    All fields are required. Log In

                    Retrieve your password

                    Please enter your username or email address to reset your password.

                    Log In
                    Kirim Pesan
                    Powered by Join.chat
                    Hallo semua yuk nulis artikel dan publis di website kami lughotuna.id, Jika mau bertanya silahkan klik kirim pesan.