Tips membuat Media Pembelajaran Bahasa Arab yang menyenangkan

sumber : https://mmc.kalteng.go.id/berita/read/3761/faktor-action-dalam-media-pembelajaran

Pandemi Covid 19 telah mengubah semua mobilitas manusia, yang didalamnya termasuk rutinitas keluarga. Siswa terpaksa tidak diperbolehkan untuk hadir secara fisik di sekolah karena keadaan pandemi ini, lalu bagaimana dengan pendidik yang harus selalu dapat mentransfer ilmu ke siswa-siswanya?

Dibalik kegelisahan, ketakutan adanya covid 19 ada hikmah yang luar biasa bagi pendidik, yaitu lebih dapat mengevaluasi bagaimana cara mengajar dengan media yang menarik. Banyak bermunculan pelatihan-pelatihan yang mengarah ke strategi media pembelajaran. Lughotuna.id ini pun sudah beberapa kali mengkaji terkait strategi dan media pembelajaran. Banyak hal yang dapat dipelajari para pendidik jaman now khususnya di era pandemi ini seperti elearning, zoom meeting, google meet, google classroom, dan lain lain.

Pada tulisan kali ini penulis mencoba memberikan tutorial bagaimana merencanakan pembelajaran berbasis video, adapun bahan yang perlu disiapkan adalah 1) Naskah Video 2) Greenscreen 3) aplikasi (kinemaster, filmora, adobe premier dll).

Kenapa harus ada naskah? Yups memang dalam membuat video pembelajaran harus ada perencanaan yang matang sperti layaknya administrasi pendidik yaitu RPP, tujuan utama membuat naskah sebelum melakukan take video adalah agar apasaja yang disampaikan menjadi lebih tertata. Lalu greenscreen? Haruskah menggunakan greenscreen seperti yang sedang marak digunakan halayak, sebenarnya jika belum mempunyai greenscreen kita dapat menggunakan tembok yang rata warna catnya, artinya satu warna agar nantinya dalam proses editing memudahkan untuk menyisipkan gambar yang diperlukan. Kemudian bagaimana dengan aplikasi yang digunakan? Untuk tulisan kali ini penulis akan menjelaskan salah satu aplikasi yaitu aplikasi kinemaster yang cukup mudah dan simpel dalam penggunaannya.

Apa yang harus anda siapkan?

  1. Aplikasi kinemaster dapat anda download di playstore atau ditautan berikut

2. Aplikasi Open camera dapat anda download di playstore

3. Untuk menghasilkan audio yang maksimal anda dapat menggunakan mic clip on dan spliter

4. Greenscreen untuk memaksimalkan editing video, jika belum dapat memiliki, anda bisa menggunakan tembok dengan warna yang jernih, missal putih, biru, hijau.

Minimal 4 langkah di atas yang harus dipersiapkan untuk membuat media pembelajaran, selanjutnya kita siapkan terlebih dahulu gambar atau power point yang akan ditampilkan didalam video.

Baiklah ini untuk part I persiapan pembuatan media pembelajaran. Penulis akan memberikan tutorial selanjutnya di part II. Bersambung……

Related posts