Untuk Apa Berlarut-larut Insecure?

Untuk Apa Berlarut-larut Akan insecure?

 Allah Swt telah berfirman: Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”. (Q.S At-Thin 95:4)

Pada zaman ini, banyak yang merasa kurang percaya diri atau yang biasa disebut insecure, entah fisik, pakaian, gaya dan lain-lain. Telah Allah SWT jelaskan dalam al-Qur’an bahwasannya manusia itulah sebaik-baiknya ciptaan. Untuk apa membeda-bedakan dan membanding-bandingkan diri kita sendiri dengan orang lain.

Dalam keseharian banyak yang merasa insecure. Salah satunya yaitu perihal fisik yang kurang bersyukur akannya. Di saat melihat sesuatu yang lebih cantik atau lebih indah dia merasa “kok aku beda ya sama dia?”. Ada pula yang membandingkan “bajunya bagusan dipakai sama dia!”.

Bila terlalu mendengar omongan orang untuk menantang diri kita menjadi sempurna, itu tidak akan mungkin pernah bisa. Sebab kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT dan kita yang sudah diciptakan oleh-Nya sudah menjadi sebaik-baiknya ciptaan.

Janganlah terpaku akan omongan orang! Hal yang harus kita perhatikan sekarang ini adalah fokus pada kelebihan apa yang kita miliki, bukan kekurangannya.

Makhluk yang Sempurna

Insecure itu ada ketika kita merasa tidak percaya diri. Biasanya disebabkan ketika kita melihat penampilan orang lain. Dari rasa insecure itu juga bisa menimbulkan rasa iri hati.

Manusia disebut makhluk yang paling sempurna karena manusia memiliki akal, wujud dan hawa nafsu. Sedangkan malaikat dan jin tidak memiliki wujud, hawa nafsu dan tidak memiliki akal. Sudah jelas pula manusia itu ciptaan terlengkap yang telah diciptakan oleh Allah SWT. Masih kurang apalagi Allah SWT menciptakan manusia?!.

 “Padahal sesungguhnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak pernah lepas dari yang namanya bersosialisasi, karena interaksi dengan manusia lain itu penting dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya merasa tidak aman atau insecure dalam diri itu sangatlah wajar tetapi ketika perasaan tersebut menjadi berlarut-larut maka hal ini akan menjadi masalah yang besar dalam kehidupanmu.” Ujar Ade Chandra Gita Kusuma.

Kita sebagai makhluk social harus saling menghormati akan kekurangan dan kelebihan setiap ciptaan Allah SWT. Tidak hanya itu, kita juga harus saling menjaga perasaan satu sama lain. Oleh karena itu untuk apa kita berlarut-larut dalam insecure?.

Kalau sampai berkepanjangan dan tidak bisa berdamai dengan diri sendiri, justru akan menjadi masalah yang berat dalam kehidupan. Kalau masih insecure masalah fisik toh, sudah jelas bahwasanya Allah SWT menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya ciptaan.

Oleh karena itu kita harus tetap bersyukur karena apa yang telah diciptakan itulah yang terbaik dari Allah SWT.

Related posts