Tokoh Sakti: Kisah Sosok Mbah Asma atau Mbok Rondo

Pengantar

Pada kesempatan waktu yang sudah berikan ini, saya akan menjelaskan tentang siapa itu Mbok Rondo atau Mbah Asma itu sendiri. Mbok Rondo merupakan salah satu tokoh atau penduduk – sesepuh yang ada di Desa Semampir Indah, Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Adapun berbagai pertanyaan yang muncul di benak setiap warga yang menempati daerah ataupun Desa Semampir tersebut, siapakah Mbok Rondo atau Mbah Asma’ tersebut?

Jangan penduduk sekitar, saya sebagai warga di desa tersebut aja selalu bertanya-tanya perihal Mbok Rondo. Karena, tidak ada penjelasan yang mendetail tentang Riwayat atau catatan kaki dalam sejarah yang ada di Indonesia.

 

Pembahasan

 Biografi Mbok Rondo

Mbok Rondo atau Mbah Asma ini bukan sembarangan orang. Menurut penduduk asli Desa Semampir, beliau merupakan salah satu tokoh sakti yang ada di daerah tersebut. Kisahnya – sebelum adanya Desa Semampir, dan masih berupa alas atau hutan, dan Mbah Asma melempar pusakanya untuk memulai buka lahan, ada sebuah pohon asem yang tidak bisa ditebang. Dan setelah melemparkan pusakanya tersebut, akhirnya pohon itu bisa ditebang dan bisa membuat lahan untuk bersinggah maupun yang lainnya.

Tidak ada kelanjutan dari kisahnya Mbok Rondo atau Mbah Asma. Akan tetapi, menurut dari kisah mulut ke mulut, terutama ayah saya sendiri mengatakan bahwasanya Mbok Rondo ini sudah ada semenjak Penjajahan Belanda di Bumi Nusantara atau Indonesia. Beliau Bersama suaminya berjuang untuk mengusir para penjajah yang ingin menjajah wilayah tersebut – Desa Semampir. Setelah masa Penjajahan Belanda, Mbok Rondo ini berpisah dari suaminya, dan konon katanya, beliau berpisah tidak jauh dari kawasannya Mbok Rondo yaitu suami beliau. Entah alasannya mengapa bisa terpisah ataupun berpisah dari suaminya beliau.

Kematian beliau juga tidak diketahui oleh berbagai orang terutama penduduk Desa Semampir itu sendiri. Karena, kebanyakan penduduk di Desa Semampir ini kebanyakannya adalah penduduk pendatang dari berbagai daerah maupun wilayah selain di Jaw Timur. Dan penduduk asli desa tersebut itu rata-ratanya sudah meninggal dunia.

Setelah membahas tentang beliau, adapun tambahan dari penulis ini, yaitu si Mbok Rondo sekarang entah itu benar atau salah, bisa menjelma menjadi harimau – atau Mbok Rondo nya sendiri memiliki aura-aura mistis di sekitar makam beliau. Ada yang mengatakan bahwasanya makam beliau itu dijaga oleh salah satu sosok astral berupa sosok macan yang berukuran raksasa dan sosok Genderuwo yang bersemayam di makam tersebut.

 

Kesimpulan

Sekian dari saya atas penjelasan tentang Tokoh Sakti yang ada di daerah saya. Dan mohon maaf bila sumber dari kisah tersebut terbilang minim, karena kisah beliau tidak dituliskan dalam naskah-naskah seperti halnya kisah-kisah tokoh dalam sejarah yang ada di Indonesia.

 

Sumber Rujukan

Gelora Jatim: Pemerintah Desa Semampir Pugar Makam Leluhur, Bentuk Penghormatan Atas Jasanya:

(https://gelorajatim.com/pemerintah-desa-semampir-pugar-makam-leluhur-bentuk-penghormatan-atas-jasanya/)

Related posts